Tuesday, April 20, 2021
Home Tips Kontrol Penggunaan Smartphone Anak dengan Fitur Ini

Kontrol Penggunaan Smartphone Anak dengan Fitur Ini

Must Read

OPPO Hadirkan Tema Gratis Edisi Jadwal Berbuka Puasa

Techbiz.id - Memasuki bulan Ramadan 2021 banyak orang yang berlomba-lomba untuk meningkatkan kadar ketakwaannya baik melalui amal maupun ibadah. Tentunya,...

Helo Resmi Ramaikan Persaingan Platform Video Pendek Indonesia

Techbiz.id - Setelah masuk ke Indonesia di akhir tahun lalu, aplikasi Helo kini resmi diperkenalkan kepada publik. Aplikasi ini...

Chip Langka, Stok Ponsel Black Shark Kosong

Techbiz.id - Kabar mengejutkan datang dari produsen ponsel gaming Black Shark yang mengakui bahwa ponsel flagship keluaran terbarunya mengalami...

realme Official Store Siapkan Banyak Hadiah untuk Pemesanan realme 8 Pro

Techbiz.id - Untuk semakin memeriahkan pasca peluncuran realme 8 Series beberapa waktu lalu, realme kembali menyiapkan berbagai kejutan dengan...

Lewat Google Asisstant Kini Bisa Pesan dan Bayar Makanan

Techbiz.id - Google Asisstant kini menghadirkan fitur baru yang mempermudah pengguna untuk memesan makanan dan memproses pembayaran di restoran. Melalui...

Techbiz.id – Orang tua biasanya kerap meminjamkan gadget atau smartphone kepada anak-anak setidaknya agar bisa bisa membantu mengurangi rasa bosan selama pembelajaran di sekolah belum kembali normal.

Sebenarnya, lewat smartphone dan akses internet, anak-anak bisa berkomunikasi dengan guru atau teman mereka, bermain game atau menonton YouTube sebagai hiburan atau bagian dari edukasi.

- Advertisement -

Meski demikian, dampak dari era digital ini memberikan tantangan baru bagi para orang tua. Anak-anak semakin mudah mendapatkan akses internet yang menyajikan konten beragam, mulai dari konten untuk anak-anak hingga dewasa.

Akan tetapi, tantangan ini seharusnya menjadikan orang tua tidak serta merta merasa phobia terhadap internet dan mengambil jarak dengan teknologi. Sebaliknya, orang tua perlu untuk mendampingi anak-anak selama proses belajar-mengajar secara online.

Anak-anak juga perlu memperoleh transformasi digital secara positif sehingga mereka bisa lebih bertanggung jawab ketika mengakses internet melalui perangkat smartphone.

Salah satu solusi untuk menjawab tantangan tersebut adalah dengan menggunakan Kid Space dan Parental Controls. Kedua fitur yang ada di smartphone OPPO A92 tersebut membantu orang tua untuk memantau aktivitas anak-anaknya dalam penggunaan ponsel cerdas.

Mode Kid Space pada A92 merupakan fitur untuk mengendalikan secara penuh penggunaan smartphone oleh anak-anak. Para orang tua bisa menentukan aplikasi yang boleh diakses oleh anak dan durasi penggunaan yang dapat diatur mulai dari 15 menit, 30 menit, dan seterusnya.

Jika sudah terpasang, mode Kid Space tidak akan menampilkan aplikasi-aplikasi lain yang ada di smartphone kecuali yang sudah dipilih oleh orang tua. Selain itu, Kid Space juga memiliki fitur untuk mencegah anak melakukan pembelian items dari game atau aplikasi yang mereka mainkan dan juga membatasi penggunaan kuota internet.

Sementara itu, Parental Controls berguna untuk memonitor penggunaan smartphone secara terpisah jika anak memiliki ponsel pintar sendiri. Jadi para orang tua bisa memantau aktivitas dalam menggunakan gawainya dari perangkat yang terpisah.

Cara ini bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi Family Link dari Google Play Store. Lewat aplikasi Google Family Link ini, orang tua dapat memantau dan membatasi aplikasi-aplikasi yang boleh diunduh oleh anak.

Hal ini dapat mencegah anak-anak untuk tidak men-download konten atau game yang seharusnya belum boleh mereka tonton dan mainkan.

Dengan fitur Kid Space dan Parental Controls yang ada di OPPO A92, para orang tua tidak perlu lagi khawatir berbagi penggunaan smartphone dengan anak-anak mereka. Orang tua pun bisa mengendalikan penggunaan smartphone dan mengarahkan anak-anak untuk tetap bijak dalam menggunakan perangkat digitalnya.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Chip Langka, Stok Ponsel Black Shark Kosong

Techbiz.id - Kabar mengejutkan datang dari produsen ponsel gaming Black Shark yang mengakui bahwa ponsel flagship keluaran terbarunya mengalami...

Artikel Terkait