Minggu, Oktober 17, 2021
Beranda Fintech PermataBank Sediakan Rp100 Miliar untuk Pembiayaan SPBU mini

PermataBank Sediakan Rp100 Miliar untuk Pembiayaan SPBU mini

Must Read

Telkomsel Jadi Operator 5G Pertama di Papua

Techbiz.id - Telkomsel menjadi operator pertama yang menggelar jaringan 5G di Bumi Cendrawasih untuk menghadirkan pengalamam digital teknologi terbaru...

Samsung Chromebook 4 Cocok untuk PJJ dan Tatap Muka

Techbiz.id - Untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh dan tatap muka yang akan berjalan bergantian Samsung Indonesia menghadirkan Chromebook...

Mengarahkan Industri Ponsel melalui Next Normal

Techbiz.id - Sejak saya mengambil alih kendali di Samsung Mobile enam bulan lalu, begitu banyak hal yang berubah. Apa...

Makelar Perizinan Jangan Diberi Ruang dalam RPP Postelsiar

Techbiz.id - Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Sektor Postel dan Penyiaran (Postelsiar) diharapkan tidak memberi ruang bagi "Makelar" perizinan. Hal ini...

Menkominfo Pastikan Indonesia Jadi Negara Digital Tahun 2035

Techbiz.id - Menkominfo, Johnny G Plate, memaparkan Indonesia siap menjadi negara digital pada tahun 2035  dengan melakukan pembangunan  infrastruktur...

Vivo X50 Series Sudah Bisa Dipesan Hari Ini

Techbiz.id - Dalam waktu dekat, Vivo memastikan X50 Series segera hadir di Indonesia. Kini, Kalian sudah bisa memesan perangkat...

Techbiz.id – PermataBank memberikan pembiayaan modal usaha terhadap pembukaan gerai franchise Indostation yang mencakup Bahan Bakar Minyak (BBM) dan suku cadang motor dengan solusi transaksi terintegrasi.

Pembiayaan ini merupakan hasil kerjasama PermataBank dengan PT Indomobil Prima Energi (Mobil Indostation Mikrosite) di bawah naungan Indomobil Grup untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kerja sama sebesar Rp100 Miliar ini merupakan salah satu upaya PermataBank dalam memberikan kemudahan dan solusi terintegrasi bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk mendapatkan pembiayaan franchise di berbagai daerah di Indonesia. Kerja sama ini merupakan kolaborasi tahap awal dari kedua belah pihak yang menjadi pembuka jalan bagi kelanjutan program berikutnya.

Djumariah Tenteram, Direktur Retail Banking PermataBank mengtakan, kerja sama strategis yang dilakukan PermataBank dan Mobil Indostation Mikrosite merupakan wujud nyata dalam mendukung tidak hanya pemberdayaan UMKM di Indonesia tetapi juga upaya Pemerintah dalam pemerataan energi nasional.

Melalui kemudahan pembiayaan yang ditawarkan oleh PermataBank, diharapkan dapat meningkatkan minat pelaku usaha untuk berkontribusi dalam pemerataan distribusi BBM ke daerah yang belum terjangkau oleh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Konvensional,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan Djumariah, hal ini tentu saja dapat memberikan keuntungan dari segi bisnis serta dapat mewujudkan program Pemerataan Energi Nasional lebih cepat.

Dalam mewujudkan Program Pemerataan Energi Nasional, Pemerintah terus memperluas akses penyediaan energi seluruh wilayah Indonesia, salah satunya dengan menyediakan lembaga penyalur BBM atau SPBU.

Berdasarkan data Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) hingga bulan Juni 2020, baru terbangun 7.251 lembaga penyalur dan 192 terminal BBM di Indonesia. Jumlah tersebut masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, karena dengan jumlah penyalur tersebut penyebaran atau distribusi BBM baru bisa mencapai rasio 265,15 Km2/ penyalur.

“Oleh karena itu dengan adanya kerja sama antara PermataBank dan Indostation ini, melalui program PermataSME akan menstimulasi UMKM kategori SPBU berskala kecil dan tidak hanya terkonsentrasi di kota besar saja.” ujar Djumariah.

Willianto Husada, Direktur PT Indomobil Prima Energi (Mobil Indostation Mikrosite) berharap sinergi yang dilakukan Indostation dan PermataBank dapat diterima dengan positif di masyarakat, khususnya bagi pelaku usaha di daerah yang belum terjangkau oleh SPBU Konvensional.

Didukung dengan pembiayaan yang mudah dan terintegrasi dari PermataBank serta beragam fasilitas seperti konstruksi, instalasi listrik, dan perizinan yang disediakan oleh Mobil Indostation Mikrosite diharapkan dapat meningkatkan antusiasme masyarakat untuk memiliki investasi station SPBU mini dengan harga terjangkau, kualitas yang lebih terukur, dan terpercaya.

“Lebih luas lagi, station SPBU mini meningkatkan pemberdayaan masyarakat lokal melalui penggunaan teknologi pada aktivitas sehari-hari yang memberikan nilai tambah tersendiri bagi Mobil Indostation Mikrosite,” ucapnya

PT Indomobil Prima Energi mulai menggarap SPBU Mobil Indostation sejak akhir 2018. SPBU Indostation ini menyasar daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh SPBU komersil. Saat ini SPBU Mobil Indostation sudah tersebar sebanyak lebih dari 1.200 titik di sekitar wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, Banten dan Jawa Tengah.

SPBU Indostation memiliki satu tangki penyimpanan berkapasitas 3.500 liter BBM. Dalam satu hari, setiap SPBU Mobil Indostation bisa menjual lebih dari 100 liter BBM. Jenis BBM yang dijual adalah Ron 92 dengan merk Mobil 92R.

“Pelaku usaha yang mendapatkan Pembiayaan Modal Usaha franchise Mobil Indostation Mikrosite nantinya berhak mendapatkan beberapa keuntungan antara lain tenor hingga 4 tahun, grace period maksimal 6 bulan, limit sampai dengan Rp250 Juta, dan pembayaran kewajiban kepada Bank dari pembagian hasil dan kapasitas nasabah. Sedangkan khusus untuk pengajuan pembiayaan dalam bulan ini kami juga memberikan keringanan berupa free biaya provisi dan biaya admin.” pungkas Suwardi.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

Microsoft Tutup Layanan LinkedIn di China, Ini Sebabnya

Techbiz.id - Microsoft mengumumkan akan menutup layanan LinkedIn di China. Hal ini dikarenakan pemerintah China terus memperketat regulasi internet. Keputusan...