Kamis, April 18, 2024

AREA31 Jadi Data Center Bersertifikat ISO/IEC 22237 Pertama di ASEAN

Techbiz.id – PT Dunia Virtual Online (DVO) mengumumkan bahwa data Center miliknya yakni AREA31 berhasil mendapatkan sertifikat ISO/IEC 22237 Availability Class 3 & Protection Class 3 yang menjadikannya sebagai Datacenter pertama di ASEAN yang mendapatkan sertifikasi tersebut.

Dalam waktu yang bersamaan, AREA31 juga berhasil mendapatkan sertifikat Rated 3 Facilities ANSI/TIA-942-B. Kedua sertifikasi tersebut didapatkan AREA31 dari Lembaga Sertifikasi Independen EPI.

Managing Director EPI Indonesia, Moses Huwae menjelaskan bahwa AREA31 telah memenuhi standardisasi dari segi arsitektur bangunan, telekomunikasi, elektrikal dan mekanikal yang mumpuni untuk dapat memperoleh sertifikasi Rated 3 Facilities ANSI/TIA-942-B.

“Merancang, mengoptimalkan, menguji, mengoperasikan, dan memelihara datacenter adalah hal sangat penting dan krusial untuk memastikan bahwa datacenter tersebut dapat memenuhi dan melampaui ekspektasi bisnis,” ungkap Moses.

Lebih lanjut Moses juga menyampaikan pentingnya kesiapan dalam infrastruktur, teknologi dan fasilitas yang handal menjadi tolak ukur dalam memperoleh sertifikasi pada sebuah datacenter.

“Kriteria dan persyaratan yang telah dipenuhi oleh AREA31 dapat memberikan validasi
terhadap publik akan keberhasilannya secara aktual dalam mengimplementasikan
sertifikat RATED 3 dan ISO 22237. Tidak hanya hal tersebut, sistem redundancy
dan keamanan juga menjadi nilai terpenting dalam memenuhi standar EPI untuk
memberikan sertifikasi pada sebuah datacenter,” jelas Moses.

Moses mengklaim bahwa penghargaan yang diberikan EPI guna memberikan edukasi
terhadap target user untuk lebih dapat memahami komponen utama dalam datacenter.

Dalam kesempatan yang sama, President Director PT Dunia Virtual Online (DVO), Michael Alifen mengatakan bahwa, dengan didapatkan dua sertifikasi tersebut membuktikan kalau data center miliknya sangat aman dan AREA31 tidak mau berkompromi dengan down time.

“Dengan sertifikasi ini data center AREA31 menjadi lebih proven dan sertifikat rated 3 facilities ini sangat dibutuhkan oleh industri keuangan. Dengan demikian kami sangat optimis dapat melayani kebutuhan industri tersebut,” ucapnya.

Satu langkah lagi menuju RATED 3 Operational Certification, AREA31 memiliki
tanggung jawab yang signifikan dalam segi operasional agar dapat menjaga
kestabilan infrastruktur, sistem layanan dan menghindari indikasi terjadinya downtime.
Hal ini menjadi tolak ukur dalam menyediakan kualitas layanan yang diberikan.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...