Sabtu, Juni 10, 2023

32 Tahun Melayani, JNE Ajak Masyarakat Bangkit Bersama Hadapi Ketidakpastian Ekonomi

Techbiz.id – Usai menghadapi Pandemi COVID-19 yang kini mulai berangsur pulih, masyarakat dan dunia usaha kini dihadapi oleh ancaman perlambatan dan ketidakpastian ekonomi dunia.

Untuk itu dalam momen peringatan 32 Tahun kehadirannya, JNE mengajak masyarakat dan dunia usaha dalam ekosistem logistik untuk “Bangkit Bersama” sesuai dengan tagline perayaan.

Menurut Presiden Direktur JNE, M. Feriadi Soeprapto, tema “Bangkit Bersama” memiliki makna Progress, Pertumbuhan, Pergerakan dan Perjalanan. Selama perjalanan lebih dari tiga dekade, JNE disampaikan Feri telah melalui proses perjalanan untuk terus bergerak dari kelompok kecil dan kini telah berkembang menjadi lebih 50.000 orang Ksatria dan Srikandi (Karyawan) dari berbagai suku serta bahasa.

“JNE kini telah didukung lebih dari 8.000 jaringan yang terus bertumbuh dan memberikan manfaat terbaik demi terciptanya Indonesia Bangkit agar dapat bersama – sama dapat terus bergerak bersama UMKM, Pelanggan dan Mitra agar siap menghadapi tantangan dan Bangkit Bersama dalam perjalanan untuk mengantarkan kebahagiaan,” ungkap Feri.

Lebih lanjut disampaikan Feri, JNE yakin jika ekosistem dimana JNE berada mengalami pertumbuhan yang baik, maka JNE pun dapat berkembang, oleh karena itu sebagai perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik Nasional, program-program yang bertujuan untuk memajukan bangsa dan negara terus dijalankan JNE secara rutin.

Lebih dari 32 Tahun JNE menjadi perusahaan Nasional yang telah melalui berbagai tantangan, salah satunya pada saat pandemi. Feriadi menyampaikan bahwa, ketika pandemi menghantam perekonomian Indonesia seperti halnya saat krisis moneter melanda di tahun 90 – an banyak sektor yang terdampak.

Bedanya pandemi ini membuat masyarakat maupun pelaku usaha banyak melakukan improvisasi. Bermunculan online seller baru karena memanfaatkan waktu dirumah dibarengi dengan pola belanja masyarakat yang juga berubah dari offline ke online. Para pelaku usaha juga melakukan improvisasi mulai dari penyesuaian harga, modifikasi produk bahkan hingga banting setir jenis usaha.

Disisi lain bisnis ekspedisi dituntut makin responsive terhadap kebutuhan seller maupun buyer, kita pun terus beradaptasi dengan teknologi dan informasi yang dapat menunjang pergerakan ekonomi di masyarakat.

“Oleh karena itu, melalui tema perayaan Bangkit Bersama ini, JNE Express ingin mengajak masyarakat untuk selalu bekerja keras di tengah ketidakpastian ekonomi,” pungkas Feri.

Sinergi JNE – UMKM Bangkit Bersama

Sebagai perusahaan anak negeri, JNE disampaikan Feri menyadari bahwa hampir 32 tahun perjalanan JNE tak lepas dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), untuk itu pihaknya berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan UMKM.

Untuk mendorong pertumbuhan UMKM tersebut JNE memiliki berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan seperti Fulfillment Center, sebuah layanan fulfillment yang mencakup berbagai fasilitas bagi UMKM. Diantaranya adalah fasilitas pergudangan, warehouse management system 24 jam, packing hingga pengiriman produk.

“Dengan begitu brand owner atau seller bisa menghemat biaya sewa gudang maupun SDM karena semua akan ditangani JNE,” ungkap Feri.

Komitmen untuk terus mendukung  kemajuan UMKM, JNE juga menyelenggarakan workshop atau pelatihan Digital Marketing bagi pelaku bisnis online dan UMKM. 

Pelaksanaan workshop Digital Marketing Mastery bertujuan untuk memfasilitasi pelaku bisnis online dan UMKM agar dapat scale-up, serta menambah keterampilan dalam memasarkan produk dan layanan lewat platform digital, baik dari segi teknis maupun strategi pembuatan kontennya.

Workshop ini diselenggarakan untuk memfasilitasi pelaku bisnis online dan UMKM, agar mereka bisa scale-up serta punya keterampilan memasarkan produk dan jasa mereka secara online menggunakan tools pemasaran digital, seperti Facebook Ads, Instagram ads, dan segi pengembangan kontennya.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Enam Pengusaha Perempuan jadi Pemenang dalam Kompetisi SisBerdaya

Techbiz.id - Sebanyak enam wirausahawan perempuan Indonesia, khususnya ultra-mikro dan mikro menjadi pemenang program SisBerdaya yang digelar oleh DANA...