Senin, Oktober 18, 2021
Beranda E-Commerce Penjual dan Pembeli di Tokopedia Melonjak Selama 2020

Penjual dan Pembeli di Tokopedia Melonjak Selama 2020

Must Read

Hasilkan Audio yang Jernih, Ini 5 Rekomendasi TWS Terbaik Oppo

Techbiz.id - Menghadirkan True Wireless Stereo (TWS) terbaik dengan audio yang jernih bukanlah hal yang sulit bagi brand seperti...

WOM Finance Implementasikan Layanan Digital untuk Efisiensi

Techbiz.id - Untuk mendukung efektivitas dan efisiensi operasional perusashaan, PT Wahana Ottomitra Multiartha (WOM) Finance telah mengimplementasikanpembaharuan teknologi informasi...

Telkomsel dan SGM Berikan Beasiswa Pendidikan Online

Techbiz.id - Telkomsel bersama SGM Eksplor dan Cakap memberikan akses Beasiswa Pendidikan Online bagi siswa-siswi yang terdampak pandemi sebagai...

Buka Rekening Permata moxaKU Bisa di Aplikasi Moxa

Techbiz.id - Astra Financial bersama PermataBank meluncurkan inovasi layanan terbaru "Tabungan Permata moxaKu. Dengan fitur baru ini, pengguna dapat...

Daftar Smartphone Terbaik di Berbagai Rentang Harga

Techbiz.id - Meski mengalami pandemi, pasar smartphone Indonesia tidak sepi dari kehadiran berbagai perangkat baru yang ditawarkan bagi pengguna...

Ngeri! 8,4 Miliar Password Bocor di Forum Hacker

Techbiz.id - Kebocoran data menjadi masalah yang sangat krusial di era digital. Kini, laporan terbaru bahkan menemukan sebanyak 8,4...

Techbiz.id – Pandemi membuat aktivitas belanja online semakin menjadi andalan masyarakat. Terbukti dari jumlah penjual dan pembeli di Tokopedia selama tahun 2020 yang memperlihatkan lonjakan yang signifikan.

“Per Desember 2020, 9,9 juta penjual yang hampir seluruhnya UMKM telah terdaftar di Tokopedia. Ada kenaikan sebesar lebih dari 2,5 juta dari 7,2 juta penjual sejak Januari 2020,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Jumlah pembeli juga disampaikan Ekhel dalam keterangan resminya mencatat kenaikan sebesar lebih dari 10 juta – dari 90 juta pada Januari 2020 – menjadi lebih dari 100 juta saat ini.

Baca juga: Tokocabang Bantu Tokopedia Hadapi Lonjakan Transaksi

Sepanjang tahun 2020, Tokopedia turut mendorong belanja masyarakat akan produk UMKM Indonesia melalui berbagai inisiatif.

Selamatkan Industri Kopi Lewat #SatuDalamKopi

Lewat kampanye ini Tokopedia menggandeng lebih dari 1.000 pengusaha kopi di seluruh Indonesia dan mampu meningkatkan transaksi produk kopi menjadi lebih dari 2,5x lipat.

Tokopedia Nyam Dorong Penjual F&B Go Digital

Kampanye ini membuat jumlah penjual makanan siap masak di Tokopedia meningkat hampir 3x lipat selama pandemi. Transaksi makanan siap masak juga tumbuh signifikan menjadi lebih dari 3x lipat jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi.

Dukung Industri Fesyen Lokal dengan Tokopedia Fashion Week (TFW)

TFW yang diadakan virtual Desember 2020 lalu berhasil mengalami peningkatan penjualan lebih dari 5x lipat dibandingkan TFW tahun sebelumnya. Ternyata, jumlah transaksi tertinggi selama TFW 2020 dipegang oleh merek-merek lokal, yaitu Batik Kultur, Zaskia Mecca, Torch, Smith Berlin dan UBS Lifestyle.

lonjakan tokopedia

Majukan UMKM dengan Bangga Buatan Indonesia (BBI)

Gerakan nasional BBI telah membawa dampak positif bagi banyak UMKM lokal di Tokopedia. Contohnya, Wateru dan Whitelab, dari kategori Kesehatan dan Kecantikan, yang mencatat kenaikan rata-rata transaksi bulanan lebih dari 4x lipat.

Don Bakeshop, dari kategori Makanan dan Minuman, di sisi lain mengalami peningkatan hingga lebih dari 9x lipat. Bahkan Stayhoops dari kategori Fashion berhasil mencatat kenaikan rata-rata transaksi bulanan menjadi 38x lipat dibandingkan sebelum bergabung dengan BBI.

Kerja Sama dengan Pemerintah Daerah Dukung UMKM Lokal

Melalui kolaborasi bersama pemerintah daerah sepanjang Q4 2020, Tokopedia telah mengakuisisi lebih dari 2.000 penjual baru, baik individu maupun pasar tradisional di berbagai kota, seperti Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang dan Makassar.

Kedepannya, sejalan dengan inisiatif #SelaluAdaSelaluBisa, Tokopedia akan terus berkomitmen mendorong belanja masyarakat akan produk dalam negeri sekaligus memberikan dukungan kepada pegiat UMKM Indonesia, melalui sederet inisiatif dan inovasi digital, agar dapat bersama-sama memulihkan perekonomian nasional.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

Microsoft Tutup Layanan LinkedIn di China, Ini Sebabnya

Techbiz.id - Microsoft mengumumkan akan menutup layanan LinkedIn di China. Hal ini dikarenakan pemerintah China terus memperketat regulasi internet. Keputusan...