Kamis, Desember 8, 2022

Gandeng Snap, Indosat Ooredoo Gelar IDCamp Developer Challenge Ketiga

Techbiz.id – Indosat Ooredoo bersama Snapchat mengajak developer Indonesia untuk membuat lensa AR dengan Lens Studio, aplikasi desktop gratis dari Snap di ajang IDCamp Developer Challenge yang ketiga.

Dalam ajang yang bertajuk AR Creator Holiday Series para peserta diwajibkan mengumpulkan karya lensa mulai 1 November dan akan berakhir pada 8 Desember. Pemenang akan diumumkan pada 17 Desember 2021.

Menyusul keberhasilan dua tantangan pertama yaitu Lensathon Ramadan dan Hari Kemerdekaan, tantangan terakhir untuk tahun ini memiliki tema kemeriahan yaitu Holiday Series. Karya lensa akan dinilai berdasarkan kriteria yang serupa dengan dua tantangan sebelumnya: seperti kompleksitas, kreativitas, fungsionalitas, dan keterlibatan.

Menurut Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo, Arief Musta’in, antusiasme yang ditunjukkan oleh peserta menunjukkan bahwa Indonesia berada di jalur yang tepat untuk menjadi negara yang semakin digital. Developer dan programmer muda Indonesia menjadi semakin terlibat dan terampil dalam memanfaatkan kekuatan teknologi AR.

“Kami menantikan kreasi lensa yang lebih kreatif untuk IDCamp Developer Challenge AR Creator ketiga dan terakhir kami tahun ini. Kami menyakini dengan inisiatif ini, akan membawa para talenta digital Indonesia untuk semakin siap menjadi creative player di dunia metaverse mendatang,” kata Arief.

Baca juga: IDCamp 2021 Bagikan Puluhan Ribu Beasiswa Belajar Coding Online

Sementara itu menurut Director of Market Development SEA Snap, Anubhav Nayyar, Developer Challenge yang sedang berlangsung adalah investasi Snapchat dalam menumbuhkan komunitasnya di Indonesia melalui tema perayaan lokal yang relevan, pelibatan komunitas, dan kemitraan yang bermakna, seperti dengan Indosat Ooredoo ini.

“Kami sangat senang dengan antusiasme dan keterlibatan yang ditunjukkan oleh komunitas di Indonesia untuk dua developer challenge sebelumnya. Kami sangat antusias untuk melihat kreasi lensa di challenge terakhir kami, Holiday Series,” ucapnya.

Seri IDCamp Developer Challenge pertama, yang dimulai pada bulan April, berfokus pada festival Ramadhan dan berlangsung selama empat minggu. Lebih dari 2.000 karya lensa dikirimkan, dan 100 pemenang dianugerahi hadiah 2.500 poin.

Desain lensa pemenang termasuk ekspresi menggunakan pola dan simbol Indonesia, komedi seputar adat istiadat setempat, dan perayaan momen spesial Ramadan. Tangkap THR dan Makan Ketupat adalah dua kreasi lensa pemenang hasil karya Rizky Adi, mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta, 21 tahun, yang menjadi Creator pertama di Indonesia dalam Snap Lens Network.

Pada bulan Agustus, Indosat Ooredoo dan Snap mengadakan tantangan kedua untuk seri IDCamp Developer Challenge, Lensathon Hari Kemerdekaan. Sesuai dengan tema nasional “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, Lensathon ini menjadi ajang bagi peserta untuk mengungkapkan harapan dan visinya untuk Indonesia yang tangguh dan berkembang di tengah pandemi.

Lebih dari 400 karya lensa dikirimkan dan dinilai berdasarkan kriteria seperti kompleksitas, kreativitas, dan fungsionalitas. Desain lensa tiga pemenang teratas adalah: Tarik Wajah HUT RI oleh Mario Alfredo Bawu; Panjat Pinang oleh Faraaz Ahmad dan Merdeka Adventure 2 oleh Ziqi Maulana.

Indosat Ooredoo dan IDCamp Developer Challenge ketiga dari Snap, yaitu Holiday Series, akan menutup tahun 2021 dengan perayaan kreativitas dan inovasi yang meriah.

Akan ada banyak hadiah untuk challenge ini. Kreator dari tiga karya lensa pemenang teratas akan menerima masing-masing iPhone XR baru. Selain itu, 50 pemenang AR Lens teratas akan menerima 2.500 poin untuk mengakses materi pelajaran tambahan atau menukarnya dengan hadiah.

Indosat Ooredoo secara konsisten mendorong inovasi digital untuk kemajuan industri telekomunikasi Indonesia. Melalui kolaborasi strategis dengan Snap, Indosat Ooredoo menghadirkan pengalaman terbaik untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup digital pelanggan dan memaksimalkan peluang model bisnis baru di masa depan.

Terkait

Artikel Terkait

Saham GoTo Anjlok Terus, Telkom Tidak Fokus Capital Gain

Techbiz.id - Menanggapi terus menurinnya harga saham GoTo, Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah ikut menanggapi mengenai nasib investasi Telkomsel...