Saturday, October 31, 2020
Home Tips 7 Tips Membuat Film dengan Vivo X50 Pro

7 Tips Membuat Film dengan Vivo X50 Pro

Must Read

Bima Market Catat Peningkatan Selama Pandemi

Techbiz.id -Tri Indonesia mencatat peningkatan akses terhadap marketplace Bima market dimasa pandemic covid-19 ini.Setiap bulannya terjadi peningkatan...

Home Appliances Samsung Jadi Solusi New Normal

Techbiz.id - Samsung Electronics Indonesia meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan...

Aturan Pelaksana UU Cipta Kerja Ditunggu Pelaku Industri

Techbiz.id - Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) berharap UU Cipta Kerja yang telah memberikan angin segar bagi...

Techbiz.id – Vivo X50 Pro yang hadir dengan terobosan teknologi Gimbal Stabilization, tidak hanya mendukung aktivitas fotografi, namun juga memaksimalkan pengalaman mobile videography.

Menurut Sutradara peraih penghargaan, Mouly Surya yang juga merupakan salah satu representative dari vivo X CLUB, sangat memungkinkan untuk menciptakan film hanya dengan sebuah smartphone yang dapat diandalkan seperti vivo X50 Pro.

- Advertisement -

Mouly juga memberikan tipsnya dalam mengoptimalkan penggunaan vivo X50 Pro untuk membuat film berkualitas.

Baca juga: Review Vivo X50 Pro: Speknya Mengecewakan

“Tentu saja harus mengenali dan memaksimalkan fitur dan pengaturan video yang akan digunakan pada perangkat dengan baik,” ungkapnya

Setidaknya ada 7 tips yang mudah diaplikasikan bagi siapa saja yang hendak membuat film dengan memaksimalkan vivo X50 Pro:

7 Tips Membuat Film dengan Vivo X50 Pro

1. Eksplorasi fitur kamera

Setiap pembuat film pasti harus mengenali kemampuan alat-alat yang dipakai dengan baik agar hasil produksi filmnya sesuai harapan. Dengan beragam fitur kamera yang ditawarkan, vivo X50 Pro memiliki beberapa fitur  yang dapat dieksplorasi.

Salah satunya, konfigurasi quad camera-nya yang terdiri dari kamera utama 48MP Pro Quad Camera yang dilengkapi sensor IMX598 dan teknologi Gimbal Stabilization dengan dudukan suspensi struktur bola ganda, sistem closed loop motor, lensa 7P dan bukaan besar f/1.6.

Kamera 13MP professional portrait dengan fokus standar 50mm, kamera 8MP Super Wide-Angle dengan sudut pandang luas hingga 120 derajat dan Super Macro dengan fokus dekat 2,5 cm, kamera 8MP Periscope Telephoto dengan bukaan f/3.4, 5x Optical Zoom dan hingga 60x Hyper Zoom.

Untuk merekam video layaknya profesional, pengguna dapat mengoptimasi kamera utama dengan pengaturan stabil di resolusi kamera 4K 60fps.

Namun, saat pengguna merekam video dengan objek yang bergerak lebih hebat seperti saat berlari, resolusi dapat diubah hingga 1080p 60fps, dan mode Ultra Stable juga akan aktif secara otomatis pada resolusi ini.

Mode Ultra Stable juga akan memberi kestabilan saat perekaman dengan cara klik ikon ‘tangan terbuka’ di sisi atas jendela layar.

2. Kontrol kestabilan gambar dengan Gimbal Radar

Pengguna dapat mengaktifkan fitur Gimbal Radar untuk mengontrol apakah kestabilan gambar sudah optimal.

Fitur Gimbal Radar merupakan komponen software yang bekerja dengan memberikan panduan berupa animasi sebuah lingkaran dengan bola kecil. Lingkaran tersebut bergerak di jendela layar yang menandakan pergerakan gimbal sebenarnya.

Saat bola berada di titik tengah, berarti bingkai kamera berada pada titik kestabilan optimal sehingga pengguna dapat menangkap gambar dengan hasil lebih jernih.

3. Manfaatkan fitur-fitur pada pengaturan Cinematic Master

Untuk memudahkan fokus kamera, pengguna bisa mengaktifkan pengaturan Motion Autofocus untuk mengunci fokus otomatis pada mata, tubuh atau objek yang diinginkan.

Selain itu, pengguna juga dapat menemukan pengaturan Cinematic Master di sisi atas jendela layar dalam mode video, yaitu fitur Smart Zoom dan Art Portrait.

Fitur Smart Zoom dapat diaktifkan dengan klik ikon ‘kamera film’. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk memilih objek yang sedang bergerak agar tetap berada di tengah layar, sehingga akan mempermudah proses perekaman gambar.

