Monday, May 17, 2021
Home Fintech Dana Terapkan ISO 27001 untuk Keamanan Aplikasinya

Dana Terapkan ISO 27001 untuk Keamanan Aplikasinya

Must Read

Terkuak, Ini Bocoran Fitur yang Akan Hadir di Vivo V21 5G

Techbiz.id - Vivo secara resmi mengonfirmasi kehadiran seri terbaru dari varian V-Series, yaitu V21 5G. Jelang peluncuran resminya pada...

Spotify Hadirkan Cara Baru untuk Berbagi Musik dan Podcast

Techbiz.id - Spotify menghadirkan 3 cara baru bagi pengguna untuk saling berbagi musik dan podcast favorit mereka. Ketiga fitur...

Cara Bikin Podcast Keren Pakai Smartphone

Techbiz.id - Saat ini, konten podcast semakin banyak diminati oleh masyarakat. Kategori konten dan creator-nya pun semakin beragam. Menurut riset Edison Research...

Mengisi Libur Lebaran dengan Menonton Film Maraton

Techbiz.id - Ketika mudik Lebaran 2021 dilarang oleh pemerintah akibat masih tingginya penularan Covid-19, maka membuat aktivitas akan lebih...

Spesifikasi ROG Zephyrus S17, Laptop Gaming Premium ASUS

Techbiz.id - ASUS ROG memperkenalkan Zephyrus S17, laptop premium yang memiliki spesifikasi mekanisme keyboard khusus dan ditenagai oleh prosesor...

Techbiz.id – Dompet digital DANA terus berupaya meningkatkan sistem keamanannya, baik dengan pengembangan yang menghadirkan fitur-fitur proteksi maupun penerapan sistem keamanan berstandar internasional. 

Penerapan sistem keamanan yang baru ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mitra terhadap layanan DANA.   

- Advertisement -

Pada bulan Desember 2020 yang lalu, DANA telah berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 27001:2013, sebuah standar internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi (Information Security Management Systems/ISMS).

ISO 27001:2013 ini diterbitkan oleh International Organization for Standardization (ISO) bekerja sama dengan International Electrotechnical Commission (IEC) yang kemudian menjadi Standar Nasional Indonesia (SNI) yang salah satu tujuannya  adalah untuk meningkatkan keamanan informasi pelanggan.

Baca juga: Mudahkan Penggunanya, Fitur Dana Bisnis Diperbarui

Dengan diperolehnya sertifikasi ISO 27001:2013 ini menandakan bahwa DANA telah menerapkan metode yang komprehensif dan pemenuhan terhadap persyaratan keamanan yang ketat dalam mengelola risiko keamanan dari proses bisnis yang berhubungan dengan perlindungan data pelanggan. Dengan demikian diharapakan dapat memberikan keyakinan yang lebih baik bagi seluruh pelanggan dan partner yang berhubungan dengan bisnis DANA. 

“ISO 27001:2013 merupakan salah satu standar yang menjadi best practice dalam hal pengelolaan keamanan informasi oleh organisasi-organisasi besar di dunia. Untuk mendapatkan sertifikasi ini tidak mudah karena harus melalui proses audit yang ketat oleh auditor yang tersertifikasi,”kata Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA.

Lebih lanjut disampaikan Vince, sertifikasi ini menjadi bukti komitmen DANA untuk menjamin keamanan data informasi pelanggan termasuk mitra DANA Bisnis yang sebagian besar adalah UMKM.

Penerapan ISO 27001:2013 juga merupakan bentuk kepatuhan DANA terhadap regulasi pemerintah, yaitu Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi serta Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara Nomor 8 Tahun 2020 tentang Sistem Pengamanan dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik.

Diperolehnya sertifikasi ISO 27001:2013 melengkapi sistem keamanan DANA yang pada Oktober tahun lalu juga mendapatkan sertifikasi PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard).  PCI-DSS adalah standar keamanan informasi untuk organisasi yang menangani bank penerbit kartu dan jaringan kartu bermerek (VISA, MasterCard, Discover, American Express, JCB).

Selain ISO 27001, DANA juga terus mengembangkan teknologi dan inovasi untuk meningkatkan keamanan sekaligus memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna.

Salah satunya adalah proses penarikan uang (cash out) lewat pemindaian wajah atau Face Verification bagi para pelaku usaha yang memanfaatkan DANA Bisnis untuk menunjang kegiatan usahanya. Pemindaian wajah ini juga merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya jual beli akun antar pengguna. 

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Menebak Harga Redmi Note 10S yang Rilis Besok

Techbiz.id - Hanya kurang dari 24 jam Redmi Note 10S bakal menyambangi Indonesia. Bukan untuk pertama kalinya, ponsel pintar...

Artikel Terkait