Kamis, April 18, 2024

Duet Telkomsel dan ZTE Kembangkan Solusi 5G untuk Korporasi

Techbiz.id – Menyasar segmen Enterprise (korporasi) di Indonesia, Telkomsel dan ZTE mengembangkan pemanfaatan layanan 5G untuk segmen Enterprise (korporasi) di Indonesia.

Menurut Wong Soon Nam selaku Direktur Planning & Transformation Telkomsel, di tengah kondisi ekonomi dunia yang cukup menantang saat ini, transformasi digital menjadi salah satu faktor penentu yang akan membantu pelaku bisnis dari semua jenis industri untuk menjadi lebih produktif, efisien, dan aman.

“Ke depannya, kerja sama strategis bersama dengan mitra seperti ZTE ini dapat terus membuka lebih banyak potensi kemajuan bagi para pelanggan korporasi untuk berkolaborasi dan berakselerasi, sekaligus memperkuat semangat pencapaian Industri 4.0 secara lebih inklusif dan berkelanjutan di Indonesia,”ucapnya.

ZTE dan Telkomsel telah berkolaborasi dalam 5G selama beberapa tahun, dan dalam kolaborasi ini ZTE akan menyediakan solusi 5G mutakhir untuk Telkomsel.

“Kami berharap kolaborasi ini dapat membantu kita mencapai tujuan bersama, yaitu mempercepat transformasi digital di Indonesia,”ucap Mei Zhonghua, SVP ZTE Corporation.

Melalui kolaborasi ini, Telkomsel dan ZTE akan bersinergi dalam mengembangkan portofolio inovasi solusi produk dan layanan terkini dengan mengadopsi pemanfaatan teknologi Cloud PC yang dapat mengimplementasikan virtualisasi, manajemen terpusat, dan berbagi sumber daya komputasi, penyimpanan, dan jaringan. Dengan penjadwalan melalui cloud data center, memungkinkan penggunaan desktop virtual yang efektif dan dapat memaksimalkan komputasi baik untuk perusahaan maupun public.

Selain itu, kedua perusahaan juga akan menjajaki peluang kerjasama dalam studi dan kajian teknologi jaringan 5G Air-to-Groundyang selain dapat menghadirkan layanan broadband berkecepatan tinggi dengan harga terjangkau bagi penumpang pesawat, juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi serta keamanan operasional maskapai penerbangan.

Kolaborasi Telkomsel dan ZTE dalam pengembangan ekosistem layanan 5G telah berjalan dalam beberapa tahun terakhir dan meraih berbagai pencapaian penting dalam upaya mendorong pemerataan akses broadband berteknologi terkini. Pada 2021, ZTE menjadi salah satu mitra infrastruktur jaringan yang mendukung Telkomsel menjadi perusahaan telekomunikasi digital pertama yang menggelar akses jaringan dan layanan 5G di Indonesia.

Kemudian di 2022, Telkomsel juga didukung ZTE untuk menghadirkan penerapan teknologi 5G Underground Smart Mining pertama di Asia Tenggara di lingkungan operasional pertambangan PT Freeport Indonesia guna mendukung digitalisasi dan transformasi operasional industri pertambangan di Indonesia.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...