Jumat, April 26, 2024

Nokia Tingkatkan Kapasitas Jaringan 4G Tri Indonesia

Techbiz.id – Nokia melaporkan telah berhasil melakukan ui coba penerapan teknologi 3G-4G dynamic spectrum sharing (DSS) di jaringan Tri Indonesia untuk meningkatkan kapasitas 4G secara dinamis ketika pemakaian 3G cenderung menurun.

Uji coba tersebut dilakukan dengan cara upgrade software DSS perangkat Nokia di Makassar, Sulawesi Selatan, untuk selanjutnya melakukan implementasi secara nasional.

Uji coba ini berhasil meningkatkan bandwidth 4G sebesar 1.8 MHz dan menghasilkan 18% spektrum tambahan bagi pelanggan 4G tanpa mempengaruhi layanan 3G.

Vice President of Mobile Networks Nokia, Asia Pacific & Japan, Andrew Cope mengatakan, kesuksesan uji coba ini menunjukkan keunggulan kami dalam membantu operator mengoptimalkan jaringannya secara efisien.

“Kami sudah lama bermitra dengan 3 Indonesia dan sangat senang bahwa Tri Indonesia dapat memelopori penggunaan DSS 3G-4G kami di Indonesia,” paparnya.

Di Indonesia, ketika pemakaian jaringan 3G mulai berkurang, migrasi spektrum ke 4G secara mulus menjadi salah satu hal yang penting bagi setiap operator. Teknologi DSS memungkinkan Tri Indonesia dengan cepat mengalihfungsikan spektrum 3G secara dinamis untuk meningkatkan kapasitas 4G.

Penerapan DSS di lapangan akan menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan 4G dan 3G yang selalu berbeda di setiap lokasi dan setiap waktunya.

Dengan mengandalkan cara kerja yang otomatis tanpa intervensi manual dari operator, Tri Indonesia akan mampu mengelola ketersediaan spektrum secara efisien untuk memenuhi
kebutuhan pelanggan data.

“Menambah jumlah pelanggan dengan spektrum yang terbatas menjadi salah satu tantangan utama kami, namun teknologi dynamic spectrum sharing Nokia memberikan kapasitas jaringan yang memudahkan kami dalam melakukan transisi dari 3G ke 4G secara mulus. Kami sangat senang bekerja sama dengan Nokia yang telah membawa teknologi baru ini ke Indonesia untuk menambah kapasitas dan kecepatan jaringan dalam memenuhi kebutuhan data yang terus meningkat,” ungkap CTO Tri Indonesia, Desmond Cheung.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...