Thursday, April 22, 2021
Home News Alibaba Cloud Beri Infrastruktur Digital Kartu Prakerja

Alibaba Cloud Beri Infrastruktur Digital Kartu Prakerja

Must Read

Susul Apple dan Samsung, Huawei P50 Akan Tiba Tanpa Pengisi Daya

Techbiz.id - Huawei agaknya menjadi vendor smartphone dengan nama besar terbaru yang dilaporkan mempertimbangkan untuk membuang pengisi daya dari...

WhatsApp Ingatkan Pengguna yang Tak Setuju Kebijakan Baru, Ini Akibatnya

Techbiz.id - Aplikasi perpesanan populer, WhatsApp kembali mengingatkan bahwa waktu yang digunakan untuk menerapkan kebijakan baru dalam menggunakan layanan...

Sambil Ngabuburit, TikTok Ajak Kreator ‘Sama-sama Berbagi’

Techbiz.id - TikTok, platform distribusi video singkat terdepan di Indonesia, menghadirkan program Ramadan bertajuk #SamaSamaBerbagi. Program ini mengajak para...

Solusi Mencuci Pintar dengan Samsung Smart EcoBubble Washer

Techbiz.id - Samsung Electronics Indonesia menghadirkan solusi mencuci pakaian yang bersih sekaligus juga hemat daya dengan meluncurkan mesin cuci Samsung...

Redmi K40 Gaming Edition Jadi Ponsel Gaming Berikutnya

Techbiz.id - Kelangkaan stock chip prosesor ternyata tidak mengurungkan niat Xiaomi untuk merilis ponsel gaming mereka yakni Redmi K40...

Techbiz.id – Alibaba Cloud terus berupaya mendukung pelatihan talenta digital di Indonesia dengan memberikan dukungan infrastruktur digital untuk Kartu Prakerja.

Sebagai informasi, satu tahun sejak diluncurkannya Kartu Prakerja, sudah ada lebih dari 7,9 juta orang di 34 provinsi yang telah menerima dana pelatihan dan insentif tunai yang digunakan untuk peningkatan kecakapan dan pelatihan digital di 1.700 bidang pekerjaan.

- Advertisement -

“Permasalahan utama di pasar tenaga kerja di Indonesia adalah adanya kesenjangan antara kecakapan yang dimiliki para pencari kerja dengan kecakapan yang dibutuhkan oleh industri,” ucap Denni Puspa Purbasari, Direktur Eksekutif Manajeman Pelaksana Kartu Prakerja.

Baca juga: Alibaba Cloud Kantongi Pendapatan Rp26 Miliar

Program Kartu Prakerja menurutnya membangun ekosistem yang sepenuhnya digital agar setiap orang bisa mendapatkan akses pelatihan untuk menambah keterampilan mereka, atau memperkuat kemampuan yang sudah mereka miliki sebelumnya.

“Dengan demikian, angkatan kerja yang berada di daerah terpencil pun dapat mendapatkan pelatihan yang sama dengan penduduk di kota b esar.Kami menggandeng platform digital yang menawarkan pelatihan dari Lembaga Pelatihan di marketplace mereka,” imbuhnya.

Sementara itu, Leon Chen, General Manager Alibaba Cloud Indonesia menyampaikan, melalui solusi cloud dan teknologi digital yang kuat, jutaan orang Indonesia dapat mengakses situs program Prakerja dengan lancar selama setahun terakhir. 

Dukungan terhadap Program Kartu Prakerja menurut Leon Chen sejalan dengan komitmen jangka panjang Alibaba Cloud kepada masyarakat Indonesia.

“Kami percaya bahwa talenta digital sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital, dan kami bertekad untuk menawarkan teknologi, keahlian, dan pengalaman terdepan kami, agar dapat terus berkontribusi pada upaya pelatihan tenaga kerja secara konsisten di Indonesia,” paparnya.

Dengan memanfaatkan teknologi cloud-native Alibaba Cloud, seperti AnalyticDB, Data Lake Analytics (DLA) dan Alibaba Cloud Container for Kubernetes, serta kemampuan autoscaling, sistem keamanan dan jaringan yang tangguh, perusahaan penyedia layanan cloud computing terdepan ini telah mendukung program kartu prakerja di Indonesia sejak tahun 2020.

Menggandeng 165 lembaga pelatihan, 5 mitra pembayaran, 7 platform digital, 4 institusi pendidikan, dan 3 portal pekerjaan, diharapkan partisipasi masyarakat terhadap program Kartu Prakerja dapat terus meningkat di tahun 2021.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Fintech Berpotensi Salurkan Pendanaan Produktif UMKM

Techbiz.id - Indonesia Fintech Society (IFSoc), Mirza Adityaswara, mengapresiasi pemerintah dan regulator yang terus mendorong peningkatan penyaluran kredit pendanaan...

Artikel Terkait