Tuesday, October 27, 2020
Home News Telkom Minta Mitra Teknologi Penuhi TKDN

Telkom Minta Mitra Teknologi Penuhi TKDN

Must Read

TokoKu Irma Sediakan Fasilitas Pembayaran Pay Later

Techbiz.id - Penyedia perangkat lunak IRMA resmi meluncurkan TokoKu, aplikasi yang menyediakan layanan Pay Later untuk dapat...

Cara Dapetin Diskon Rp500 Ribu Realme 7 Pro Buat Pelajar

Techbiz.id - realme kembali menggelar program realme 7 pro untuk Pelajar agar para pelajar semakin mudah dalam...

Kelas Pintar Sediakan GURU Pendamping Belajar Siswa

Techbiz.id - Kelas Pintar kembali melengkapi line-up produk-nya dengan meluncurkan GURU, sebuah layanan tambahan yang akan menjadi...

Techbiz.id – Telkom meminta dukungan serta komitmen dari mitra teknologinya (technology owners), dalam mengimplementasikan strategi serta roadmap peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Hal ini dilakukan Telkom untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dalam menghadapi masa pandemi, salah satunya melalui program peningkatan TKDN.

- Advertisement -

Dalam pemenuhan TKDN ini, TelkomGroup dikatakan Direktur Utamanya, Ririek Adriansyah, berusaha menjembatani antara technology owners dengan local manufacturers agar program P3DN dapat terwujud tanpa mengesampingkan kualitas barang dan jasa dengan harga yang kompetitif.

Baca juga: Telkom Digitalisasi PDAM Seluruh Indonesia

“TelkomGroup berkomitmen untuk mendukung program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dari Pemerintah, demi mengurangi komponen impor dan menyerap lebih banyak tenaga kerja, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional menjadi lebih baik ke depannya” ujar Ririek dalam pertemuan antara Direksi dan Komisaris Telkom dengan technology owners yang dilaksanakan secara daring, Rabu (30/9).

Hingga saat ini, tren TKDN di TelkomGroup disampaikan Ririek terus meningkat, dari 24% di tahun 2016 menjadi 34% di akhir tahun 2019. Ditargetkan tingkat TKDN Telkom ini mencapai 43% pada tahun 2024.

tkdn telkom

Potensi peningkatan TKDN terbesar berada pada bidang broadband Fiber To The Home (FTTH) dan optical transmission khususnya pada komponen Optical Network Termination (ONT), Set Top Box (STB), juga kabel fiber optic.

Komisaris Telkom, Rizal Mallarangeng menyampaikan bahwa TelkomGroup harus berperan aktif dalam memberdayakan pengusaha dalam negeri agar mampu bersaing dengan produk impor, serta bekerja sama dengan otoritas/regulator terkait dengan memberikan masukan dalam penyusunan sertifikasi dan standardisasi bagi produk/jasa industri dalam negeri.

Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko juga menyampaikan bahwa peningkatan level TKDN tidak hanya dari sisi persentase, akan tetapi juga dari perluasan area implementasi dan didukung dengan kebijakan-kebijakan yang ada di TelkomGroup.

Sementara itu, technology owners yang turut hadir dalam diskusi ini, seperti Huawei, Nokia, ZTE, dan Fiber Home, menyatakan dukungan dan komitmennya dalam memberdayakan local partners dengan tetap memperhatikan kriteria yang mengedepankan kualitas dan harga bersaing.

Diharapkan dengan adanya kolaborasi dari berbagai pihak, TelkomGroup dapat turut serta berkontribusi dalam memajukan pemberdayaan industri lokal khususnya dan menghasilkan produk berkualitas demi memajukan perekonomian Indonesia ke depannya.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Bima Market Catat Peningkatan Selama Pandemi

Techbiz.id -Tri Indonesia mencatat peningkatan akses terhadap marketplace Bima market dimasa pandemic covid-19 ini.Setiap bulannya terjadi peningkatan...

Mengenal Spesifikasi Realme Narzo 20 Pro, Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Techbiz.id - Realme baru saja mengonfirmasi kehadiran Realme Narzo 20 Pro di Indonesia. Ponsel pintar itu diposisikan sebagai ponsel gaming Rp3 jutaan...

Taman Nasional Bali Manfaatkan Teknologi AI

Techbiz.id - Taman Nasional Bali Barat bersama Huawei melakukan penjajakan kerja sama Smart Forest Guardian (pengawasan hutan dengan kecerdasan artifisial atau AI) yang diproyeksikan dibangun...

realme Konfirmasi Kehadiran narzo 20 series

Techbiz.id - realme mengkonfirmasi kehadiran narzo 20 series di Indonesia yang akan diluncurkan pada awal November sekaligus meramaikan festival belanja online 11.11...

Grab Tawarkan 3 Solusi Baru untuk UMKM

Techbiz.id - Grab mengumumkan berbagai inisiatif dengan menawarkan 3 solusi baru untuk membantu UMKM agar bisa #TerusUsaha di tengah pandemi, secara berkesinambungan.
- Advertisement -

Artikel Terkait