Kamis, April 25, 2024

2.500 Petani Jual Hasil Panennya di Lazada

Techbiz.id – Salah satu kebutuhan penting saat pandemi covid-19 ini adalah produk kebutuhan pokok dan bahan-bahan makanan seperti sayuran dan daging. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut Lazada bekerja sama dengan Rumah Sayur Group, memperkenalkan laman khusus yang menyediakan beragam sayur mayur segar.

Ketersediaan sayuran segar tersebut merupakan hasil panen dari 2.500 petani di daerah Jawa Barat, binaan Desa Sejahtera Astra-Institut Pertanian Bogor (IPB University).

EVP Commercial FMCG Category Lazada Indonesia, Bobby Gandasaputra, menyampaikan, saat ini, terutama menjelang bulan Ramadan, umumnya kebutuhan sembako dan bahan pangan meningkat pesat sementara ada keterbatasan pergerakan. Oleh karena itu, Lazada meningkatkan ketersediaan sembako dan bahan pangan segar di platformnya melalui kerja sama dengan berbagai Lembaga.

“Selain dari kerja sama kami baru-baru ini dengan Badan Logistik Nasional (BULOG) untuk menyediakan kebutuhan bahan pokok, sekarang kami senang sekali juga berkesempatan menyediakan platform kami sebagai akses berjualan bagi Rumah Sayur Group, untuk menyediakan sayur-mayur segar bagi konsumen kami,” ungkapnya.

lazada jualan sayur

Bahan makanan segar yang dibeli oleh konsumen di Lazada dapat segera diantar dengan jasa pengiriman instan dan bahan makanan segar yang dibeli akan tiba di rumah pembeli dalam waktu 3 jam setelah paket dijemput oleh mitra kurir, salah satu di antaranya adalah Gojek.

VP Sales & Product, Rumah Sayur Group, Tubagus Diahinnur Hadikusma mengatakan, sebagai bagian dari Desa Agro yang mengayomi ribuan mitra petani binaan yang umumnya berjualan secara tradisional, kami senang sekali saat ini bisa bekerja sama dengan platform e-commerce terkemuka seperti Lazada.

“Sejak adanya pandemi Covid-19, kapasitas penjualan kami menurun dari yang biasanya 10-12 ton/ hari, menjadi 3-4 ton/hari. Sehingga tidak dipungkiri dengan adanya kerja sama ini kami tetap bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan memastikan usaha dan juga kesejahteraan para mitra tani kami tetap dapat berjalan dengan baik walau di tengah situasi yang menantang ini,” ungkapnya. 

Selain Rumah Sayur Group, konsumen Lazada juga dapat membeli sayur-mayur segar dari laman Cari Sayur, yang merupakan koperasi pedagang Pasar Induk di bawah PasKomNas (Pasar Komoditi Nasional).

Ke depannya Lazada juga mengaku sedang dalam tahap menjajaki kerja sama dengan Pasar Mitra Tani, Duta Milenial, Kostratani dan Ayomart yang berada di bawah naungan Kementerian Pertanian agar konsumen dapat memperoleh rangkaian bahan pangan segar yang terbaik dari lebih banyak penjual pilihan. 

Saat ini, konsumen Lazada, sudah dapat membeli barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari, seperti beras, gula, tepung dan lain sebagainya, melalui laman resmi BULOG.

Lazada juga sedang menjajaki kerja sama dengan BUMN bidang pangan lain untuk bergabung dalam menyediakan sembilan bahan pokok bagi konsumen.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...