Sunday, February 28, 2021
Home Market Update Oppo Kuasai Market Share Smartphone Indonesia

Oppo Kuasai Market Share Smartphone Indonesia

Must Read

Rampung, RPP Postelsiar Dapat Pujian

Techbiz.id - Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Postelsiar yang telah disahkan menjadi Pereaturan (PP) No 46 Tahun 2021 menuai pujian...

Daftar Smartphone 5G yang hadir di Indonesia, Harga Mulai Rp5 Juta

Techbiz.id - Sampai saat ini, Indonesia masih belum mendukung hadirnya jaringan generasi kelima alias 5G. Namun, itu tak menjadi...

Di Likee, Perempuan Ini Bisa Raup Puluhan Juta Rupiah

Techbiz.id - Seorang perempuan bernama Uchi mengaku mendapat gaji puluhan juta dan kehidupannya berubah drastis setelah ia menjadi content...

Pandemi Memperburuk Kesenjangan Digital

Techbiz.id - Pandemi COVID-19 dinilai telah menciptakan banyak kebutuhan baru untuk infrastruktur digital karena telah memperburuk kesenjangan digital. Deputi Chairman...

Hadispedia Permudah Pencarian Hadis

Techbiz.id - Pernah kesulitan mencari hadis yang kamu dengar saat pengajian atau shalat Jumat? Kini ada solusinya dalam genggaman lewat...

Techbiz.id – Berdasarkan data yang dirilis IDC Indonesia, pasar smartphone pada Q3 2019 mengalami penurunan musiman sebesar 9,9% QoQ, turun menjadi 8,8 juta unit. Namun, secara YoY, pasar smartphone tetap meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 1,8%.

Pengiriman smartphone kelas menengah berdasarkan laporan tersebut tumbuh 11,1%, didorong oleh kebutuhan untuk memperbaharui dan dengan adanya berbagai konten hiburan seperti konsumsi media dan mobile gaming. Mayoritas pengiriman smartphone kelas menengah dilengkapi prosesor Qualcomm Snapdragon.

- Advertisement -

“,Merek-merek yang tidak masuk ke dalam 5 besar terdampak oleh tingginya pangsa pasar merek asal Tiongkok, yang mengakibatkan hilangnya pangsa pasar dan terdapat sisa inventoris dari kuartal sebelumnya,” ungkap IDC.

OPPO memegang pangsa terbesar dengan penguasaan sebesar 26,2 persen di segmen low-end (US$100<US$200) dan mid range (US$200<US$400) dengan serangkaian model smartphone yang baru diluncurkan seperti K3, A5 dan A9.

Menguasai market share sebesar 22,8 persen, vivo meluncurkan pembaruan produk pada kuartal ini pada berbagai rentang harga. Vivo memiliki pangsa yang signifikan pada segmen kelas menengah dengan model Z1 Pro, yang sukses menarik pembeli dengan spesifikasi dan fitur yang menarik dengan harga yang wajar.

Samsung dengan market share yang tinggal 19,4 persen terkena imbas dari merek-merek asal Tiongkok dan kehilangan pangsa cukup signifikan karena perbaharuan seri A (dengan seri As terbaru) terjadi terlalu cepat setelah peluncuran sesi A yang sukses di awal tahun ini.

realme bersaing secara agresif dengan berbagai kampanye pemasaran dan penawaran produknya, menguasai 12,6 persen pangsa pasar naik ke peringkat empat dan didukung oleh pengiriman yang besar di retang harga low-end (US$100<US$200) dan ultra low-end (<US$100).

Sementara itu banjirnya produk tidak resmi Xiaomi mengakibatkan berkurangnya penjualan unit resminya membuat vendor asal Cina ini harus puas berada di peringkat bontot dengan market share yang hanya 12,5 persen saja.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Realme GT Jadi Flagship Pertama di 2021

Techbiz.id - Di MWC Shanghai 2021, Realme memperkenalkan flagship terbarunya, Realme GT sebagai smartphone flagship pertamanya di tahun ini. Seri...

Artikel Terkait