Jumat, Mei 20, 2022
BerandaNewsHuawei dan Telkomsel Teken MoU Pengembangan SDM

Huawei dan Telkomsel Teken MoU Pengembangan SDM

Must Read

Techbiz.id – Dalam pertemuan tingkat tinggi yang dilakukan oleh Huawei dan Telkomsel, kedua perusahaan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang pengembangan SDM.

MoU tersebut selaras dengan komitmen Huawei untuk mewujudkan keberhasilan transformasi digital di Indonesia, salah satunya adalah melalui pengembangan SDM digital.

Huawei Indonesia sendiri telah menargetkan dalam 5 tahun berhasil mengembangkan kapasitas 100 ribu SDM di bidang teknologi digital, seperti cloud, kecerdasan buatan, big data analytics, keamanan siber, dan konektivitas generasi berikutnya.

Tujuannya adalah untuk mendukung terwujudnya visi Indonesia 4.0 yaitu menjadikan Indonesia sebagai 10 besar kekuatan ekonomi dunia pada 2030 dan 5 besar kekuatan ekonomi dunia pada 2045.

Baca juga: Huawei Perkuat Jaringan Telkomsel di Gedung Tinggi

Selain mendukung program pengembangan SDM, Huawei secara konsisten juga menghadirkan solusi-solusi berkualitas guna mendukung komitmen Telkomsel untuk terus menjadi pemimpin pasar di Indonesia.

Seiring dengan akan segera diimplementasikannya teknologi generasi mendatang, peluang untuk bertukar gagasan dengan operator-operator global dan penyedia solusi TIK terkemuka dunia seperti Huawei, serta pengembangkan SDM yang siap memenuhi tantangan menjadi hal-hal yang penting.

Setelah pertemuan tingkat tinggi, Huawei dan Telkomsel menyelenggarakan Cloud Congress untuk berbagi gagasan dan pengetahuan lebih mendalam tentang teknologi TIK terbaru beserta penerapannya. Sebanyak 200 partisipan menghadiri kongres ini.

Pengembangan SDM Huawei Telkomsel

Perkuat Komitmen

Pertemuan tingkat tinggi tersebut juga mengupas beberapa inisiatif untuk memperdalam kerja sama serta memperkuat komitmen bersama guna meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia.

Tujuan lainnya adalah untuk memperkuat posisi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, serta mendukung visi Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital terkemuka di dunia.

Pertemuan tingkat tinggi ini mengusung tema ‘Win Together in New Normal Era’ dan dipimpin oleh Setyanto Hantoro, Presiden Direktur Telkomsel, Guo Ping, Rotating Chairman Huawei Technologies, dan Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia. Gelaran ini juga dihadiri secara offline maupun virtual oleh sejumlah petinggi senior baik dari Telkomsel dan Huawei.

Pertemuan tingkat tinggi ini menghasilkan beberapa kesepakatan penting antara lain adalah kesepakatan Telkomsel dan Huawei untuk berkolaborasi dalam sejumlah inisiatif. Hal ini termasuk bersama-sama membangun bisnis dan pengembangan jaringan untuk mendorong tingkat penerimaan terhadap Orbit, mengeksplorasi peluang monetisasi dan use cases, dan saran-saran untuk mendukung kepemimpinan dalam teknologi.

“Pertemuan ini memberikan kesempatan bagi kami untuk berdiskusi lebih dalam guna menemukan cara terdepan untuk memperkuat transformasi digital baik di internal Telkomsel maupun di Indonesia secara menyeluruh melalui upaya-upaya kolaboratif perusahaan,” ujar Setyanto Hantoro, President Director Telkomsel.

Telkomsel pun disampaikan Setyanto berharap dapat terus menjalin kemitraan strategis bersama Huawei dalam mendorong percepatan digitalisasi bangsa dan negara, sehingga visi Telkomsel dan Indonesia dapat terwujud,.

Chief of Planning and Transformation Officer of Telkomsel, Wong Soon Nam mengatakan, terdapat beberapa area strategis di mana Telkomsel dapat berkolaborasi secara lebih mendalam dengan Huawei, seperti eksplorasi solusi dalam memaksimalkan laba atas investasi untuk teknologi LTE dan 5G, kolaborasi bersama untuk mengembangkan layanan FWA di Indonesia, serta kerja sama dalam pengembangan teknologi 5G dan solusinya bagi enterprise.

Sementara itu menurut Director of Network Telkomsel, Nugroho, Telkomsel telah menjalankan berbagai strategi yang dapat membuka performa perusahaan lebih luas di 2021, salah satunya menerapkan mindset mindset ‘cut the fat & build the muscle’ yang berfokus pada upaya untuk meningkatkan customer experience, mempertahankan kepemimpinan teknologi, dan meningkatkan efisiensi.

Operasi bisnis strategis cut the fat ini menurutnya dilakukan dengan menjalankan 3G Sunsetting, memanfaatkan cloud sebagai fondasi jaringan (virtualisasi), sekaligus memastikan penyederhanaan dan otomatisasi jaringan.

Sedangkan strategi build the muscle dilakukan dengan menghadirkan solusi 5G bagi pelanggan dan mitra perusahaan, menawarkan pengalaman beragam untuk berbagai kebutuhan pelanggan, aktif membangun dan memberdayakan ekosistem digital, serta memperkuat pengalaman layanan game dan video. Secara menyeluruh, Telkomsel memberikan produk dan layanan terbaik untuk pengguna dan value proposition yang unik di tengah pasar.

Terkait

Artikel Terkait

Data Ungkap Netflix Kehilangan Lebih Banyak Pelanggan Setianya

Techbiz.id - Sebuah data mengungkap banyak pelanggan setia Netflix yang telah berlangganan cukup lama justru menghentikan akun langganannya. Melansir dari...