Tuesday, October 27, 2020
Home Tips Tips Aman Bertransaksi Online lewat Smartphone

Tips Aman Bertransaksi Online lewat Smartphone

Must Read

Aplikasi KESAN Luncurkan Marketplace Ramah Santri

Techbiz.id - Menyambut Hari Santri Nasional (22 Oktober), aplikasi Kedaulatan Santri (KESAN) resmi meluncurkan fitur Umat Market...

Kamera Sony ZV-1 Ada Varian Warna Putih

Techbiz.id - Sony Indonesia menambah varian Kamera Digital ZV-1 yang kini hadir dalam warna putih, dan dilengkapi...

TokoKu Irma Sediakan Fasilitas Pembayaran Pay Later

Techbiz.id - Penyedia perangkat lunak IRMA resmi meluncurkan TokoKu, aplikasi yang menyediakan layanan Pay Later untuk dapat...

Techbiz.id – Belum berakhirnya pandemi covid-19 membuat banyak masyarakat tetap memilih untuk berbelanja online dalam memenuhi kebutuhan bahan makanan, kebutuhan sehari-hari, dan produk lainnya.

Tetapi sayangnya meningkatnya tren tersebut masih harus dihantui oleh kemungkinan terjadinya tindak kejahatan siber terutama soal pembayaran digital.

- Advertisement -

Apalagi untuk pengguna Android, peluang terbesar cyber attack atau serangan para hackers bisa juga berasal dari aplikasi malware yang terpasang secara tidak diketahui atau tidak disengaja.

Aplikasi ini akan merekam aktivitas pengguna smartphone saat melakukan transaksi keuangan, termasuk password dan PIN mobile banking.

Untuk meminimalisir terjadinya resiko tersebut, pengguna Oppo dapat memanfaatkan fitur yang ada di smartphone-nya yang dapat melindungi data-data saat sedang bertransaksi online, yakni dengan fitur Payment Protection, yang dilengkapi dengan fasilitas Environment Security.

Salah satu perangkat OPPO yang memiliki fitur ini adalah seri A92. Ketika kamu sedang berbelanja online atau melakukan transaksi pembayaran maka Payment Protection ini akan memberikan perlindungan otomatis saat bertransaksi dari smartphone.

aman bertransaksi online

Pelindung transaksi pembayaran daring ini akan mendeteksi keamanan sistem, captcha, dan aplikasi e-commerce yang dipakai oleh pengguna. Sebagai contoh, ketika pengguna OPPO A92 membuka aplikasi perbankan di ponselnya, maka fitur ini secara otomatis akan memindai smartphone dari berbagai kemungkinan malware.

Melengkapi fitur Payment Protection, OPPO A92 juga memiliki Secure Keyboard yang akan mencegah adanya perekaman input teks atau angka yang dilakukan oleh malware, sekaligus mencegah pengiriman data melalui koneksi internet.

Dengan fitur ini, pengguna akan aman terhadap berbagai ancaman malware dengan teknik keylogger atau merekam setiap pengetikan tombol keyboard.

Untuk mengetahui aplikasi telah terlindungi, kamu akan melihat pemberitahuan berwarna biru yang berbunyi “Secure Payment” di bagian atas layar. Smartphone kamu akan mengetahui aplikasi yang membutuhkan perlindungan saat pembayaran dan akan diaktifkan secara default.

Untuk memastikan fitur tersebut telah aktif, kamu dapat mengecek dari menu [Settings] > [Security] lalu tap [Payment Protection].

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

PVP Esport Gelar SuperGamerFest

Techbiz.id - PVP Esports mengumumkan penyelenggaraan perdana dari SuperGamerFest (SGF), festival virtual yang ditujukan untuk menghibur para gamer dan...

3 Syarat Wajib untuk Jadi Content Creator

Techbiz.id - Pandemi Covid-19 ini memunculkan peluang bagi pengguna smartphone di Indonesia untuk menjadi seorang content creator. Munculya peluang...

Solusi IoT Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan dan Udang

Techbiz.id - XL Axiata mengembangkang solusi IoT precision farming bernama “XL Smart Aquaculture” untuk meningkatkan kualitas budidaya ikan dan udang para petani...

Bima Market Catat Peningkatan Selama Pandemi

Techbiz.id -Tri Indonesia mencatat peningkatan akses terhadap marketplace Bima market dimasa pandemic covid-19 ini.Setiap bulannya terjadi peningkatan akses di Bima market sebesar...

Mengenal Spesifikasi Realme Narzo 20 Pro, Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Techbiz.id - Realme baru saja mengonfirmasi kehadiran Realme Narzo 20 Pro di Indonesia. Ponsel pintar itu diposisikan sebagai ponsel gaming Rp3 jutaan...
- Advertisement -

Artikel Terkait