Jumat, April 26, 2024

Telkom Dukung Kampanye Online Produk UMKM

Techbiz.id – Telkom berupaya memberikan dukungan untuk memajukan UMKM melalui optimalisasi ICT.

Dukungan tersebut dilakukan dengan menginisiasi program Bangga Kripik Indonesia dan Bangga Kopi Indonesia, yang merupakan gerakan (movement) di media sosial dalam mempromosikan produk UMKM.

Program tersebut dilakukan melalui Rumah Kreatif BUMN (RKB) dengan melakukan kampanye menggunakan tagar #BanggaKripikIndonesia #BanggaKopiIndonesia dan #BanggaSambalIndonesia.

Baca juga: Telkom Hadirkan Aplikasi Pembayaran QRen

Menurut Syaifudin, Executive Vice President Divisi Business Service Telkom, sebagai BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi, kompetensi Telkom dapat menjadi faktor pendorong dalam UMKM untuk berkembang ke arah lebih baik dan go online.

Diharapkan dengan go online, UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi dan tetap produktif meski dihadapkan pada kondisi pandemi COVID-19.

“Ini juga menjadi salah satu upaya Telkom untuk menggerakkan kembali perekonomian melalui UMKM sebagai motor penggerak ekonomi bangsa,” ungkapnya.

Lebih lanjut Syaifudin menyampaikan bahwa, movement seperti ini diperlukan untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap kualitas produk lokal, khususnya kripik dan kopi yang selama ini dikenal sebagai kombinasi makanan dan minuman favorit warga Indonesia.

Saat ini terdapat 43 lokasi aktif Rumah Kreatif BUMN. Setiap daerah memiliki produk dengan keunikannya tersendiri.

Diharapkan dengan adanya kampanye Bangga Keripik Indonesia dan Bangga Kopi Indonesia, masyarakat dapat sadar betapa kayanya produksi dalam negeri.

“Kami dapat memperkenalkan produk produk unggulan dari Sabang sampai Merauke, dengan harapan program ini dapat mendorong masyarakat Indonesia untuk membeli produk UMKM lokal,” jelas Syaifudin.

Program #BanggaKripikIndonesia sejak diluncurkan 22 Juni 2020, berhasil mengkampanyekan 151 produk kripik khas lokal. Sedangkan #BanggaKopiIndonesia yang diluncurkan 29 Juni 2020 dengan tambahan durasi kampanye selama 2 minggu, berhasil membantu 202 produk kopi khas lokal, dilanjutkan kampanye 145 produk sambal selama 2 minggu sejak tanggal 13 Juli 2020.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...