Rabu, Desember 8, 2021
BerandaNewsAPICD Beranjak Online, Libatkan Banyak Dokter dan Tenaga Kesehatan

APICD Beranjak Online, Libatkan Banyak Dokter dan Tenaga Kesehatan

Must Read

Techbiz.id – Bekerjasama dengan platform Alomedika dan Pengelolaan Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Banten menggelar Press Conference The 20th Annual Progress in Cardiovascular Disease (APICD) 2021.

APiCD 2021 merupakan rangkaian kegiatan ilmiah tahunan yang diselenggarakan oleh PERKI Banten diselenggarakan pada tanggal 6-7 dan 13-14 November 2021.

Menurut Eko Saputra, Ketua APiCD 2021, secara konsisten APICD telah dilaksanakan setiap tahun hingga tahun ini memasuki edisi yang ke 20. Tahun ini APICD dilaksanakan secara online bekerja sama dengan platform Alomedika.

“Dengan dilaksanakan secara online, hal ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri karena dokter dan tenaga kesehatan lainnya dari seluruh Indonesia bisa ikut berpartisipasi dalam seminar ini,” ucap Eko.

Rangkaian acara APICD ini meliputi Press Conference, Peluncuran Website banten.perki.id dan Peluncuran buku serial Gagal Jantung bagi tenaga kesehatan dan buku Mitos Fakta seputar penyakit Jantung bagi masyarakat awam, Simposium, Workshop, Lomba Poster, serta Lomba Video Edukasi Kesehatan Jantung.

Baca juga: PANDI Apresiasi Anak Muda dalam Wirakarya Local Heroes Festival 2021

Lebih lanjut disampaikan Eko, ada yang berbeda dari APICD tahun ini dimana kegiatan ini kini tidak hanya ditujukan bagi tenaga kesehatan, dokter dan perawat namun juga ditujukan kepada masyarakat awam.

Salah satu fokus dalam konferensi kali ini disampaikan Eko adalah penanganan hoax dan mitos seputar penyakit jantung yang banyak beredar di masyarakat. Hoax dan mitos yang berkembang pesat di masyarakat inni membuat orang semakin takut mendengar penyakit jantung.

Seperti diketahui, penyakit jantung saat ini masih menjadi penyebab tertinggi angka kematian di dunia bahkan di Indonesia. Hal ini menyebabkan penyakit jantung menjadi momok di masyarakat sehingga saat mendengar penyakit jantung maka bayangan pertama yang terlintas adalah kematian.

APICD berusaha untuk menyediakan sarana bagi para ahli jantung untuk menangkal atau mengklarifikasi informasi hoax atau mitos tersebut. 70 dokter dokter spesialis Jantung yang tergabung dalam organisasi PERKI BANTEN menulis dan menyusun sebuah buku yang berjudul 70 Mitos atau Fakta seputar Penyakit Jantung yang ditujukan bagi masyarakat awam.

Ada 70 materi yang dikupas secara tuntas di antaranya “apakah durian dapat menaikkan tekanan darah, ketumbar dapat menurunkan kolesterol, minum obat jantung menyebabkan kerusakan ginjal dan lain sebagainya. Dengan adanya buku ini diharapkan mampu mencerdaskan masyarakat Indonesia untuk menangkal hoax dan mitos tersebut.

Terkait

Artikel Terkait

OPPO Pamerkan Smartphone dengan Retractable Camera

Techbiz.id - OPPO akan menggelar acara Inno Day 2021 pada tanggal 14 Desember mendatang. Jelang acara digelar, OPPO sudah...