Kamis, Desember 9, 2021
BerandaTips5 Cara Cepat dan Mudah Bersihkan Memori HP

5 Cara Cepat dan Mudah Bersihkan Memori HP

Must Read

Techbiz.id – Punya masalah dengan memori HP yang cepat penuh? maka kamu perlu menyimak cara berikut untuk bersihkan memori HP.

Tentunya memiliki HP dengan memori internal besar memang cukup membantu. Namun, pada akhirnya juga akan tetap penuh jika tidak terbiasa membersihkan memori HP.

Apalagi, aktivitas kehidupan kini kian lekat dengan gadget mulai dari belajar secara daring hingga bekerja sekalipun. Sehingga, hampir tidak tak bisa lepas dari HP.

Di sisi lain, memori HP yang penuh akan sangat mengganggu. Salah satunya adalah HP terasa lebih lemot, terutama saat membuka aplikasi, dimana memakan waktu yang lama.

Guna menghindari dampak buruk tersebut, mari kita simak cara mudah dan cepat untuk bersihkan memori HP berikut ini

Cara bersihkan memori HP

  1. Hapus cache

Sebagai awalan, menghapus cache merupakan langkah pertama yang harus dilakukan.

Apalagi, aplikasi seperti WhatsApp misalnya, sering kali memiliki sampah cache yang cukup besar. Akibatnya, sering menggangu penyimpanan HP.

Untuk itu sangat penting menghapus cache. Bisa dilakukan secara satu persatu melalui pengaturan di aplikasi atau dengan menggunakan pembersihan bawaan dari HP kamu.

  1. Hapus file asing

Langkah berikutnya adalah menghapus file asing atau yang sudah tidak terpakai. Meski sederhana, langkah ini tak kalah penting.

Sebab, file yang sudah tidak terpakai atau memang file asing sebaiknya dihapus agar tidak menumpuk di HP.

Namun sebelum itu, pastikan dulu file tersebut memang benar-benar sudah tidak terpakai atau tidak berguna lagi.

Baca juga: Agar Baterai HP Tetap Awet Seharian, Lakukan Cara Ini!

  1. Lebih baik streaming

Aktivitas streaming memang lebih disarankan ketimbang mengunduh. Salah satu contohnya adalah daripada mengunduh film lebih baik menontonnya secara streaming.

Dengan begitu, memori HP kamu akan lebih aman tanpa perlu menyimpan file berukuran besar seperti itu.

  1. Pindahkan ke media lain

Salah atau alternatif agar HP kamu tidak cepat penuh adalah dengan memindahkan seluruh file atau dokumen yang tersimpan ke media lain.

Bisa berupa USB atau PC sekalipun. Selain lebih aman, memori HP juga akan terasa jauh lebih luas, memberikan pengalaman berselancar yang lebih baik lagi.

  1. Hapus aplikasi yang jarang terpakai

Daripada menganggur, lebih baik menghapus aplikasi yang tidak berguna. Dengan demikian, memori Internal kamu akan lebih aman.

Di sisi lain, HP juga akan lebih aman, nyaman dan lancar ketika digunakan.

Itulah tadi cara bersihkan memori HP kamu yang bisa dicoba. Pantau terus tips lainnya disini!

Terkait

Artikel Terkait

Daftar Paket Internet Indosat Terbaru, Masih Murah!

Techbiz.id - Seperti biasanya, Redaksi Techbiz kembali membagikan daftar paket internet Indosat terbaru. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, harga paket...