Saturday, July 24, 2021
Home News Infografik Infografik: Evolusi Jaringan Seluler dari 1G ke 5G

Infografik: Evolusi Jaringan Seluler dari 1G ke 5G

Must Read

Lebih Mudah, Twitter Hadirkan Opsi Masuk dengan Akun Google

Techbiz.id - Twitter agaknya tak ingin mempersulit pengguna dalam proses log-in (masuk) ke akun mereka masing-masing. Melalui opsi tambahan...

Layanan VoLTE XL Axiata Jangkau 224 Kota/Kabupaten

Techbiz.id - Jangkauan wilayah layanan Voice over LTE (VoLTE) milik XL Axiata hingga Juni 2021 dilaporkan sudah bisa dinikmati...

Cari Talenta Baru, Resso Ajak Musisi Independen Pahami Proses Talent Scouting

Techbiz.id - Ada banyak cara untuk sukses dan menjadi bintang di dunia musik. Kompetisi menyanyi atau band, audisi terbuka,...

Smartfren Fiber in the Air, Internet Stabil dan Hemat Biaya

Techbiz.id - Smartfren Business meluncurkan Fiber in the Air, sebuah solusi internet untuk keperluan bisnis, yang memanfaatkan akses radio...

RedmiBook 15 Perdana Xiaomi Hadir di Indonesia, Harganya Rp 6 Jutaan

Techbiz.id - Bersamaan dengan peluncuran Redmi Note 10 5G, Xiaomi juga menghadirkan RedmiBook 15. Selain hadir untuk pertama kalinya...

Techbiz.id – Teknologi seluler kini telah memasuki fase generasi ke lima atau biasa disebut dengan 5G. Di Indonesia, layanan 5G sudah resmi hadir dengan Telkomsel sebagai operator pertama yang menggelar jaringan 5G secara komersial.

Untuk mengetahui perkembangan evolusi jaringan seluler beserta manfaatnya redaksi, Techbiz Indonesia merangkumnya dalam infografik berikut:

Perkembangan Jaringan Seluler dari 1G ke 5G

1G

Jaringan generasi awal ini pertama kali dikomersilkan oleh perusahaan Jepang, Nippon Telegram and Telephone (NTT) pada tahun 1979. Mulanya, jaringan seluler ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat kota Tokyo.

Baca juga: Layanan 5G Telkomsel Sambangi Lima Kota Lagi

1G beroperasi menggunakan teknologi analog bernama Advanced Mobile Phone System (AMPS). Teknologi ini memanfaatkan modulasi Frequency Division Multiple Access (FDMA) yang dapat menghasilkan kecepatan maksimum 2,4 Kbps.


2G

Tahun 1991 jaringan 2G akhirnya hadir dan pertama kali komersil di Finlandia dengan mengandalkan teknologi Global System for Mobile Communications (GSM) yang dilengkapi dengan berbagai penyempurnaan.

Jaringan 2,5G mampu menghasilkan kecepatan data hingga 144kbps, memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan e-mail dan menjelajahi web.


3G

Teknologi 3G mulai diperkenalkan pada tahun 2001 oleh NTT DoCoMo yang memiliki kemampuan transfer data empat kali lebih besar dari teknologi sebelumnya.

Baca juga: Indosat Gunakan SRv6 Milik Cisco dalam Kembangkan 5G

Jaringan 3G memiliki kemampuan transfer data 4 kali lebih besar dengan kecepatan rata-rata mencapai 2 Mbps dan kecepatan maksimum hingga 14 Mbps.


4G

Jaringan 4G pertama kali komersil di Norwegia pada akhir tahun 2009. Jaringan 4G sendiri merupakan generasi pertama yang menggunakan teknologi Long-Term Evolution (LTE).

Secara teknis, teknologi jaringan 4G mampu menghasilkan kecepatan unduh antara 10 Mbps hingga 200 Mbps.


5G

Jaringan 5G diluncurkan secara perdana di Korea Selatan pada Maret 2019. Jaringan seluler generasi kelima ini kemudian diboyong oleh provider lokal, seperti KT, LG Uplus, dan SK Telecom.

Jaringan ini diklaim mampu menyediakan kecepatan data hingga 20 kali lebih cepat dibanding 4G atau 205 persen lebih cepat dari 4G. Kecepatan unduhnya hingga 1Gbps.

Artikel menarik lainnya tentang rekomendasi smartphone 5G:

17 Smartphone 5G Terbaru 2021 di Indonesia

Rekomendasi HP 5G Seharga Rp 3 Jutaan di Indonesia

Rekomendasi 5 Ponsel Oppo untuk Menikmati 5G Indosat

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Pengguna Vivo Sudah Bisa Nikmati 5G, Begini Caranya

Techbiz.id - Pengguna smartphone Vivo yang telah mendukung jaringan 5G, yaitu vivo V21 5G, vivo X60, dan vivo X60...