Kamis, Januari 20, 2022
BerandaNewsDTP Resmikan Pembangunan Stasiun Bumi Satelit OneWeb

DTP Resmikan Pembangunan Stasiun Bumi Satelit OneWeb

Must Read

Techbiz.id – Perusahaan telekomunikasi Dwi Tunggal Putra (DTP) memulai pembangunan portal jaringan satelit OneWeb (stasiun bumi) yang akan menghubungkan konstelasi satelit Low Earth Orbit (LEO) global OneWeb ke jaringan serat optik terestrial.

Stasiun bumi yang dibangun di Serang, Banten ini akan menjadi yang pertama dari tiga portal jaringan satelit yang mencakup wilayah Asia Tenggara dengan lebih banyak lokasi yang akan dibangun di wilayah Asia pasifik.

Menurut Michael Alifen, CEO DTP, fasilitas stasiun bumi ini terdiri dari 18 antena yang dikendalikan secara otomatis untuk mengontrol satelit yang beredar di wilayah Indonesia.

“Pembangunan portal jaringan satelit LEO akan memakan waktu sekitar 6 bulan. Ditargetkan pada Juli 2022 fasilitas portal jaringan satelit telah siap beroperasi,” jelas Michael.

Fasilitas ini juga akan dilengkapi dengan kantor dan pusat data seluas 500 m2 dan dibangun di atas lahan seluas sepuluh (10) hektar. Portal ini akan menyediakan area jangkauan mulai dari Thailand di utara, Indonesia dari timur ke barat dan Australia bagian utara di arah Selatan.

Baca juga: Kominfo Mulai Bangun Stasiun Bumi Satelit SATRIA

Layanan satelt OneWeb diyakini mengubah cara peruahaan melayani kebutuhan konektivitas pelanggan di Indonesia. Dengan kerjasama ini DTP dapat memberikan layanan public pemerintah seperti kesehatan dan pendidikan, jangkauan jarak jauh untuk jaringan seluler hingga memeratakan koneksi telekomunikasi untuk bisnis dan komunitas terpencil.

OneWeb adalah perusahaan jaringan komunikasi global yang didukung oleh 648 konstelasi satelit orbit rendah Bumi (LEO). OneWeb menyediakan layanan komunikasi yang terjangkau, cepat, bandwidth tinggi, latensi rendah yang terhubung ke masa depan IoT, dan jalur ke 5G untuk semua orang, di mana saja.

Sementara itu DTP perusahaan telekomunikasi yang berasal dari Surabaya yang berdiri sejak 1974 dan dikenal sebagai Network Access Point (NAP) generasi pertama di Indonesia pada tahun 2001.

Hingga saat ini DTP terus memperluas layanannya dengan menyediakan solusi telekomunikasi terintegrasi yang berfokus pada penyedia layanan Internet, Pusat Data, dan Telekomunikasi Satellite dengan wilayah jangkauan di seluruh Indonesia.

Terkait

Artikel Terkait

Mediatek Pamerkan Kemampuan Koneksi Wi-Fi 7 Filogic

Techbiz.id - Demo langsung pertama teknologi Wi-Fi 7 di dunia berhasil dilakukan Mediatek. Demo ini menyoroti kemampuan portofolio konektivitas...