Sabtu, April 27, 2024

Review Telkomsel Orbit: Solusi Internet Rumahan untuk WFH

Techbiz.id – Telkomsel Orbit adalah layanan home wireless internet yang didukung dengan jaringan kuat 4G LTE dari Telkomsel. Layanan ini didedikasikan untuk pengguna rumahan demi mendukung segala aktivitas online seperti WFH, sekolah dari rumah, dan untuk menikmati hiburan bareng keluarga.

Layanan internet rumahan milik Telkomsel ini telah mencakup 50 kota di Tanah Air sejak pertama kali diluncurkan pada bulan Juli 2020 lalu. Saat ini, perusahaan masih terus memperluas pengadaan jaringan agar semua pengguna dapat menikmati internetan ngebut dan stabil dirumah.

Redaksi techbiz.id memiliki kesempatan untuk me-review Telkomsel Orbit selama hampir satu bulan. Bagaimana hasilnya? Simak ulasannya dibawah ini.

Review Telkomsel Orbit: Kelengkapan Perangkat

Saya memesan perangkat Telkomsel Orbit Star 2 dengan harga Rp799 ribu. Di dalam dus, saya mendapatkan satu buah modem Huawei B312-926, buku manual, power adaptor 12V, kartu perdana Telkomsel, dan kabel ethernet.

Bicara modem, Di bagian belakang perangkat ini memiliki satu buah port antena eksternal yang dapat pengguna manfaatkan untuk menambah gain sinyal. Selain itu, di bagian bawah kita dapat menemukan port adaptor, LAN, dan tombol reset.

Beralih ke bagian depan, modem ini memiliki tampilan yang cantik dan dapat diletakan di mana pun. Terdapat juga lampu indikator seperti power, WLAN, dan sinyal.

Perangkat ini sangat mudah instalasinya, tidak seperti pemasangan kabel fiber yang membutuhkan waktu hampir seharian. Pengguna hanya tinggal memasukkan kartu ke perangkat dan mencolokkan power adaptor ke stopkontak.

Setelah itu, pengguna tinggal menyetel modem tersebut seperti mengganti nama dan memberikan password melalui aplikasi MyOrbit.

Review Telkomsel Orbit: Kecepatan Jaringan

Kecepatan jaringan yang dimiliki Telkomsel Orbit sangat stabil dan dapat diandalkan untuk segala aktivitas digital. Selain karena sinyal Telkomsel memang kuat di daerah saya, modem yang digunakan pun juga sangat andal.

Baca juga: Telkomsel Jual Kuota Ketengan Unlimited Tanpa FUP

Menurut lembar spesifikasi, modem Orbit Star (Huawei B312-926) memiliki tingkat kecepatan DI/UL Cat 4 dengan tipe modem 2×2 MIMO. Secara teori modem ini menawarkan kecepatan koneksi 150Mbps untuk download dan 50Mbps upload. Modem ini juga dapat melayani hingga 32 perangkat sekaligus. Menurut saya, ini sudah sangat cukup untuk lingkungan internet di rumah.

hasil test jaringan telkomsel orbit

Menurut hasil uji coba jaringan Telkomsel Orbit di daerah Jakarta Barat, saya mendapatkan 4.82 Mbps download dan 12.76 Mbps upload. Kecepatannya menurut saya sudah cukup untuk memenuhi aktivitas WFH dan belajar dari rumah.

Untuk streaming YouTube dan nonton film di Netflix dengan kualitas HD, tidak terdapat buffering sama sekali. Dipakai untuk bermain game PUBG Mobile pun, jaringan Telkomsel Orbit masih bisa diandalkan dengan rata-rata ping 20ms-30ms.

Kemudahan Mengatur Perangkat

Pengguna sangat dimudahkan dalam segala urusan mengatur perangkat seperti merubah nama dan password wireless, pengaturan perangkat yang terhubung, website filtering, pengaturan akses tamu, dan melihat statistik pemakaian.

review telkomsel orbit

Yang paling saya sorot dari fitur-fitur diatas adalah pengaturan akses tamu. Saya bisa membuat username dan password untuk tamu sekaligus menyetel durasi pemakaiannya.

Kesimpulan

Telkomsel Orbit menurut saya sangat worthy bagi pengguna yang ingin memiliki akses internet yang di mana lokasinya belum terjangkau layanan fiber optik. Produk internet berbasis jaringan 4G/LTE seperti ini bisa menjadi solusi.

Harga yang ditawarkan pun cukup ramah kantong, mulai dari Rp799 ribu dengan bonus kuota 50GB. Anda bisa membaca artikel ini untuk melihat harga dan cara berlangganan layanan Telkomsel Orbit.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...