Sedangkan, untuk membuat rekaman yang lebih artistik, pengguna dapat menggunakan fitur Art Portrait dengan klik pada ikon ‘tiga lingkaran’ di sisi atas jendela layar.

Dengan fitur ini pengguna dapat mengoptimalkan penggunaan algoritma Bokeh yang dapat diatur dengan akurat.

Atau aktifkanlah algoritma Mono yang dapat membuat objek lebih menonjol dalam latar belakang apapun.

Teknik color grading juga kerap diperlukan untuk pembuatan film yang apik saat proses pascaproduksi. Pengguna juga dapat memanfaatkan keberadaan 26 filter trendi yang dapat memberikan sentuhan warna estetik dengan mudah dan cepat. Tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsep atau alur cerita dari film itu sendiri.

4. Aktifkan 3D Sound Tracking

Objek yang bergerak akan menyulitkan kamera biasa dalam merekam suara dengan jelas. Untuk mengoptimalkan kualitas suara, vivo X50 Pro dilengkapi dengan standar tiga mikrofon untuk membentuk trio suara tiga dimensi (3D Sound Tracking) yang otomatis meningkatkan kualitas suara.

3D Sound Tracking ini dapat dengan akurat mendeteksi suara yang datang dari berbagai penjuru.

Fitur 3D Sound Tracking ini juga membuat fokus suara hanya pada objek yang diinginkan. sehingga hasil rekaman suara akan lebih jelas.

Fitur ini juga dapat meredam kebisingan, serta menawarkan sistem perekaman suara dalam tiga mode; frontback dan surround recording. Pengguna dapat mengubah pengaturan ini kapanpun selama proses perekaman.

5. Membuat suara tetap jernih walau dalam keadaan zoom

Fitur lain yang dapat memudahkan proses perekaman adalah fitur Audio Zoom. Fungsinya akan meningkatkan volume secara otomatis saat pengguna melakukan pembesaran pada sebuah objek. Sehingga membantu merekam video yang lebih jelas dengan suara yang lebih jernih. Bahkan saat proses zoom 1x sampai 10x, volume audio dapat meningkat hingga 12dB.

6. Menangkap gambar dari jarak jauh

Pengguna dapat lebih leluasa menangkap objek yang berada di kejauhan dengan memaksimalkan fitur 5x Optical Zoom. Bahkan pembesaran yang stabil secara digital dapat dilakukan hingga 10x berkat adanya integrasi teknologi Gimbal Stabilization.

7. Gunakan kemudahan edit sekali tap

Proses pascaproduksi kerap menyulitkan. Selain harus mengolah potongan-potongan video hingga menjadi sebuah film utuh, editor juga kadang harus menciptakan video cuplikan berdurasi pendek atau teaser yang bisa diunggah ke media sosial.

Vivo X50 Pro memiliki fitur edit sekali tap yang dapat menciptakan video highlight berdurasi 15 detik.Tersedia juga beragam template yang dapat mengubah rekaman mentah menjadi hasil karya seni yang artistik.

Product Manager vivo Indonesia, Hadie Mandala menambahkan, integrasi Sistem Kamera gimbal dalam perangkat smartphone vivo X50 Pro, juga memungkinkan adanya fitur-fitur inovatif lain.

Seperti Smart Zoom dan 3D Sound Tracking yang dapat membantu pembuat film lebih mudah menciptakan film kreatif dan sinematik.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Samsung Kembangkan Aplikasi Pantau Covid-19

Techbiz.id - Samsung Electronics Indonesia menghadirkan aplikasi Samsung C-Safe, yang akan membantu masyarakat mengetahui da memantau perkembangan...

Polytron Hadirkan Kotak Sterilisasi Serba Guna Basmi Virus

Techbiz.id - Polytron menghadirkan Multipurpose Sterilizer Box PUV 122W untuk mensterilkan berbagai barang dan perlengkapan rumah tangga dari virus dan bakteri.

Review Freebuds Studio: Langsung Beli Aja

Techbiz.id - Untuk pertama kalinya Huawei menghadirkan perangkat audio berupa headphone nirkabel dalam rangkaian produk IoTnya. Perangkat yang diberi...

Dell Tawarkan Dua Laptop Seri XPS Generasi Terbaru

Techbiz.id - Dell Technologies menghadirkan portofolio laptop Dell XPS terbaru, XPS 15 dan XPS 17 yang menawarkan kinerja mumpuni dan ringkas.

Oracle Tambah Fitur Dukung Dunia Kerja Baru

Techbiz.id - Oracle telah memperbaharui Fusion Cloud ERP mereka untuk membantu perusahaan dalam mengantisipasi kebutuhan operasional terkait supply chain yang dipengaruhi oleh...
- Advertisement -

Artikel Terkait