Minggu, Oktober 17, 2021
Beranda DigiBiz Huawei Kenalkan Tujuh Inovasi Infrastruktur Digital

Huawei Kenalkan Tujuh Inovasi Infrastruktur Digital

Must Read

Cara Mudah Cek Bantuan Kuota Internet Kemendikbud 2021 Bagi Semua Operator

Techbiz.id - Bantuan kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk tahap 1 tahun 2021 mulai dibagikan tertanggal...

Poco X3 NFC Bakal Ditantang narzo 20 Pro

Techbiz.id - Smartphone paling anyar dari Xiaomi, Poco X3 NFC bakal mendapat lawan seriusnya. realme narzo 20 Pro bakal...

Fitbit Charge 5 Meluncur dengan Desain Baru

Techbiz.id - Fitbit Charge 5 baru saja diperkenalkan. Penerus dari Fitbit Charge generasi keempat ini tampil dengan membawa sejumlah...

Qlue Siap Terapkan Smart City di Kabupaten Karo

Techbiz.id - Qlue bersama pemerintahan Kabupaten Karo siap menghadirkan ragam solusi kota pintar (smart city) bagi masyarakat di Kabupaten...

Netflix Mulai Uji Fitur Gaming untuk Pengguna Android

Techbiz.id - Layanan video on-demand, Netflix akhirnya mulai menguji coba fitur gaming dalam aplikasi mereka. Fitur ini dilaporkan telah...

OPPO Sponsori AFF Suzuki Cup 2020

Techbiz.id - OPPO meniadi Official Smartphone AFF Suzuki Cup 2020 yang merupakan turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia...

Techbiz.id – Huawei kembali menghadirkan tujuh terobosan baru berupa inovasi-inovasi di beberapa domain berbeda pada jajaran infrastruktur digital yang komprehensif. Beberapa dari inovasi tersebut benar-benar baru dan belum pernah diperlihatkan sebelumnya di luar laboratorium Huawei.

Perilisan ini menyoroti bagaimana produk dan solusi tersebut dirancang untuk membentuk infrastruktur digital dekade berikutnya. Ini selaras dengan posisi Huawei sebagai salah satu penyedia infrastruktur digital terkemuka dunia yang didedikasikan untuk membangun dunia yang sepenuhnya terhubung dan cerdas.

Menurut Huawei Executive Director and President of ICT Products & Solutions David Wang, infrastruktur berperan sangat penting pada setiap tahap pembangunan sumber daya manusia. Huawei yang selalu berorientasi pada kebutuhan pelanggan terus memegang teguh komitmennya dalam berinovasi.

“Kami melakukan berbagai terobosan baru untuk melayani skenario aplikasi utama seperti kantor digital, manufaktur pintar, wide area network (WAN) dan pusat data, serta mempercepat pengembangan infrastruktur digital global,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wang menjelaskan bahwa infrastruktur digital masa depan harus sangat aman, andal dan deterministik, serta membutuhkan sirkulasi data dan daya komputasi yang lebih efisien saat masuk ke dunia digital.

Berikut ini tujuh inovasi infrastruktur digital spesifik yang telah atau akan diluncurkan oleh Huawei ke pasar.

7 Infrastruktur Digital Huawei

Office Twins

Produk “Office Twins” terbaru dari Huawei terdiri dari AirEngine 6761 dan IdeaHub. AirEngine 6761 adalah produk Wi-Fi 6E beperforma tertinggi di industri yang menghadirkan jaringan serba nirkabel yang fokus dalam menghadirkan pengalaman terbaik untuk bisnis, dengan akses yang instan dan aman bagi pengguna, latensi saat berinteraksi sangat rendah hingga 10 milidetik.

Produk ini mampu melakukan transfer file ultra cepat dengan kecepatan 1.000 Mbps. Sebagai bagian dari smart office generasi berikutnya, desain IdeaHub 6-in-1 memungkinkan untuk digunakan sebagai proyektor, papan tulis, komputer, conference endpoint, speaker, dan mikrofon, sehingga mendukung dilakukannya kolaborasi dengan lancar dari manapun lokasinya.

Huawei OptiXsense

Huawei OptiXsense EF3000 merupakan produk pertama Huawei di jajaran keluarga OpiXsense, dan saat ini merupakan sensor optik paling akurat di industri.

Hadir dengan teknologi optik terkemuka Huawei, OptiXsense menggunakan prosesor sinyal digital optik (oDSP) yang unik dan mesin analisis riak vibrasi mutakhir yang secara otomatis mampu mengidentifikasi munculnya insiden.

Akurasi OptiXsense mencapai 97% dibandingkan dengan akurasi dari sebagian besar produk yang ada di pasaran saat ini dengan tingkat akurasi di kisaran 60%–80%.

Produk ini dirancang untuk mempersingkat proses inspeksi pipa minyak dan gas yang pada akhirnya akan memungkinkan inspeksi jaringan perpipaan yang cerdas dan nirawak. Ke depan, produk OptiXsense juga akan mendukung kapasitas-kapasitas mutakhir lainnya, seperti pemantauan suhu, tekanan, dan kualitas air.

