Tuesday, October 27, 2020
Home News Kolaborasi dengan Alibaba, Starbucks Hadirkan Pemesanan via Perintah Suara

Kolaborasi dengan Alibaba, Starbucks Hadirkan Pemesanan via Perintah Suara

Must Read

Spectrum Sharing Dibutuhkan Untuk Industri 4.0

Techbiz.id - Dalam menerapkan industri 4.0, pelaksanaan berbagi spektrum (spectrum sharing) diyakini sebagai suatu keniscayaan.

Kamera Sony ZV-1 Ada Varian Warna Putih

Techbiz.id - Sony Indonesia menambah varian Kamera Digital ZV-1 yang kini hadir dalam warna putih, dan dilengkapi...

Besok, Xiaomi Bakal Jual Perdana Poco X3 NFC

Techbiz.id - Penjualan perdana Poco X3 NFC akan dibuka Xiaomi pada tanggal 22 Oktober 2020 melalui saluran...

TechBiz – Starbucks melakukan terobosan besar dalam merevolusi pengalaman digital bagi para konsumen. Di Tiongkok, Starbucks meluncurkan pemesanan via perintah suara (voice command) dan mengantar pesanan melalui speaker pintar Alibaba, yaitu Tmall Genie.

Para pelanggan di Tiongkok kini bisa memesan minuman dan makanan favorit dari Starbucks hanya dengan menggunakan pesan suara dan mendapatkannya dalam waktu 30 menit.

- Advertisement -

Memanfaatkan platform antar-pesan makanan milik Alibaba, Ele.me, kemampuan perintah suara untuk pemesanan Starbucks semakin meningkatkan pengalaman konsumen dalam ekosistem digital Starbucks.

Peluncuran layanan ini juga merayakan satu tahun berjalannya kerja sama strategis Starbucks dan Alibaba untuk meningkatkan infrastruktur New Retail dan kekuatan digital di Tiongkok. Tiongkok hingga saat ini merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan konsumsi kopi paling cepat di dunia.

Pengumuman ini juga menambah berbagai kolaborasi antara kedua perusahaan yang memungkinkan Starbucks Experience terbaik bisa dirasakan konsumen Tiongkok, seperti penerimaan Alipay sebagai metode pembayaran, membangun Star Kitchen – dapur di dalam semua gerai supermarket Freshippo di Tiongkok, dan penggunaan teknologi mobile dan fitur augmented-reality racangan Alibaba di gerai Starbucks roastery di Shanghai.

“Kami sangat senang bisa menghadirkan teknologi canggih Artificial Intelligence kami melalui Tmall Genie, untuk melayani para konsumen Starbucks di Tiongkok yang sudah sangat familiar dalam menggunakan teknologi dan digital,” ujar Miffy Chen, General Manager di Alibaba A.I. Labs yang memimpin pengembangan Tmall Genie.

Lebih lanjut disampaikannya, di awal tahun ini, perusahaan meluncurkan layanan pemesanan dan pengantaran pesanan melalui Ele.me untuk menjawab kebutuhan para konsumen.

Menurut Molly Liu, Vice President dan General Manager, Digital Ventures, Starbucks Tiongkok, fitur Starbucks di Tmall Genie mengantarkan Starbucks ke era baru interaksi konsumen secara digital, memanfaatkan teknologi canggih terkini untuk menciptakan pengalaman yang tidak tertandingi dan semakin mendekatkan hubungan kami kepada para pelanggan.

“Kami selalu berusaha untuk memastikan voice command pemesanan Starbucks ini semakin personal. Kami juga terus menambah kenyamanan pelanggan dengan memberikan kanal baru untuk berinteraksi dengan Starbucks – melalui sebuah platfom terintegrasi yang mereka andalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Melalui Tmall Genie, para pelanggan bisa menggunakan perintah suara untuk melacak status pemesanan mereka dalam waktu 30 menit. Cukup katakan: “Tmall Genie bagaimana status pemesanan Starbucks saya?”

Para anggota Starbucks Rewards juga bisa mendapatkan Stars dan info terbaru tentang keanggotaan mereka, termasuk promo khusus, melalui Tmall Genie. Ke depannya, saat menggunakan perintah suara untuk memesan, para anggota Starbucks Rewards bisa menerima rekomendasi yang disesuaikan sesuai preferensi sebelumnya dan menu-menu popular atau menu khusus.

Keunggulan lainnya, penggemar Starbucks di Tiongkok bisa mendengarkan playlist yang biasa dimainkan di gerai-gerai Starbucks, melalui aplikasi streaming musik Alibaba: Xiami Music.

Penggunaan teknologi speech AI dan voice print payment (kemampuan menggunakan suara untuk mengonfirmasi pembayaran), pesanan Tmall Genie membantu Starbucks memperluas dan meningkatkan kualitas pengalaman Starbucks Delivers yang konsisten dengan standar Starbucks, termasuk tutup gelas anti percikan air yang dirancang khusus dan bisa digunakan untuk minuman panas atau dingin, perekat kemasan anti robek dan wadah pengantaran individu yang bisa digunakan untuk menu panas dan dingin untuk memastikan pesanan tiba dengan suhu optimal untuk dinikmati pelanggan.

Tmall Genie bertema Starbucks yang eksklusif ini tersedia di toko virtual Starbucks di Tiongkok, yang menyatukan semua penawaran Starbucks dalam aplikasi mobile milik Alibaba, termasuk Taobao, Alipay dan Tmall.

Walau permintaan kopi per kapita di Tiongkok masih kecil dibandingkan konsumsi di Amerika Serikat – rata-rata penduduk Tiongkok mengonsumsi tiga cangkir kopi per tahun dibanding rata-rata 363 cangkir per orang per tahun di Amerika Serikat – konsumsi kopi di Tiongkok tumbuh 16% per tahun selama 10 tahun terakhir, melampaui tingkat pertumbuhan rata-rata dunia 2% per tahun, menurut International Coffee Organization.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

PVP Esport Gelar SuperGamerFest

Techbiz.id - PVP Esports mengumumkan penyelenggaraan perdana dari SuperGamerFest (SGF), festival virtual yang ditujukan untuk menghibur para gamer dan...

3 Syarat Wajib untuk Jadi Content Creator

Techbiz.id - Pandemi Covid-19 ini memunculkan peluang bagi pengguna smartphone di Indonesia untuk menjadi seorang content creator. Munculya peluang...

Solusi IoT Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan dan Udang

Techbiz.id - XL Axiata mengembangkang solusi IoT precision farming bernama “XL Smart Aquaculture” untuk meningkatkan kualitas budidaya ikan dan udang para petani...

Bima Market Catat Peningkatan Selama Pandemi

Techbiz.id -Tri Indonesia mencatat peningkatan akses terhadap marketplace Bima market dimasa pandemic covid-19 ini.Setiap bulannya terjadi peningkatan akses di Bima market sebesar...

Mengenal Spesifikasi Realme Narzo 20 Pro, Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Techbiz.id - Realme baru saja mengonfirmasi kehadiran Realme Narzo 20 Pro di Indonesia. Ponsel pintar itu diposisikan sebagai ponsel gaming Rp3 jutaan...
- Advertisement -

Artikel Terkait