Sabtu, April 27, 2024

Telkomsigma Paparkan Kunci Sukses Bisnis Data Center

Techbiz.id – Eksistensi Telkomsigma sebagai penyedia data center diklaim semakin kuat di Indonesia dengan disandangnya predikat sebagai “The Best in Building and Managing Corporate Image” di tahun 2021 ini.

Prestasi ini disampaikan Direktur Business & Sales Telkomsigma, Tanto Suratno, semakin menegaskan peran serta Telkomsigma sebagai penyedia unggul data center karena telah memenuhi berbagai kriteria penting dari data center selain dari aspek operasionalnya.

Menurut Tanto, dalam memilih data center, penting untuk memastikan track record dari provider dengan melihat aspek expertise dan experience-nya.

“Akan lebih baik jika provider (data center) didukung oleh praktisi ahli bersertifikasi untuk mengoperasikan dan mengelola data center secara best practice dan mengacu pada standar internasional”, ujar Tanto.

Per tahun 2021, Telkomsigma terus menjaga komitmen operasi layanan data center-nya melalui pembaruan sertifikasi data center, yang salah satunya adalah dengan melakukan perpanjangan sertifikat Tier III Operation (TCOS) level Gold dari Uptime Institute hingga 2024.

Baca juga: Telkom Bangun Hyperscale Data Center Tier 4

Adanya sertifikat Tier III Operation menjamin operasi data center yang dikelola secara terstruktur dan telah melalui tahapan assessment serta audit pada aspek operasi, software, infrastruktur, SDM, dan berbagai komponen lainnya sehingga menjamin operasi data center agar terhindar dari potensi terjadinya downtime yang tak terduga.

Dengan begitu, melalui sertifikat Tier III Operation yang hingga kini masih menjadi satu-satunya yang tersedia di Indonesia, data center Telkomsigma mampu melakukan proses production non-stop secara maksimal dengan didukung oleh keberadaan fasilitas disaster recovery yang andal.

Selain itu, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun sebagai pemain data center di Indonesia, Telkomsigma menawarkan kapabilitas layanan data center secara end-to-end mulai dari colocation, cross connect, remote & smart hand, managed operation, hingga tersedianya layanan consulting dan construction yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang ingin membangun data center.

Tekomsigma saat ini tengah memegang tata kelola bagi 18 internet data center TelkomGroup (neuCentriX) dan juga 3 enterprise data center yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Per 2021, lebih dari 300 pelanggan segmen enterprise, pemerintahan, startup, dan termasuk 60% diantaranya sektor perbankan dan finansial berada dalam cakupan operasional data center Telkomsigma. Angka tersebut belum termasuk penambahan berbagai proyek yang sedang berjalan seiring dengan demand pusat data yang terus meningkat.

“Peraihan Corporate Image Award selain menjadi apresiasi, tentu menjadi motivasi bagi Telkomsigma untuk terus berkomitmen dalam menjalankan standar operasi data center secara best practice, serta
terus menguatkan visi kami sebagai mitra transformasi digital pilihan di Indonesia melalui pilar bisnis kami dalam IT Services, Cloud, Data Center, dan Digital Services”, pungkas Tanto.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...