Jumat, September 17, 2021
Beranda News Dukung Perkembangan Startup Indonesia, Alibaba Cloud Gelar Kompetisi Startup di Hangzhou

Dukung Perkembangan Startup Indonesia, Alibaba Cloud Gelar Kompetisi Startup di Hangzhou

Must Read

Gim ArcheAge Sudah Bisa Dimainkan Gamers Indonesia

Techbiz.id - Gim ArcheAge akhirnya resmi rilis di Asia Tenggara dan dapat dimainkan di Indonesia. Gim besutan XLGames asal...

Peritel BlibliMart Naik 2,5x Lipat di Semester Pertama 2020

Techbiz.id - Akselerasi adopsi teknologi akibat pandemi telah membuat jumlah seller BlibliMart di Jawa Timur naik meningkat sebanyak 2,5 kali di...

OPPO A54 Resmi Meluncur di Indonesia

Techbiz.id - OPPO baru saja meluncurkan OPPO A54 di Indonesia. Ini merupakan debut pertama kali bagi ponsel pintar yang...

Belajar Online dengan Google Classroom

Techbiz.id - Saat ini wabah Covid-19 atau dikenal dengan virus corona sedang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia. Virus yang...

Samsung Bakal Boyong Fitur OIS ke Seluruh Galaxy A Series

Techbiz.id - Samsung tampaknya segera memperluas kehadiran fitur optical image stabilization (OIS) ke seluruh Galaxy A Series mereka. Fitur OIS...

ZTE dan China Mobile Hadirkan Platform 5G Medical Edge Cloud

Techbiz.id - Bersama dengan China Mobile, ZTE Corporation mengumumkan telah melakukan peluncuran platform 5G medical edge cloud pertama di...

Jakarta, Techbiz.ID – Untuk pertama kalinya, Alibaba Cloud Indonesia menyelenggarakan ‘Create’ Alibaba Cloud Start-up Pitching Contest yang dilaksanakan kemarin (17/10) di Jakarta. Kegiatan ini sebagai rangkaian dari kompetisi global tahunan bidang teknologi terbesar yang digelar Alibaba Group.

Acara ini bertujuan mendukung pemberdayaan teknologi dan sumber daya bisnis para start-up lokal, kesempatan menjalin networking dengan investor dan tokoh ternama di bidang bisnis, serta pelatihan profesional dari Alibaba Cloud.

Dari 12 start-up terpilih yang turut berpartisipasi dalam kompetisi pitching ini, Datanest dan ADX Asia berhasil memenangkan titel juara untuk kategori new retail dan AIOT. Atas kemenangan ini, kedua tim tersebut menerima sejumlah hadiah sebagai fasilitas yang mendukung pertumbuhan bisnisnya, termasuk sejumlah produk cloud dan kesempatan untuk turut berkompeitisi pada acara final global di Hangzhou, lokasi kantor pusat Alibaba.

“Indonesia adalah Negara yang sangat penting dalam pengembangan strategis kami. Perkembangan start-up yang signifikan merupakan salah satu faktor pendorong utama dalam pertumbuhan ekonomi berbasis internet Indonesia.” ujar Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence.

Selain itu, Alibaba Cloud Indonesia juga mengadakan sesi sharing yang mendiskusikan potensi pertumbuhan start-up, serta praktik terbaik dalam peningkatan utilisasi cloud dan AI untuk meningkatan kesuksesan bisnis. Hal ini bertujuan untuk mengedepankan dampak positif start-up terhadap sektor ekonomi berbasis internet di Indonesia.

Baca juga: Daftar Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK per Oktober 2019

Dewan juri pada kompetisi ini terdiri dari sejumlah pemimpin industri termasuk Gary Khoeng, Executive Director Vertex Ventures Asia Tenggara dan India; Jonathan Zhong Wei, Founding Partner ATM Capital; Kelvin Yim, Executive Director Alpha Momentum; Melvin Hade, Partner Global Founders Capital; Mulyono Xu, Managing Capital BAce Capital dan Andy Darmawan, Solutions Architect Alibaba Cloud.

Datanest, pemenang kategori new retail, adalah start-up Data Science as a Service, yang menghadirkan solusi-solusi AI dan Machine learning dengan kemampuan automisasi yang dapat meningkatkan performa dan profit bisnis.

ADX Asia, pemenang kategori AIOT, adalah platform marketplace yang menawarkan spot beriklan. Dengan slogan, beriklan untuk semuanya, ADX Asia telah beroperasi di empat kota besar di Indonesia, dan di tahun keduanya, telah memiliki target untuk pengadaan 1.000 layar di Indonesia.

“Kami senang sekali bisa memenangkan kompetisi CREATE, karena ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kami untuk melihat bagaimana produk kami dapat diterima oleh pasar. Melalui partisipasi kami di kompetisi ini, kami juga melihat potensi yang besar untuk bisa bekerja sama Alibaba Cloud,” ujar Manggala D. Ratulangie, CEO dan Co-founder Datanest.

“Banyak klien kami yang memiliki kekhawatiran atas keamanan data, dan mengingat Alibaba Cloud telah memiliki dua data center di Indonesia, kami yakin dapat mengurangi kekhawatiran tersebut. Selain itu, kami juga tidak sabar untuk mendapatkan lebih banyak lagi ilmu dari pelatihan intensif yang akan kami terima untuk persiapan babak final di Hangzhou,” tambah Manggala.

Memasuki tahun ke-4 penyelenggaraannya, Create @ Alibaba Cloud Startup Contest tahun ini terdiri dari serangkaian kompetisi di tingkat kota yang diselenggarakan di beberapa negara, termasuk Indonesia. Dua pemenang terpilih dari masing-masing kota akan berkumpul di Hangzhou pada bulan November untuk memperebutkan gelar juara utama.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

Daftar Harga Paket Data Telkomsel Terbaru 2021

Techbiz.id - Telkomsel termasuk salah satu operator yang aktif dalam memberikan promo paket data kepada pelanggan setianya, termasuk pada...