Selasa, Mei 21, 2024

Beroperasi Penuh, AREA31 Siap Layani Kebutuhan Data Center

Techbiz.id – AREA31 mengumumkan bahwa fasilitas Hyperscale Data Center miliknya telah beroperasi secara penuh dan siap menerima pelanggan baru.

Sebagai informasi pada akhir Agustus 2022, AREA31 telah melakukan Integration System Test (IST), yakni kegiatan pengetesan sistem mekanikal dan elektrikal untuk memastikan bahwa seluruh komponen utama dan cadangannya dapat berjalan dengan baik sehingga keandalan layanan dapat terjaga.

Berlokasi strategis di Cimanggis, Jawa Barat, Indonesia, AREA31 dapat ditempuh dengan waktu hanya 30-40 menit dari Jakarta Central Business District (CBD), sehingga sangat cocok dijadikan sebagai Data Center Facility utama maupun Disaster Recovery Center (DRC).

Menurut Michael Alifen selaku President Director AREA31, fasilitas data center yang dibangun di atas lahan seluas 20.000 m2 ini mampu mengakomodir hingga 1.200 Rack. AREA31 membagi pengembangan datacenter-nya menjadi 2 (dua) fase, dimana pada fase pertamanya, AREA31 menyediakan 4 (empat) Data Hall dengan total kapasitas 600 Rack.

Dengan jumlah tersebut, AREA31 mampu menjadi jawaban atas kesiapan Indonesia menghadapi lonjakan pertumbuhan volume data dan memenuhi ekspektasi pasar data center.

Mengusung konsep yang berbeda dengan Datacenter lainnya, AREA31 juga menawarkan solusi Teleport Facility, yakni alokasi lahan di area Rooftop gedung sebagai tempat Colocation Stasiun Bumi penyedia layanan VSAT.

Keandalan layanan AREA31 tidak perlu diragukan lagi, karena dioprasikan oleh perusahaan penyedia data center berpengalaman sejak tahun 2002. Selain itu, AREA31 juga sudah bersertifikasi Rated 3 Design oleh ANSI TIA 942, dimana rencana peningkatan sertifikasi menjadi Rated 3 Facility dijadwalkan pada awal tahun depan tidak hanya itu, AREA31 juga di dukung oleh kapasitas listrik premium sebesar 10 Megawatt untuk jaminan ketersediaan layanan 99,99% bagi pelanggan.

Berbicara terkait dengan layanannya, tidak hanya memasarkan layanan ke pasar retail melalui layanan Colocation 10U, 20U, hingga 45U, AREA31 juga menyediakan solusi Data Hall seluas 425 m2 dengan kapasitas hingga 150 Rack bagi industri
dengan kebutuhan Hyperscale Data Center.

Layanan Data Hall dapat di-custom sesuai dengan kebutuhan pelanggan dengan hak istimewa “Naming Rights”, dimana pelanggan dapat menempatkan nama perusahaan maupun merek dagang di Data Hall-nya.

Semakin banyaknya penyedia data center yang berlomba-lomba membangun dan mengembangkan Datacenter, AREA31 merasa perlu untuk dapat memberikan Value Added Service bagi para calon pelanggannya khususnya sektor Internet
Service Provider (ISP), termasuk salah satunya adalah dapat melakukan interkoneksi dengan Indonesia Internet Exchange (IIX) secara cuma-cuma dengan kapasitas hingga 2X100Gbps. Hal ini akan disampaikan kembali oleh AREA31 pada
acara Grand Launching yang di perkirakan akan diadakan pada awal tahun depan.

“Kami saat ini tengah mempersiapkan kerjasama dengan Indonesia Internet Exchage (IIX) yang mana Signing Ceremony-nya akan dilakukan pada saat Grand Launching digelar,” ujar Michael.

Michael Alifen juga mengatakan bahwa AREA31 sangat terbuka untuk rekan-rekan Telco dan Internet Service Provider (ISP) yang ingin masuk ke AREA31 dikarenakan AREA31 adalah 100% Carrier Neutral Facility sehingga pelanggan atau tenant Datacenter memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk menentukan penyedia layanan jaringan yang akan digunakan yang juga dapat mengembangkan ekosistem digital.

Saat ini di AREA31 telah memiliki 5 (lima) diverse route Fiber Optic menuju IIX yang disediakan oleh beberapa Internet Service Provider (ISP).

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...