Kamis, Desember 9, 2021
BerandaNewsRSUI Gunakan Teknologi AI untuk Manajemen Supply Chain

RSUI Gunakan Teknologi AI untuk Manajemen Supply Chain

Must Read

Techbiz.id – Rumah Sakit UI (RSUI) bekerjasama dengan perusahaan teknologi artificial intelligence (AI) Arogya.ai dalam pemanfaatan teknologi AI untuk mendukung supply chain dan administrasi rumah sakit.

Direktur Utama RSUI Astuti Gianti mengatakan bahwa penggunaan teknologi sangat penting untuk mendukung rumah sakit dalam meningkatkan layanan kesehatan.

Dukungan teknologi ini diharapkan Astuti tidak hanya untuk masa pandemi saja, tetapi berlanjut hingga memasuki masa post pandemic. “Peran teknologi justru semakin dibutuhkan. Untuk itu kami sangat mengapresiasi hadirnya inovasi pemanfaatan teknologi AI di RSUI,” ujarnya.

Lebih lanjut Astuti juga memaparkan, teknologi tersebut menghadirkan sistem yang terintegrasi dan lebih efisien, mulai dari supply chain hingga administrasi. Sehingga diharapkan teknologi ini dapat menekan biaya operasional rumah sakit.

“Hal ini juga menjadi langkah kesiapan RSUI untuk menjadi rumah sakit yang menerpkan digitlisasi di Indonesia guna mendukung universal health coverage (UHC). RSUI berharap kolaborasi ini berjalan efektif dalam meningkatkan layann kesehatan yang terintegrasi dengan teknologi,” imbuhnya.

Menurut Founder & CEO Arogya.ai, Victor Fungkong, supply chain sangat vital dalam sistem pelayanan rumah sakit. Berdasarkan penelitian Cardinal Helath Survey, 65 persen responden pernah mengalami penundaan prosedur operasi akibat ketiadaan obat atau alat medis yang dibutuhkan.

“Hal ini terjadi akibat sistem yang kurang optimal. Tidak hanya supply chain, arus kas RS juga dipengaruhi oleh perputaran stok obat dan peralatan medis. Semakin cepat perputaran stok, semakin lancar arus kas rumah sakit,” jelasnya.

Seringkali purchasing rumah sakit melakukan forecast kebutuhan obat-obatan dan peralatan medis berdasarkan analisis statis bukan berdasarkan analisis dinamik. Akubatnya forecast tersebut menjadi kurang akurat yang berujung pada overstock dan understock.

Adanya managemen berbasis AI dapat kembantu pihak managemen untuk dapat membuay keputusan pemesanan dan pembelian stok obat dan peralatan medis dengan akurat.

“Arogya hadir memberikan solusi untuk membantu optimalisasi managemen sipply chain layanan kesehatan di Indonesia,” pungkasnya.

Terkait

Artikel Terkait

Daftar Paket Internet Indosat Terbaru, Masih Murah!

Techbiz.id - Seperti biasanya, Redaksi Techbiz kembali membagikan daftar paket internet Indosat terbaru. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, harga paket...