Jumat, April 19, 2024

Terra Drone Dapat Izin Operasi dari Kemenhub

Techbiz.id – Terra Drone Indonesia mendapatkan izin operasi dari Direktorat Kelaikudaraan & Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU), Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Izin tersebut diperoleh Terra Drone untuk pengoperasian drone jarak jauh atau yang lebih dikenal dengan istilah Beyond Visual Line of Sight (BVLOS) yang dikeluarkan oleh

Dengan diperolehnya izin operasi dari Kemenhub tersebut, Terra Drone Indonesia akan dapat memanfaatkan potensi penggunaan drone secara utuh dan maksimal, terutama untuk misi seperti survei, pengawasan, dan patroli.

Seperti yang diketahui, Kemenhub sudah memiliki aturan terkait drone dalam bentuk Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) Bagian 107 yang mengatur tentang small Unmanned Aircraft System (sUAS) atau sistem pesawat tanpa awak kecil dengan berat maksimal 25 kilogram.

Izin operasi terra drone

Peraturan ini diperkenalkan melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 163 Tahun 2015, yang berarti sudah berlaku sejak 5 tahun yang lalu dan mengatur banyak hal, termasuk batasan-batasan yang harus diikuti pilot drone seperti larangan terbang di atas kerumunan, larangan terbang dalam keadaan mabuk, dan larangan terbang di luar pandangan mata (Beyond Visual Line of Sight/BVLOS).

PKPS Bagian 107 disusun dan diperkenalkan kepada masyarakat sebagai upaya pemerintah menjamin keselamatan penerbangan sipil, karena drone berbagi ruang dengan pengguna ruang udara lainnya.

Banyak hal yang perlu diperhatikan agar dapat menerbangkan drone secara aman. Tidak mudah bagi banyak otoritas penerbangan sipil di dunia untuk mengeluarkan izin tersebut dikarenakan risikonya yang sangat tinggi.

Menurut Michael Wishnu Wardana, CEO Terra Drone Indonesia., prosedur operasi yang matang dan teruji menjadi kunci dapat diperolehnya izin ini dari otoritas penerbangan sipil di Indonesia.

“Terra Drone Indonesia terus berkomitmen untuk memperkenalkan manfaat teknologi drone melalui pengoperasian yang aman, serta mendukung pemerintah dalam menjamin keselamatan penerbangan sipil,” jelasnya.

Kemudahan operasi & akses serta keterjangkauannya, teknologi drone saat ini banyak diadaptasi oleh banyak industri. Namun, keselamatan operasi benar-benar perlu diperhatikan untuk mendukung penerbangan sipil yang aman dan selamat.

Untuk itu, Terra Drone Indonesia menurut Michael akan terus memberikan contoh yang baik, serta akan membantu pemerintah dalam melakukan sosialisasi aturan-aturan yang berlaku melalui kegiatan promosi, keterlibatan dalam forum dan asosiasi, serta edukasi kepada para pelanggan.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...