Minggu, Mei 22, 2022
BerandaNewsLink Streaming Pantau Hilal untuk Tetapkan Lebaran 2022

Link Streaming Pantau Hilal untuk Tetapkan Lebaran 2022

Must Read

Techbiz.id – Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi akan menggelar isbat pada tanggal 1 Mei 2022 untuk menentukan hari raya Idul Fitri 1443 H. Nantinya pemantauan hilal 2022 dapat dilakukan melalui link streaming.

Adapun siaran langsung pengumuman hasil sidang isbat akan disampaikan secara live streaming pada pukul 19.15 WIB. Sidang tersebut akan digelar di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama.

Sebelum menyampaikan keputusan lebaran 2022, sidang isbat akan didahului dengan proses pengamatan hilal yang dilakukan di 99 titik lokasi di seluruh Indonesia.

Kemenag juga menyebutkan jika hilal lebaran 2022 kemungkinan akan terlihat pada 1 Mei 2022.

Dengan demikian, Hari Raya Idul Fitri 2022 kemungkinan jatuh di hari yang sama dengan keputusan yang telah ditetapkan Muhammadiyah, yaitu pada 2 Mei 2022.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin menjelaskan jika posisi hilal di Indonesia secara hisab pada saat sidang isbat sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

“Di Indonesia, pada 29 Ramadan 1443 H yang bertepatan dengan 1 Mei 2022 tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat,” ujar Kamaruddin Amin melalui keterangan resminya, dikutip Sabtu (30/4/2022).

“Artinya, secara hisab, pada hari tersebut posisi hilal awal Syawal di Indonesia telah masuk dalam kriteria baru MABIMS,” imbuhnya.

Berdasarkan kriteria baru MABIMS, imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Itu merupakan kriteria baru dari sebelumnya, yakni 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat yang mendapat masukan dan kritik.

Baca juga: Rekomendasi Game FPS Untuk Isi Libur Lebaran 2022

Perlu diketahui, sidang isbat sendiri nantinya akan menggunakan metode hisab dan rukyat.

“Rukyat digunakan sebagai konfirmasi terhadap hisab dan kriteria yang digunakan. Kedua hal yaitu hisab dan konfirmasi pelaksanaan rukyatul hilal akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk selanjutnya diambil keputusan awal Syawal 1443 H,” ucap Kamaruddin.

Untuk mengetahui jatuhnya lebaran 2022, kamu juga bisa ikut menyaksikan posisi hilal melalui link streaming disini.

Terkait

Artikel Terkait

Cara Bikin Konten Makanan Biar Viral

Techbiz.id - Penikmat video pendek makin sering disuguhkan konten seputar makanan mulai dari mukbang hingga tutorial memasak. Konten mengenai...