Techbiz.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) dan Tech Mahindra meluncurkan Google Cloud Smart Analytics dan Center of Excellence (CoE) lab, yang didukung oleh Google Cloud, untuk mempercepat transformasi digital bangsa.
CoE Lab akan berfokus pada pengembangan solusi inovatif dengan memanfaatkan teknologi generasi berikutnya seperti 5G, Edge Computing, Data Analytics, Internet of Things (IoT), Augmented Reality (AR), dan Virtual Reality (VR).
Lab ini akan menyediakan analitik cerdas untuk Communications Service Providers (CSP), yang memungkinkan mereka menghasilkan peluang pendapatan tambahan melalui pengalaman dan penawaran yang sangat dipersonalisasi sepanjang perjalanan pelanggan.
Ini juga akan memungkinkan perusahaan untuk memigrasikan kumpulan data besar dengan aman dan mulus untuk memperkuat pengambilan keputusan di bidang-bidang seperti segmentasi pelanggan, pengukuran efektivitas pengalaman, dan pengurangan churn pelanggan, atau bahkan mengurangi waktu dan sumber daya yang terkait dengan pelatihan model machine learning(ML) dan artificial intelligence (AI) untuk aplikasi bisnis. CoE ini juga akan fokus untuk memenuhi kebutuhan bisnis pasar telekomunikasi dan enterprise di Asia Tenggara.
President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengatakan, Indosat sangat antusias untuk meluncurkan CoE lab sebagai kolaborasi dari dua merek global yang menciptakan platform untuk use case baru yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. Indosat dapat memanfaatkan lab ini untuk memperluas kemampuan dan manfaat bagi pelanggan enterprise.
Kemitraan ini akan menggabungkan keahlian teknologi Tech Mahindra, ML Google Cloud dan kemampuan conversational AI di Dialogflow dan BigQuery, serta kekayaan intelektual (IP) Tech Mahindra dengan akselerator internal yang disesuaikan untuk membantu CSP melibatkan pelanggan mereka dengan lebih baik melalui pengalaman berbasis data, memodernisasi platform bisnis mereka, dan mencapai efisiensi operasional dari migrasi ke cloud data yang benar-benar terbuka. Ini akan memungkinkan pelanggan untuk mempercepat perjalanan cloud data mereka saat mereka beralih ke masa depan yang mengutamakan digital.
Sementara itu menurut Karan Bajwa, Vice President, Asia Pasifik, Google Cloud, organisasi mengakui data sebagai aset strategis dan tahu bahwa produk dan pengalaman yang dibuat khusus jauh lebih berharga bagi bisnis dan pelanggan mereka. Tantangan yang menahan mereka adalah penyebaran data: terlalu banyak data, terlalu tersebar, dengan terlalu banyak untuk diuraikan dan dipahami, dan semuanya terkunci dalam silo.
“Smart Analytics dan CoE lab yang baru didirikan yang memanfaatkan keahlian bersama Google Cloud dan Tech Mahindra akan berfungsi sebagai katalis bagi perusahaan di industri yang diatur untuk meningkatkan bakat teknologi mereka, menghilangkan silo data dengan cloud data terbuka, dan menerapkan analisis cloud dan AI canggih untuk meningkatkan interaksi pelanggan dan menangkap peluang pertumbuhan baru,” jelasnya.
Lab ini akan membantu CSP dalam memanfaatkan teknologi 5G dan Edge Computing untuk mengembangkan produk, layanan, dan model bisnis baru yang akan mendorong pertumbuhan pendapatan sekaligus memungkinkan mereka untuk memonetisasi aset data jaringan signifikan mereka dengan lebih baik.
CP Gurnani, Managing Director and Chief Executive Officer, Tech Mahindra, mengatakan, kolaborasi ini juga akan berfungsi sebagai katalis bagi enterprise saat mereka memulai perjalanan transformasi digital berbasis data dan membantu memodernisasi aplikasi yang ada. CoE lab merupakan langkah penting dalam memperkuat kemitraan dengan Indosat.
“Kami yakin bahwa kolaborasi ini akan membantu kami memperluas kehadiran kami di Indonesia. Selanjutnya, kemitraan ini akan memperkenalkan peluang untuk menciptakan aliran pendapatan baru bagi pelanggan kami dengan menyediakan analisis data mendalam untuk membuat keputusan yang efisien dan terinformasi,” ungkapnya.
Baca juga: