Tuesday, July 27, 2021
Home News Situs IndoXXI Stop Beroperasi Sebelum Diblokir

Situs IndoXXI Stop Beroperasi Sebelum Diblokir

Must Read

Instagram Stories Kini Mampu Terjemahkan Lebih dari 90 Bahasa

Techbiz.id - Dengan popularitas Instagram yang mencapai tingkat global, sebagian Kalian mungkin saja akan menemukan Stories dengan bahasa asing...

Konsep Shoppertainment Jadi Tren Pemasaran Mega Sales

Techbiz.id - Konsep Shoppertainment atau belanja sambil mencari hiburan diprediksi akan merajai tren pemasaran selama periode festival belanja atau...

Tanda Tangan Digital Jadi Faktor Penting Adopsi Digital

Techbiz.id - Salah satu infrastruktur penting bagi adopsi inovasi digital saat ini adalah tanda tangan elektronik, khususnya dalam memenuhi...

Redmi Note 10 5G Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Techbiz.id - Sesuai dengan jadwal, Redmi Note 10 5G dirilis Xiaomi secara daring, Kamis (22/7). Ponsel 5G Xiaomi ini...

Smartfren Fiber in the Air, Internet Stabil dan Hemat Biaya

Techbiz.id - Smartfren Business meluncurkan Fiber in the Air, sebuah solusi internet untuk keperluan bisnis, yang memanfaatkan akses radio...

Techbiz.id – Situs nonton film bajakan, IndoXXI, akan berhenti beroperasi pada tanggal 01/01/2020. Padahal, pemerintah melalui Kominfo bakalan memblokir situs guna menyelamatkan kekayaan hak cipta di industri kreatif.

“Sangat berat, tapi, harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak 1 Januari 2020 kami akan menghentikan penayangan film di website ini,” demikian bunyi pengumuman di laman Indoxxi.

Selama ini, diketahui situs IndoXXI selalu berpindah-pindah domain agar terhindar dari regulator. Cara kerjanya dengan me-redirect pengguna yang mengakses indoxxi(dot)com ke berbagai domain dengan jenis ektensi yang berbeda.

Direktur Jenderal Aplikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, sempat menyebut pengelola situs tersebut “kucing-kucingan”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika akan bekerja sama dengan Direktorat Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, penegam hukum dan asosiasi industri kreatif untuk megatasi peredaran secara ilegal. Ini termasuk situs nonton streaming film dan musik yang di distribusikan melalui jalur yang tidak resmi.

“Di era digital, kekayaan (hak cipta) yang harus dilindungi. Kalau nggak nanti orang malas berkreasi,” kata Semuel, Senin (23/12), seperti dikutip dari antaranews.

Untuk saat ini Kominfo baru akan menerapkan pemblokiran untuk situs streaming film ilegal, namun, mereka juga akan mencari cara lainnya untuk memberikan efek jera di masa mendatang.

Kementerian meminta masyarakat yang ingin menonton film atau mendengar musik untuk mengakses layanan streaming yang legal.

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Resmi di Indonesia, Ini Spesifikasi Samsung Galaxy M32

Techbiz.id - Samsung Galaxy M32 akhirnya secara resmi telah dijual di Indonesia. Ponsel pintar ini dipasarkan seharga Rp 3...