Sabtu, September 18, 2021
Beranda Telco Telkom Digitalisasi PDAM Seluruh Indonesia

Telkom Digitalisasi PDAM Seluruh Indonesia

Must Read

6 Ancaman Keamanan Siber Baru yang Muncul di 2021

Techbiz.id - Di tahun 2021, serangan siber diprediksi akan tetap merajalela, namun ada berbagai jenis ancaman keamanan baru yang...

Rangkaian Produk Xiaomi ini Bisa Dijadikan Kado Akhir Tahun

Techbiz.id - Merayakan pergantian tahun dan menyambut 2021, Xiaomi merekomendasikan sejumlah produk smartphone dan AIoT untuk dijadikan sebagai kado akhir tahun Merayakan...

Indosat Hadirkan Solusi Keyboard Android Unik untuk Pasar Indonesia

Techbiz.id - Indosat Ooredoo menawarkan solusi keyboard smartphone android yang sangat menarik kepada lebih dari 50 juta pengguna di...

Smartfren Bangun Desa Pintar di Kulon Progo

Techbiz.id - Smartfren Business berhasil mewujudkan pengembangan konsep Smart Village (desa pintar) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta....

Oppo dan Xiaomi Kompak Sambut 5G di Indonesia

Techbiz.id - Teknologi 5G saat ini masih dalam tahap uji layak operasi (ULO) layanan 5G oleh sejumlah operator di...

Advan Kenalkan Smartwatch Murah Mirip Fitbit

Techbiz.id - Advan menawarkan smartwatch murah yang diberi label StartGo S1 untuk membantu aktivitas sehari-hari penggunanya. StartGo S1 adalah smartwatch teranyar dari Advan...

Techbiz.id – Telkom bekerjasama dengan PDAM Kabupaten Bandung mengimplementasikan digitalisasi melalui sistem billing terintegrasi, basis data yang terpusat, dan dashboard pengelolaan air.

Uji coba implementasi solusi Smart Metering dari Telkom dalam upaya digitalisasi PDAM ini sudah dilakukan di Pusat Pengolahan Air Minum Tirta Raharja, Cipageran, Cimahi, Jawa Barat.

“Perumda Tirta Raharja tengah menguji-coba sebuah teknologi Smart Metering berbasis IoT dari Telkom dan hasilnya sangat memuaskan,” ungkap Dirut Perumda Tirta Raharja sekaligus sebagai Ketua Umum Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) , sambil menunjuk screen dashboard yang menampilkan berbagai data terkait pengolahan air secara terintegrasi.

Baca juga: Telkom Digitalisasi UKM Hingga Pelosok

Implementasi smart metering ini diharapkan dapat segera dilakukan bukan hanya di Tirta Raharja tetapi di seluruh PDAM anggota PERPAMSI seluruh Indonesia.

telkom digitalisasi pdam

Menurut Direktur Enterprise & Business Service Telkom,  Edi Witjara, Telkom telah menyiapkan berbagai solusi Smart Metering yang menggunakan network LoRaWan dan platform Antares, untuk menjamin keandalan solusi tersebut.

“Telkom saat ini juga telah berhasil uji coba implementasi penuh (proof of concept) di PDAM Tirta Benteng Tangerang,” imbuh Edi.

Lebih lanjut disampaikan Edi, solusi smart metering ini bahkan juga bisa digunakan untuk layanan utilitas lainnya, seperti gas dan listrik.

PERPAMSI merupakan organisasi bagi perusahaan air minum (PDAM) di seluruh Indonesia yang juga menghimpun badan/lembaga  yang berhubungan erat dengan bidang air minum, seperti Kementerian PUPR, Bappenas, dan lembaga donor untuk PDAM.

Jumlah PDAM yang tergabung di PERPAMSI saat ini sebanyak 427 PDAM yang tersebar di hampir tiap kota/kabupaten di Indonesia. Sesuai misinya, PERPAMSI mempunyai fungsi strategis dalam mendorong PDAM untuk mewujudkan kinerja yang unggul.

Diharapkan melalui kerjasama Telkom dengan PERPAMSI yang meliputi layanan berbasis connectivity, managed solution seperti smart meter, leak detector system, pencegahan fraud, monitoring kualitas air maupun command center mampu mendorong PDAM menjadi lebih efisien, maju, dan modern.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

OPPO dan Tim Renang Indonesia Kampanyekan Hidup Sehat

Techbiz.id - Menggandeng tim renang Indonesia, OPPO Find X3 Pro 5G kembali menggelar kampanye OPPO Find Health untuk mendorong...