Minggu, Juli 21, 2024

DANA Catat Pertumbuhan Positif di Semester Pertama 2021

Techbiz.id – DANA mencatat beragam pertumbuhan positif pada semester pertama 2021. Pengguna dompet digital DANA dilaporkan mengalami lonjakan dari 50 juta pada Desember 2020 menjadi 70 juta pada semester pertama 2021. Lonjakan tersebut menempatkan DANA sebagai perusahaan teknologi finansial dengan pertumbuhan tercepat pada semester ini.

Selain jumlah pengguna DANAjuga mencatat pertumbuhan positif lainnya dimana pertumbuhan rata-rata jumlah transaksi per hari yang pada semester ini meningkat menjadi 5 juta transaksi per hari dari sebelumnya 3 juta transaksi per hari.

DANA mencatat, rata-rata transaksi per hari tertinggi terjadi pada bulan Mei 2021. Dibandingkan dengan tahun lalu (Mei 2020), pertumbuhan rata-rata transaksi per hari yang dibukukan pada Mei 2021 tercatat meningkat sebesar 164 persen. Pertumbuhan rata-rata transaksi per hari dengan menggunakan dompet digital DANA didorong oleh meningkatnya berbagai aktivitas transaksi nontunai digital.

Baca juga: DANA Ungkap Karakteristik Penggunanya Selama Pandemi

“Teknologi finansial yang kami kembangkan makin inklusif dan menghadirkan manfaat yang kian luas. Tak sekadar hanya untuk melakukan pembayaran, namun melakukan berbagai transaksi dari perniagaan, interaksi sosial, hingga menabung ataupun berinvestasi,” ujar Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA.

Dalam laporannya, DANAmenyebutkan ada lima fitur yang paling sering digunakan oleh para pengguna pada semester pertama 2021. Fitur-fitur tersebut adalah QRIS PAYMENT, SEND MONEY atau KIRIM UANG, pembelian pulsa prabayar untuk telepon seluler, pembayaran Online Commerce dan fitur BILLER untuk pembayaran tagihan-tagihan.

Pada semester ini, kelima fitur tersebut juga mencatat peningkatan signifikan baik dari jumlah transaksi maupun pengguna aktif bulanannya atau Monthly Active User (MAU). Transaksi dengan menggunakan QRIS Payment meningkat sebesar 131 persen dan MAU meningkat 309 persen. Pada fitur SEND MONEY transaksi meningkat 99 persen dan MAU meningkat 91 persen.

Sementara itu transaksi pembelian pulsa selular prabayar meningkat 174 persen dan MAU meningkat 200 persen. Adapun fitur pembayaran Online mengalami kenaikan transaksi sebesar 91 persen dan MAU sebesar 73 persen, sedangkan fitur pembayaran tagihan transaksinya naik sebesar 93 persen dengan jumlah MAU meningkat sebesar 103 persen.

“Kelima fitur-fitur di atas menjadi kontributor utama terhadap pertumbuhan DANA pada semester pertama 2021 ini. Selain dari lima fitur di atas, kontribusi pertumbuhan DANA juga didorong oleh salah satu fitur terbarunya, yaitu konversi poin dari TikTok, Snack Video, dan Helo ke Saldo DANA,” ungkapnya.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...