Thursday, March 4, 2021
Home Telco Open RAN Mampu Pangkas Capex Secara Signifikan

Open RAN Mampu Pangkas Capex Secara Signifikan

Must Read

Oppo Find X3 Pro Jadi Smartphone dengan Satu Miliar Warna

Techbiz.id - Oppo Find X3 Pro yang akan diluncurkan pada Kamis 11 Maret 2021 mendatang diyakini akan menjadi smartphone...

Penggunaan Social Commerce Naik 3 Kali Lipat Selama 2020

Techbiz.id - Qiscus mengungkapkan adanya peningkatan yang signifikan, hingga tiga kali lipat, pada social commerce sepanjang tahun 2020. Lonjakan...

Harga Sejutaan, Realme Narzo 30A Usung Baterai 6000mAh

Techbiz.id - Realme baru saja menghadirkan Narzo 30A secara daring di Indonesia, Rabu (3/3). Ponsel gaming entry-level itu menjadi...

Samsung Pamer Jajaran TV 2021

Techbiz.id - Samsung Electronics memamerkan jajaran produknya di tahun 2021, yaitu lini MICRO LED, Samsung Neo QLED, Lifestyle TV, monitor,...

XL Axiata Tawarkan myPRIO X Unlimited Terbaru

Techbiz.id - XL Axiata meluncurkan penawaran terbaru myPRIO X Unlimited terbaru yang memberikan banyak pilihan dengan harga mulai Rp80.000/bulan. Penawaran terbaru...

Techbiz.id – Dinilai lebih efisien dan memiliki berbagai kelebihan, Operator telekomunikasi tengah giat melakukan uji coba teknologi Open RAN dalam meghadirkan layanannya.

Konsep open interface yang diadops oleh teknologi Open RAN ini menurut Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa membuat operator dapat menggunakan kombinasi perangkat radio, seperti radio unit dan baseband, tanpa terikat pada salah satu merk/brand yang spesifik.

- Advertisement -

Dengan demikian operator bisa melakukan efisiensi pada pengeluaran modal untuk penggelaran jaringannya dengan teknologi Open RAN ini. Jangkauan dan kapasitas bisa diperluas secara efisien.

Baca juga: XL Axiata Uji Coba Open RAN Integrasi ke Jaringan Eksisting

“Berdasarkan best practice dari Rakuten, mereka mampu melakuan penghematan capex hingga 50 persen dengan mengimplementasikan teknologi Open RAN.” ungkap Gede.

Namun demikian dijelaskan Gede efisiensi tersebut dicapai dengan menerapkan teknologi Open RAN tersebut secara end to end.

Lebh lanjut, dengan konsep Open RAN ini, diharapkan dapat mendorong tumbuhnya pemain baru pada perangkat radio akses yang saat ini hanya didominasi oleh beberapa partner penyedia teknologi saja.

Tumbuhnya para pemain pemain baru ini diharapkan inovasi dapat berkembang lebih cepat dan membantu menurunkan beban perangkat dan operasional yang ditanggung oleh operator.

Teknologi Open RAN menawarkan potensi inovasi dan struktur harga yang lebih bersaing. XL Axiata berharap dapat memperluas jaringan dan layanan dengan biaya yang lebih sehat dan di saat yang sama tetap bisa memberikan kualitas layanan yang bagus bagi pelanggan.

Dengan efisiensi beban biaya, operator akan bisa secara terus memperluas jaringan untuk bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas, bahkan untuk area area di pelosok.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Kominfo dapat Perintahkan Operator Kelola Trafik OTT

Techbiz.id - Dalam membuat aturan teknis PP Postelsiar, Kementerian Kominfo dapat mengatur mekanisme kerja sama antara penyelenggara layanan over...

Artikel Terkait