Selasa, Mei 24, 2022
BerandaOtomotifWuling Lakukan Lompatan Inovasi Teknologi di Almaz Series

Wuling Lakukan Lompatan Inovasi Teknologi di Almaz Series

Must Read

Techbiz.id – Wuling Motors Indonesia sukses membuat gebrakan di pasar Indonesia melalui Almaz Series dengan menghadirkan inovasi sebuah fitur yang tak dimiliki mobil lain di kelasnya, yakni Wuling Indonesian Command (WIND)

WIND merupakan sebuah peranti lunak dan keras dalam mobil yang memungkinkan Anda memerintah beberapa fungsi penting di mobil hanya menggunakan suara (voice command) dalam Bahasa Indonesia.

Tren penggunaan sistem pencarian dengan suara memang diprediksi bakal menjadi penting dan itu terbukti. Perintah suara makin akrab digunakan konsumen karena memang sudah demikian mudahnya. Karenanya keputusan Wuling menyajikan fitur WIND pada 2019 lalu sangat tepat.

Menurut Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko, sejatinya, fitur voice command di dunia otomotif bukanlah hal baru dan sudah diaplikasikan sejak beberapa dekade lalu. Sayangnya, fitur tersebut masih sangat terbatas, kontrolnya belum praktis, dan perintahnya harus menggunakan bahasa Inggris. Artinya, pada saat itu fitur ini hanya jadi sekadar gimmick.

“Tidak dengan Wuling. Meski pemain baru di tanah air, nyatanya mereka mampu menyajikan voice command yang sangat baik di Wuling Almaz.
Pertama, aksesnya mudah! cukup mengatakan kata kunci Halo Wuling, maka sistem akan segera menjawab,” ungkapnya.

Baca juga: VW T-Cross Tawarkan Teknologi Infotainment Canggih 

Tak perlu tekan tombol apa pun, Anda sudah bisa memberi perintah pada WIND. Kata kunci ini juga sekaligus jadi fitur pengenal suara untuk membedakan vokal penumpang dengan perintah.

Selanjutnya, pendekatan paling fundamental oleh Wuling ialah pelafalan perintah menggunakan Bahasa Indonesia. Ini jelas lompatan jauh dari Wuling ketimbang yang dilakukan pabrikan otomotif lain ketika memasarkan produknya di tanah air. Dengan algoritmanya yang kompleks, sistem WIND mampu mengenali perintah dalam ragam aksen. Ini jelas sangat memudahkan penggunanya.

inovasi wuling Almaz Series

Sukses dengan WIND, Wuling tak mau berhenti begitu saja. Melalui kehadiran model tertinggi yaitu Wuling Almaz RS, pabrikan Tiongkok ini kembali mengejutkan penggemarnya lewat pengembangan teknologi Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS).
Teknologi anyar itu dikembangkan dan dirancang demi mengurangi beban kerja dari pengemudi di jalan raya.

Teknologi kontrol dan keselamatan aktif tersebut bekerja menggunakan beberapa perangkat canggih, seperti sensor berupa radar dan kamera resolusi tinggi.

“Sistem ini berisi berbagai fitur yang membantu meningkatkan aspek keselamatan sekaligus kenyamanan pengendara. Perangkat canggih yang dipasang mampu membaca kondisi lalu lintas dan situasi lingkungan sekitar agar kendaraan bisa memberi respons yang sesuai,” jelas Danang.

Inovasi itu terus berlanjut, Wuling lantas mengembangkannya lagi menjadi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) di Almaz Series. Sistem ini terintegrasi melalui Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Inovasi IoV memungkinkan pengguna mendapat kendali kendaraannya dalam genggaman berkat adanya koneksi antara smartphone dengan Almaz RS. Misalnya, seperti fitur Vehicle Remote Control, Bluetooth Key, Vehicle Positioning, dan Geo-fencing Security yang dapat dioperasikan melalui smartphone.

Sederhananya, WISE memungkinkan penggunanya untuk mengeksplor lebih mendalam serta melakukan personalisasi terhadap kendaraan kesayangannya.

Terkait

Artikel Terkait

Tablet Oppo Pad Air Meluncur, Pakai Chip Snapdragon dan Layar 2K

Techbiz.id - Makin serius dengan memasuki pasar tablet, Oppo kini meluncurkan OPPO Pad Air. Peluncuran tablet baru andalan perusahaan...