Sabtu, April 27, 2024

Messenger Kini Punya Fitur Enkripsi End-to-End

Techbiz.id – Facebook akhirnya secara resmi menggulirkan fitur Enkripsi End-to-End di aplikasi Messenger.

Fitur keamanan seperti yang ada di Whatsapp ini sekarang tersedia untuk panggilan suara maupun video call Messenger.

“Kami meluncurkan opsi untuk membuat panggilan suara dan video call yang terenkripsi end-to-end di Messenger,” ujar Ruth Kricheli selaku Director of Product Management Facebook Messenger, dikutip dari blog resminya, Minggu (15/8).

Kricheli menjelaskan, banyaknya pengguna yang memakai fitur panggilan audio maupun video menjadi alasan utama bagi Facebook untuk menggulirkan enkripsi keamanan baru.

Sepanjang 2020, Facebook Messenger mencatat lebih dari 150 juta kali dalam sehari digunakan untuk panggilan audio maupun video.

“Sekarang kami memperkenalkan panggilan ke mode obrolan ini sehingga Anda dapat mengamankan panggilan audio dan video dengan teknologi ini, jika diperlukan,” tuturnya.

Namun, untuk bisa mendapatkan enkripsi ini pengguna harus mengaktifkan terlebih dahulu, tidak seperti Whatsapp yang secara default sudah terpasang bagi pengguna.

Baca juga: Salip Facebook, TikTok Paling Banyak Diunduh Sedunia

Di Messenger, Enkripsi End-to-End sendiri sebenarnya telah hadir dalam obrolan berupa teks sejak 2016 lalu. Proteksi keamanan ini berfungsi untuk melindungi percakapan pengguna dari pihak ketiga.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...