Solusi jaringan IP deterministik

Sistem kontrol yang digunakan di ranah industri saat ini menuntut tingkat latensi jaringan dan jitter yang begitu rendah. Jaringan IP konvensional belum dapat memenuhi kebutuhan akan standar tersebut, namun hari ini Huawei meluncurkan solusi jaringan IP deterministik pertama di industri yang memberikan jaminan kinerja jaringan end-to-end yang mampu mendukung kebutuhan akan sistem kontrol berkelas industri.

Solusi ini menggunakan sakelar CloudEngine S6730-H-V2 dan router NetEngine 8000 M8. Inovasi Huawei di bidang rekayasa dan algoritma sistem IP mendukung dihadirkannya tingkat latensi single-hop tingkat mikrodetik dan menjaga jitter dalam 30 mikrodetik dari ujung ke ujung, berapa pun jumlah lompatannya.

Solusi ini mendukung dihadirkannya sebuah jaringan multi-hop hingga untuk puluhan ribu node, sehingga menghasilkan kinerja jaringan IP deterministik untuk bengkel, pabrik, atau bahkan di sejumlah pabrik sekaligus. Solusi ini juga mendukung dibangunnya sistem kontrol jarak jauh secara terpusat pada rantai produksi yang letaknya bahkan hingga ribuan kilometer.

H-OTN

H-OTN, perangkat optik terkonvergensi pertama di industri yang mendukung teknologi jaringan perpipaan keras, memperkenalkan arsitektur OTN Point-to-Multipoint (P2MP) inovatif untuk jaringan akses. Untuk pertama kalinya, Huawei memungkinkan jaringan pipa keras end-to-end beralih dari jaringan akses ke WAN dengan menggunakan arsitektur produk yang kini telah dirancang kembali dan dilengkapi dengan protokol yang terkonvergensi.

Ini tidak hanya menghadirkan keamanan secara menyeluruh, tetapi juga mengurangi latensi hingga setidaknya 60%. Huawei H-OTN menghadirkan sebuah jaringan komunikasi yang andal, dengan latensi sangat rendah, dan O&M yang telah disederhanakan, sehingga mampu mendukung transformasi digital di seluruh sektor industri, di antaranya energi listrik dan transportasi.

Solusi jaringan IP

Solusi jaringan IP terbaru Huawei menghadirkan kinerja terdepan di industri dalam membangun jaringan yang luas dan terpadu untuk mendukung komputasi hingga lintas wilayah. Solusi ini memadukan seluruh kapabilitas yang dihadirkan oleh switch pusat data CloudEngine 16800 Huawei dan router WAN NetEngine 8000 F8.

Didukung dengan algoritma cerdas & lossless 2.0 dan algoritma grafik cloud cerdas, solusi Huawei ini mampu mendukung pembangunan jaringan pusat data ultra-besar yang menghubungkan hingga 270.000 server, tiga kali lebih besar dari rata-rata industri.

Solusi ini mendukung tidak adanya packet loss yang terjadi pada Ethernet dan mampu memangkas latensi sebesar 25%. Solusi ini juga dilengkapi intelligent routing berdasarkan jenis layanan cloud dan faktor sumber daya jaringan cloud. Tingkat efisiensi transmisi meningkat sebesar 30%.

OceanStor Pacific

OceanStor Pacific, storage terdistribusi untuk HPDA pertama di industri, kini menghadirkan sebuah terobosan besar di kancah arsitektur teknis dengan ditambahkannya beragam kapabilitas, seperti arus data yang makin adaptif, I/O besar dan kecil, pengindeksan terkonvergensi untuk data tidak terstruktur, perangkat keras ultra-kepadatan tinggi, hingga algoritma EC. Dengan solusi ini, satu unit penyimpanan dapat mendukung dilakukannya analitik data 30% lebih efisien untuk workload hibrid yang terdapat pada komputasi berkinerja tinggi (HPC), big data analytics, hingga komputasi AI.

Solusi ini mampu menghadirkan terobosan-terobosan baru di ranah kinerja, protokol, hingga sejumlah hambatan lain yang ada pada HPDA. OceanStor Pacific sendiri telah digunakan di ladang minyak, dan dirancang sedemikian rupa untuk mempercepat transformasi digital di industri eksplorasi minyak dan gas, sekaligus membuat digitalisasi pada cekungan dan ladang minyak.

Huawei CC Solution

Solusi CC Huawei membantu pelanggan meluncurkan platform publik melalui komputasi yang berperforma tinggi nan beragam. Solusi CC Huawei ini dirancang dengan mempertimbangkan tiga skenario: pusat komputasi AI, pusat komputasi berkinerja tinggi, dan pusat big data terintegrasi.

Solusi ini memiliki empat keunggulan dibandingkan solusi tradisional yang ada, yakni mampu menghadirkan sebuah komputasi terdiversifikasi, peluncuran lebih cepat, efisien dalam penggunaan, dan mampu menyuguhkan layanan sesuai permintaan. Solusi ini sudah digunakan di banyak proyek, menjadi sumber daya bagi klaster industri dengan menghadirkan klaster komputasi serta mendukung transformasi digital bagi beragam industri secara luas.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

Bersama ROG, IKEA Hadirkan Furnitur Gaming di Indonesia

Techbiz.id - Berkolaborasi dengan Republic of Gamer (ROG), IKEA meluncurkan furnitur gaming di Indonesia. Serangkaian furnitur ini meliputi kursi,...