Sabtu, April 20, 2024

Solusi AIR Ericsson dapat Percepat Implementasi 5G

Techbiz.id – Implementasi jaringan 5G di pita frekuensi sedang bisa lebih cepat dilakukan oleh operator telekomunikasi dengan menggunakan solusi antenna-integrated radio (AIR) terbaru milik Ericsson.


Hybrid AIR dan Interleaved AIR adalah solusi terbaru di portofolio Ericsson Radio System, yang mampu meningkatkan produk 5G perusahaan

Keterbatasan ruang fisik di beberapa menara BTS menjadi tantangan bagi penyedia layanan komunikasi, yang ingin memperluas jaringan mereka untuk mengimplementasikan 5G.

Solusi AIR secara langsung mengatasi masalah tersebut dan memungkinkan penyedia layanan komunikasi mengelola lokasi dan menara BTS makro yang kian kompleks, serta mengurangi footprint dan biaya optimasi jaringan.

Baca juga: NTT Docomo Uji Coba 5G pada Piala Dunia Rugby

Saat diimplementasikan dengan teknologi Massive MIMO, penyedia layanan komunikasi dapat mengimplementasikan 5G di pita frekuensi sedang dengan solusi baru ini yang lebih cepat dan dalam skala lebih besar.

Per Narvinger, Head of Product Area Networks, Ericsson mengatakan, di beberapa lokasi jaringan, ukuran perangkat adalah segalanya. Penyedia layanan komunikasi secara global sering memiliki kemungkinan terbatas  dalam menambah ruang fisik yang sudah penuh dengan peralatan jaringan.

Operator dikatakan Narvinger membutuhkan solusi yang sesuai dengan ketersediaan ruang yang ada saat ini selagi tetap memberikan kinerja luar biasa.

“Dengan solusi Hybrid AIR dan Interleaved AIR, kami dapat membantu pelanggan untuk memberikan manfaat 5G Massive MIMO dengan cepat kepada lebih banyak pengguna,” jelasnya.

Simulasi perhitungan para ahli Ericsson menunjukkan bahwa peningkatan ke Hybrid AIR atau  Interleaved AIR dengan Massive MIMO dapat menghasilkan kapasitas pita lebar seluler tujuh kali lebih besar daripada yang saat ini tersedia dari antena multiband.

Peningkatan kapasitas berasal dari efisiensi spektral Frequency Division Duplex (FDD) yang ditingkatkan, pita FDD baru, dan tambahan Massive MIMO di pita frekuensi sedang. Solusi AIR baru juga meningkatkan kapasitas 4G.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...