Selasa, April 30, 2024

Platform Pendidikan Refocus Siap Cetak Sejuta Tenaga Kerja IT

Techbiz.id – Platform pendidikan online Refocus siap mencetak satu juta tenaga kerja di bidang Informasi dan Teknologi (IT) yang kini sangat dibutuhkan seiring dengan lanskap digital yang berkembang pesat di Indonesia.

Menurut Founder Refocus Education Project, Roman Kumar Vyas, dengan perkembangan teknologi digital, otomatisasi dapat menggantikan 23 juta pekerjaan di Indonesia pada tahun 2030 mendatang.

“Jika penduduk Indonesia diberi kesempatan mengenyam pendidikan berkualitas, akan ada 23 juta hingga 46 juta pekerjaan baru dapat tercipta,” jelas Roman.

Persoalannya, pendidikan di Indonesia dinilai sedang dalam kondisi kritis dan kualitas layanan pendidikannya tergoong rendah. Menurut ban Dunia, 70 persen mahasiswa di Uniersitas bahkan gagal memenuhi standar literasi dasar dalam program PISA 2018.

Baca juga: Platform PINTAR Buka Akses Belajar untuk Angkatan Kerja

Oleh karenanya, banyak orang Indonesia memilih kuliah di universitas luar negeri. Menurut data UNESCO, terdapat sekitar 53.604 mahasiswa Indonesia yang kula di luar negeri.

Untuk menciptakan tenaga kerja yang menguasai bidang IT, Refocus sebagai platform pendidikan online dijelaskan Roman menyediakan kursus online dan dukungan karir bagi masyarakat di Asia Tenggara untuk memulai karir IT-nya.

Tim founder Refocus sendiri dijelaskan Roman memiliki empat lulusan yang sukses dan tim jarak jauh internasional yang terdiri dari 50 spesialis.

“Pelanggan kami meningkatkan pendapatan bulanan rata-rata dari Rp4 juta menjadi Rp14 juta per bulan setelah selesai kursus di Refocus dan melalui dukungan karir,” ungkap Roman.

Refocus menyasar target peserta pendidikan d rentang usia 20 hingga 40 tahun. Untuk biaya pendidikan berkisar Rp12 juta yang dapat dicicil hingga 12 bulan sehingga makin banyak orang yang bisa belajar.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...