Saturday, January 16, 2021
Home News Telkom Terima Sertifikasi ISO Anti Penyuapan

Telkom Terima Sertifikasi ISO Anti Penyuapan

Must Read

Galaxy Buds Pro, Earbuds Paling Premium dari Samsung

Techbiz.id - Dalam acara Galaxy Unpacked 2021 Samsung juga meluncurkan earbuds generasi berikutnya: Galaxy Buds Pro yang menjadi earbuds...

RPP Postelsiar Perlu Mengatur Peran KPPU

Techbiz.id - Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi meminta agar Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dilibatkan secara aktif...

Active Speaker Polytron Terbaru Bisa Putar Film

Techbiz.id - Polytron kembali menghadirkan speaker PAS 10D Series terbaru yang diengkapi dengan fitur USB play movie untuk memutar...

Grab Financial Kantongi Rp4,2 Triliun di Pendanaan Seri A

Techbiz.id - Platform fintech Grab Financial Group (GFG) memperoleh lebih dari USD300 juta (Rp4,2 triliun) dalam pendanaan Seri A yang...

Mudahkan Penggunanya, Fitur Dana Bisnis Diperbarui

Techbiz.id - Mengawali tahun 2021, DANA kembali melakukan pembaruan pada fitur DANA Bisnis. Pengembangan fitur ini bukan saja untuk...

Techbiz.id – Telkom berhasil mendapatkan Sertifikat ISO 37001:2016 yang menjadi standar Sistem Management Anti Penyuapan.

Sertifikasi ini didapat setelah menjalani proses verifikasi kesesuaian penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan sesuai dengan standar internasional.

- Advertisement -

Sertifikat secara simbolis diserahkan oleh Direktur Utama PT Sucofindo (Persero), Bachder Djohan Buddin kepada Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah di Telkom Landmark Tower, Jakarta (13/8).

Baca juga: Telkom Dukung Kampanye Online Produk UMKM

Sertifikasi ISO 37001:2016 ini menentukan berbagai langkah dan kontrol di mana perusahaan harus menerapkan untuk mencegah dan mengungkap penyuapan dan korupsi.

Sertifikasi ini dilakukan oleh Sucofindo sebagai lembaga sertifikasi kepada Telkom yang telah menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan pada fungsi/proses Procurement, Rekrutmen, Pelayanan Pelanggan, dan Pengendalian Gratifikasi.

Menurut Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, Sertifikasi ini merupakan bentuk komitmen TelkomGroup untuk sepenuhnya mengatasi segala bentuk penyuapan, sebagai perusahaan publik yang menjunjung prinsip transparansi, compliance, dan menjalankan tata kelola perusahaan yang baik.

“Kolaborasi antar BUMN ini diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya dalam memastikan tidak adanya praktek suap ataupun korupsi di lingkungan kerja BUMN,” ujar Ririek.

Sementara itu menurut Direktur Utama Sucofindo, Bachder Djohan Buddin, penerapan standar SNI ISO 37001 dengan utuh dan konsisten terhadap seluruh persyaratan standar yang ada dengan selalu mengidentifikasi risiko anti suap, akan mendukung pencapaian rencana strategis dan kinerja Telko

Untuk mengikuti sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan, Telkom telah melakukan persiapan dari Maret hingga awal Agustus 2020, dimulai dari training awareness dan gap analysis.

Selanjutnya pada tahap pengembangan sistem dilakukan pengembangan kebijakan dan penyusunan prosedur manajemen anti penyuapan.

Pada tahap implementasi, mulai dilakukan sosialisasi, penyusunan kebijakan, prosedur dan manual sistem manajemen anti penyuapan serta uji kelayakan.

Setelah melewati tahap review sistem seperti pelaksanaan audit internal review dan tinjauan manajemen, maka tahap terakhir adalah sertifikasi mencakup persiapan ujian sertifikasi dan pemilihan lembaga audit sertifikasi.

Telkom telah mengikuti dua tahap audit pada 22-23 Juli 2020 dan 5-7 Agustus 2020, yang kemudian dinyatakan lulus sertifikasi pada tahap kedua.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Investree Filipina Operasikan Platform Crowdfunding UKM

Techbiz.id - Perusahaan joint venture berbasis fintech antara Filinvest Development Corp. (FDC) yang dimiliki oleh Keluarga Gotianun dengan Investree Singapore Pte. Ltd. resmi...

Artikel Terkait