Jumat, April 26, 2024

Huawei Rilis Sejumlah Produk dan Solusi 5G

Techbiz.id – Berbarengan dengan acara peluncuran jajaran produk dan solusi 5G terbaru Huawei di London, Ryan Ding, pejabat Executive Director of the Board, sekaligus President Carrier BG di Huawei, menyampaikan pokok pidato yang bertajuk “5G, Bring New Value.”

Dalam kesempatan tersebut, Ryan Ding juga mengumumkan digelarnya 5G Partner Innovation Program, sebagai bentuk komitmen Huawei dalam mendukung terwujudnya ekosistem 5G serta kesuksesan implementasi 5G secara komersial di seluruh dunia.

Ryan Ding menyampaikan bahwa perkembangan 5G saat ini telah mencapai babak baru yang melampaui ekspektasi semua kalangan, terutama terkait dengan dengan kian massifnya penggelaran, pertumbuhan ekosistem yang pesat, hingga dihadirkannya pengalaman-pengalaman baru yang luar biasa di ranah 5G. Peran jaringan kini menjadi begitu esensial sebagai fondasi bagi setiap bisnis 5G.

Hingga saat ini, lanjut Ryan Ding, Huawei berhasil mencatatkan 91 kontrak 5G komersial. Huawei juga telah mengapalkan lebih dari 600.000 antena 5G Massive MIMO Active Antenna Units (AAUs). Sebagai perusahaan penyedia 5G, Huawei berkomitmen dalam mengembangkan solusi end-to-end 5G terbaik, dari BTS 5G dengan performa terunggul di industri yang mampu mendukung seluruh skenario 5G, hingga produk Blade AAU yang punya kapabilitas integrasi paling mumpuni.

Blade AAU mampu menjangkau seluruh pita frekuensi sub-6 GHz dan mendukung teknologi jaringan 2G, 3G, 4G, hingga 5G. Dengan Blade AAU terbaru, keterbatasan tempat untuk pemasangan antena bukan lagi menjadi masalah.

Selain itu, biaya total kepemilikan (TCO) bisa dipangkas hingga lebih dari 30 persen dibandingkan dengan solusi-solusi lain yang ada di pasaran saat ini.

Tidak berhenti di situ saja, Huawei juga sukses menjadi vendor pertama di industri yang mampu menghadirkan modul 5G untuk aplikasi-aplikasi vertikal di industri.

Teknologi 4G memungkinkan manusia dalam berbagi video maupun terhubung melalui sambungan suara. Namun kini, 5G hadir dengan menghadirkan bandwidth ultra tinggi, sehingga mendukung disajikannya pengalaman AR dan VR yang begitu nyata dan menghanyutkan. Menyalurkan setiap yang ada di pikiran dan perasaan manusia. Pengalaman ini tentu akan membawa nilai baru yang luar biasa bagi umat manusia.

Makin matangnya teknologi 5G enhanced mobile broadband (eMBB) serta tingginya layanan video HD telah mendorong pesatnya pertumbuhan layanan 5G untuk B2C. Di sisi lain, Huawei juga melihat adanya ceruk potensi yang besar di layanan 5G untuk B2B.

Dalam perhelatan ini, Huawei bersama sejumlah operator mengumumkan peluncuran buku putih 5G terbaru, di samping komitmen mereka untuk mempererat kemitraan dalam melakukan eksplorasi terhadap beragam penerapan 5G di ranah B2B di beragam lini industri.

Ryan Ding memanfaatkan kesempatan ini untuk memamerkan produk Huawei live broadcast backpack yang diluncurkan belum lama ini. Huawei membenamkan modul 5G ke dalam produk tersebut untuk memudahkan dihadirkannya tayangan siaran langsung yang kian sempurna.

Ryan Ding menekankan, bahwa di era 4G lalu, seluruh operator secara virtual menyuguhkan pengalaman jaringan yang tak jauh berbeda antara satu dengan yang lain. Di era 5G, hal ini tentu tidak demikian. Saat ini, operator telah mampu menghadirkan pengalaman terdiferensiasikan bagi tiap-tiap pelanggan.

Lebih jauh menurut Ryan, perhitungan biaya kepada pelanggan juga lebih didasarkan pada ukuran meteran, seperti volume data yang terpakai, besaran latensi, pita lebar, hingga jumlah perangkat yang terkoneksikan. Ini tentu mendukung operator dalam monetisasi teknologi 5G secara lebih optimal.

“Perlu perombakan ulang strategi dengan memperhitungkan apa yang sesungguhnya hendak mereka capai dengan membangun model-model bisnis 5G yang baru tersebut,” jelasnya.

Huawei mengumumkan digulirkannya kerja sama dengan mitra-mitranya di seluruh dunia dalam mengembangkan beragam proyek 5G bagi beragam domain industri, seperti untuk media-media arus baru masa kini, di kampus-kampus, di bidang kesehatan, maupun pendidikan.

Disaksikan oleh sejumlah mitra industri, Ryan Ding mengumumkan diluncurkannya 5G Partner Innovation Program. Melalui program ini, Huawei berkomitmen untuk menggelontorkan investasi senilai US$20 juta bagi aplikasi-aplikasi 5G inovatif dalam jangka lima tahun ke depan. Kerja sama ini diharapkan akan dapat mendorong tumbuhnya ekosistem 5G, serta mempercepat suksesnya komersialisasi 5G di seluruh dunia.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...