Rabu, Mei 8, 2024

Huawei Bangun Jaringan Transport 5G Ready untuk Indosat

Techbiz.id – Indosat Ooredoo melanjutkan kerjasamanya dengan Hawei untuk membangun jaringan transport 5G ready yang didukung dengan teknologi segment routing IPv6 (SRv6).

Kerjasama ini menurut Indosat dalam keterangan resminya dilanjutkan untuk memastikan kebutuhan pelanggan ke depan di era digital, baik untuk segmen retail maupun bisnis.

Dengan penggelaran jaringan di area utama Jabodetabek, Surabaya dan wilayah Jawa Timur lainnya serta Bali, ini akan menjadi implementasi pertama teknologi tersebut secara komersial di Asia Pacific.

Hal ini memungkinkan tersedianya jaringan yang simplescalableagile, dan andal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan segmen retail dan bisnis.

Baca juga: Solusi CloudConnect Indosat Bantu Bisnis Lebih Efisien

Menurut Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, Medhat Elhusseiny, meningkatnya permintaan untuk konsumsi data seluler serta munculnya teknologi baru seperti cloud computing dan network slicing, mengharuskan Indosat Ooredoo terus memastikan ketersediaan layanan jaringan yang sesuai dengan permintaan pelanggan secara cepat.

“Teknologi baru ini, bersama dengan perluasan jaringan serat optik Indosat Ooredoo, akan memungkinkan cloud computing dengan konektivitas data yang lebih cepat untuk melayani komunitas digital dengan metode yang jauh lebih otomatis,” jelasnya.

Dalam mempersiapkan layanan masa depan ini, Indosat Ooredoo menurutnya telah melalui berbagai tahapan transformasi digital, di mana transformasi jaringan transport adalah elemen kunci dari perjalanan ini.

Setelah melakukan analisis mendalam terhadap jaringan yang ada dan sasaran pengembangan jaringan jangka panjang, Indosat Ooredoo memilih untuk menerapkan solusi IP SRv6 bersama Huawei Indonesia, yang menyediakan fungsi routing cerdas SRv6 yang memungkinkan jalur routing deterministik dan jaminan latency.

“Dengan kerjasama ini kami berharap dapat memberikan nilai lebih dan meningkatkan pengalaman pelanggan kami untuk layanan digital terutama untuk aplikasi yang real-time dan sensitif terhadap latency,” ucapnya.

Sementara itu, CEO Huawei Indonesia Carrier Business, Andy Ma menyatakan, Huawei Indonesia telah mendukung Indosat Ooredoo selama bertahun-tahun, dan dalam kerjasama ini akan membangun jaringan transport IP berbasis SRv6 yang cerdas dan berorientasi 5G.

Huawei disampaikan Andy telah meluncurkan solusi SLA IP pertama di industri untuk menyediakan layanan transmisi premium bagi berbagai industri vertikal di era 5G. Solusi tersebut telah digunakan secara luas di beberapa operator terkemuka di seluruh dunia.

“Huawei mengantisipasi membuat jaringan transport IP bahkan lebih cerdas melalui kerjasama berkelanjutan kami dengan Indosat Ooredoo,” pungkasnya.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...