Minggu, Januari 29, 2023

Transaksi GoFood Tumbuh Dua Kali Lipat di Atas Industri

Techbiz.id – Nilai transaksi GoFood di Indonesia dilaporkan meningkat di atas rata-rata industri pesan-antar makanan Asia Tenggara berkat pertumbuhan jumlah pelanggan setia dan meningkatnya rata-rata nilai transaksi per pelanggan di semester II – 2022.

Dibandingkan tahun 2021, nilai transaksi GoFood Indonesia dan Vietnam berhasil tumbuh lebih dari dua kali lipat lebih tinggi dari rata-rata industri pesan-antar makanan di Asia Tenggara di tahun 2022.

Kinerja positif GoFood selama tahun 2022 disebutkan disokong oleh peningkatan proporsi pelanggan setia di Indonesia dari 38% menjadi 52% dari total jumlah pelanggan GoFood. Tren positif bisnis GoFood di Indonesia diikuti bisnis GoFood di Vietnam, yang mana nilai transaksi meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding tahun 2021.

Director/Head of Food and Indonesia Sales & Ops PT GoTo Gojek Tokopedia, Tbk Catherine Hindra Sutjahyo mengungkapkan setiap inovasi di GoFood berfokus untuk mengembangkan solusi produk agar pelanggan semakin setia.

“Pelanggan memiliki keinginan dan perilaku konsumsi makanan yang berbeda-beda. Dengan berbekal pengalaman kami selama delapan tahun menjadi ahli di pasar OFD, kami menganalisis dan memanfaatkan data untuk memetakan kebutuhan setiap pelanggan (personalisasi) agar dapat menghadirkan pilihan yang tepat supaya konsumen semakin loyal terhadap layanan kami,” ucapnya.

Sepanjang tahun 2022, GoFood sukses menjalankan beragam inisiatif yang menghadirkan solusi atas kebutuhan pelanggan serta mendukung pertumbuhan bisnis. Mode Hemat, misalnya, hadir untuk memberikan opsi biaya ongkir yang lebih terjangkau untuk menjaga daya beli pelanggan.

Selain itu, GoFood juga meluncurkan menu dengan porsi lebih kecil dengan harga lebih terjangkau. Lebih lanjut, paket berlangganan GoFood PLUS juga semakin memperoleh animo positif dari masyarakat yang mana jumlah paket langganan naik hampir 60% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sejalan dengan apa yang dihadirkan untuk pelanggan, GoFood juga menjaga keberlangsungan ekosistem agar para mitra usaha kuliner dapat terus mengembangkan bisnisnya, termasuk melalui Dapur Bersama yang merupakan layanan cloud kitchen untuk mendorong ekspansi mitra usaha dan mendekatkan pelanggan dengan kuliner favorit mereka.

Di 2022, di tengah maraknya layanan cloud kitchen yang gulung tikar di industri OFD, jumlah Dapur Bersama GoFood justru meningkat 170% dibandingkan tahun 2021, yakni menjadi 73 lokasi Dapur Bersama yang tersebar di 12 kota besar di Indonesia. Sementara, jumlah mitra usaha kuliner GoFood di Indonesia pada 2022 meningkat sebanyak 45% dibanding 2021.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi Temani Anak Beraktivitas

Techbiz.id - Samsung Indonesia melengkapi lini tabletnya dengan memperkenalkan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi. Varian baru ini hadir dengan...