Jumat, April 26, 2024

Konsorsium ADC Tunjuk NEC Bangun Kabel Bawah Laut Hub Asia

Techbiz.id – Konsorsium Asia Direct Cable (ADC) memilih NEC untuk membangun kabel bawah laut berkinerja tinggi yang menghubungkan China (Hong Kong SAR dan Provinsi Guangdong), Jepang, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Kabel bawah laut yang akan dibangun NEC tersebut sepanjang 9.400 kilometer dan diharapkan akan selesai pada kuartal keempat 2022.

Menurut keterangan, kabel bawah laut tersebut akan dilengkapi dengan beberapa pasang serat optik berkapasitas tinggi dan dirancang untuk menyediakan traffic lebih dari 140 Tbps, memungkinkan transmisi data berkapasitas tinggi di seluruh wilayah Asia Timur dan Tenggara.

Kapasitas tinggi ADC dapat mendukung aplikasi-aplikasi yang membutuhkan pita lebar (bandwith) yang intensif yang didorong oleh kemajuan teknologi di 5G, cloud, Internet-of-Things dan kecerdasan buatan. Hal ini akan lebih meningkatkan perluasan jaringan komunikasi di wilayah tersebut.

“Sistem ADC menyediakan kapasitas kabel tertinggi dan keragaman yang diperlukan untuk hub informasi utama Asia, yang akan memungkinkan operator dan penyedia layanan untuk lebih merencanakan jaringan dan layanan mereka untuk pembangunan yang berkelanjutan,” kata Chang Weiguo, salah satu dari ADC Co-Chairs dari China Telecom.

Co-Chair ADC, Mr Koji Ishii dari SoftBank juga mengatakan, sistem baru ini akan memberikan kontribusi untuk mendorong pertumbuhan bisnis ICT Asia sebagai salah satu infrastruktur inti di wilayah ini dan untuk memenuhi pasar yang berkembang.

“Sebagai vendor sistem kabel bawah laut terkemuka, NEC telah berhasil menyediakan banyak sistem kabel bawah laut Trans-Asia, menjadikan perusahaan ini pilihan paling andal bagi mitra suplai ADC,” imbuhnya.

Menurut Atsushi Kuwahara, General Manager, Divisi jaringan Submarine, NEC Corporation, sistem kabel fiber optik yang canggih ini akan memberikan konektivitas yang mulus ke negara tempat mereka berada dan wilayah yang dilayanannya.

“NEC terkesan dengan tingkat komitmen dari para anggota Konsorsium ADC, dan akan sepenuhnya memanfaatkan keahlian regional kami untuk mendukung ADC serta memastikan keberhasilan penyelesaian proyek ini,” pungkasnya.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...