Sabtu, April 20, 2024

Tri Indonesia Modernisasi Data Centernya

Techbiz.id – Tri Indonesia berhasil melakukan modernisasi tiga data center miliknya menjadi semakin pintar, andal, efisien dan berkelanjutan berkat kerjasama dengan Schneider Electric.

Dengan modernisasi ini, data center Tri Indonesia menjadi data center tier 3 dengan standarisasi dan sertifikasi Uptime Institute dan mendukung perusahaan meraih Service Level Agreement (SLA) hingga 99,982% dengan parameter mencakup jaminan atas ketersediaan critical power & cooling selama 24/7.

Menurut Chief Technical Officer Tri Indonesia, Desmond Cheung, modernisasi ketiga data center ini merupakan wujud komitmen dan realisasi perusahaan dalam membangun bisnis yang berkelanjutan, memaksimalkan pelayanan untuk pelanggan, serta mendukung perluasan cakupan pasar termasuk menggarap layanan 5G di Indonesia.

“Kami melakukan berbagai pembaruan solusi dan teknologi digital pada infrastruktur data center yang dapat semakin meningkatkan waktu dan analisa data yang lebih akurat untuk menjaga dan meningkatkan kualitas layanan data kepada seluruh pelanggan kami,” ucapnya.

Lebih lanjut, dalam proses pengembangan 5G dan penggabungan perusahaan, menurut Desmond, layanan Tri akan terus berjalan dan pelanggan tidak akan mengalami hambatan akibat adanya proses upgrading yang dilakukan di operasional perusahaan.

Baca juga: BTS 4G Tri Indonesia Sudah Jangkau 70 Desa Terpencil

“Dengan meningkatkan data center kami menjadi Tier-3, pelanggan akan mendapatkan pengalaman terbaik dalam menjelajahi dunia maya tanpa hambatan,” tambah Desmond.

Business Vice President Secure Power Division Schneider Electric Indonesia & Timor Leste, Yana Achmad Haikal menjelaskan, teknologi digital Schneider dapat meningkatkan kapasitas data center untuk memberikan layanan komunikasi dan data internet yang lebih baik selama 24/7.

“Dengan adanya digitalisasi ini, 3 Indonesia bisa melakukan pemantauan jarak jauh terhadap seluruh aset dan performa data center, yang merupakan hal krusial dalam memberikan visibilitas yang lebih baik dan real-time,” ungkapnya 

Ketiga data center Tri Indonesia menerapkan solusi EcoStruxure™ for Data Centers yang berbasis IoT yang mengintegrasikan manajemen listrik, gedung dan TI sehingga 3 Indonesia dapat memperoleh pemahaman menyeluruh terhadap performa data centernya dan membantu pengambilan keputusan yang tepat berbasis data real-time. 

Teknologi tersebut juga menyediakan analisa prediktif secara real time dalam siklus hidup operasional data center dan pada saat yang sama, memberikan solusi mudah untuk merencanakan kapasitas tambahan dalam desain data center . Tri Indonesia juga menggunakan rangkaian produk circuit breaker dan trafo dari Schneider Electric untuk keamanan sistem listrik.

“Kerjasama dengan Tri Indonesia menambah portofolio kami sebagai mitra transformasi digital bagi sektor telekomunikasi dan data center. Didukung oleh staf dan mitra terbaik, solusi EcoStruxure for Data Center telah banyak membantu transformasi digital di sektor ini dan telah terbukti dapat meningkatkan efisiensi konsumsi energi hingga 38%, efisiensi biaya energi hingga 30%, peningkatan produktivitas hingga 60% dan data center uptime hingga 100%,” tutup Yana.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...