Wednesday, September 30, 2020
Home News Indodax Bangun Infrastruktur Blockchain di Indonesia

Indodax Bangun Infrastruktur Blockchain di Indonesia

Must Read

Peritel BlibliMart Naik 2,5x Lipat di Semester Pertama 2020

Techbiz.id - Akselerasi adopsi teknologi akibat pandemi telah membuat jumlah seller BlibliMart di Jawa Timur naik meningkat sebanyak 2,5...

Empat Insan Telkomsel Mendapatkan Satyalancana Wirakarya

Techbiz.id - Empat insan Telkomsel mendapatkan anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Wirakarya karena dianggap telah berkontribusi besar dalam...

XL Axiata Sediakan Akses Internet untuk Sekolah Sungai

Techbiz.id - Di Yogyakarta, XL Axiata memberikan berupa bantuan paket akses internet untuk 81 pelajar dan pemasangan router di...

Techbiz.id – Bekerjasama dengan perusahaan Multinasional Blockchain Zoo, Indodax siap ikut membangun infrastruktur blockchain di Indonesia.

Infrastruktur yang akan dibangun ini untuk melayani blockchain consulting dalam  menerapkan sistem blockchain secara eklusif di market Indonesia.

- Advertisement -

CEO INDODAX Oscar Darmawan mengatakan, jasa blockchain consulting tersebut dibuat untuk mempercepat perkembangan infrastruktur jaringan blockchain di Tanah Air agar tidak ketinggalan dari negara-negara lainnya.

Baca juga: Indodax Sediakan Platform yang Permudah Jual Beli Bitcoin

“Kami menghadirkan layanan jasa blockchain consulting untuk setup dan mempercepat infrastruktur blockchain di Indonesia. Ini supaya negara kita tidak ketinggalan dengan negara lainnya dalam masalah infrastruktur blockchain,” kata Oscar Darmawan.

Oscar juga menilai bahwa Indonesia saat ini membutuhkan efisiensi dan transparansi di era digitalisasi atau revolusi industry 4.0. Penerapan ini tentunya sejalan dengan penerapan blockchain yang terbukti efisien dan transparan.

Blockchain merupakan sistem yang tidak terpusat atau desentralized, teknologi ini menurutnya juga mampu dalam menjawab tantangan-tantangan dari berbagai aspek kehidupan.

“Blockchain menerapkan tingkat keamanan yang tinggi, ramah lingkungan, minim biaya, dan menghasilkan keuntungan dengan cepat,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, dalam beberapa tahun terakhir, industri blockchain terus menunjukkan perkembangan signifikan. Industri blockchain jadi pilihan menarik untuk dikembangkan di Indonesia.

“Setiap harinya semakin banyak masyarakat terutama kelas sosial menengah dan anak muda yang melek tentang blockchain. Bahkan, sebagian diantara mereka juga sudah merasakan kemutakhiran teknologi blockchain di dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.

Di bidang sektor publik misalnya, teknologi peer to peer ini telah berhasil mempermudah aktivitas pencatatan identitas, aset berharga, data kesehatan, dan faktur pajak.

Sementara itu, di bidang keuangan blockchain turut membantu masyarakat dalam mempercepat kegiatan audit, pembayaran lintas negara, investasi aset digital, dan pembuatan kontrak pintar (smart contract).

Salah satu kehebatan blockchain menurut Oscar adalah dapat mengirimkan data apapun tanpa perlu bergantung pada satu server. Solusi cerdas atau multi aplikasi melalui blockchain ini memang dinilai mampu mendorong kesejahteraan sosial masyarakat.

Misalnya, muncul peluang-peluang baru bagi para pelaku usaha dimana mereka mulai giat mendirikan lapangan pekerjaan yang jauh lebih menjanjikan dan menguntungkan.

Dia juga mengatakan bahwa blockchain bukan menggantikan sistem yang sudah ada atau berjalan. Melainkan, blockchain hadir untuk melengkapi sistem yang sudah ada.

Untuk itu, menurut Oscar, blockchain bukanlah sebuah momok yang menakutkan bagi industri ataupun para pihak terkait.

Indodax juga siap berkomitmen sebagai pionir yang terus giat mengedukasi masyarakat mengenai penerapan blockchain di Indonesia, seperti apa yang mereka lakukan selama beberapa tahun terakhir.

“Bahkan, edukasi dan sosialisasi mengenai blockchain akan terus kita lakukan untuk keberlangsungan blockchain dan meningkatkan pemahaman masyarakat. Sehingga pemahaman orang-orang semakin meningkat,” kata Oscar Darmawan.

Baca juga: Indodax Resmi Terdaftar di BAPPEBTI

Sementara itu, Roberto Capodieci CEO Blockchain Zoo mengatakan, Blockchain Zoo terdiri dari beberapa pakar top dunia tentang sistem dan blockchain yang terdesentralisasi.

Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam mengimplementasikan solusi blockchain khusus agar sesuai dengan model bisnis tertentu, dan berkonsultasi dengan para stake holder di seluruh dunia.  

“Kami telah membangun pengetahuan mendalam tentang berbagai teknologi blockchain dan yang paling penting pendekatan tentang bagaimana menerapkan teknologi blockchain ke berbagai model bisnis para pelaku yang membutuhkan,” katanya.

Indodax sendiri membuat jalur komunikasi khusus sehubungan pembuatan infrastruktur blockchain di Indonesia ini melalui portal Blockchain Indonesia. Website ini  ditujukan bagi perusahaan yang tertarik untuk mengembangkan solusi blockchain bagi korporasinya di Indonesia.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Gluu Kembangkan Bisnis Garap Sektor B2B

Techbiz.id - Gluu kini mengembangkan layanan bisnisnya dengan melakukan penawaran produknya untuk menggarap sektor B2B.

Empat Insan Telkomsel Mendapatkan Satyalancana Wirakarya

Techbiz.id - Empat insan Telkomsel mendapatkan anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Wirakarya karena dianggap telah berkontribusi besar dalam kemajuan sektor telekomunikasi di Indonesia...

Cara Membuat Avatar di Aplikasi Line

Techbiz.id - Pengguna Line kini bisa membuat avatar dirinya untuk mengekspresikan diri serta meningkatkan kreativitas mereka. Fitur ini sudah tersedia untuk pengguna...

Peritel BlibliMart Naik 2,5x Lipat di Semester Pertama 2020

Techbiz.id - Akselerasi adopsi teknologi akibat pandemi telah membuat jumlah seller BlibliMart di Jawa Timur naik meningkat sebanyak 2,5 kali di semester pertama 2020...

Kingston Kuasai Pasar Modul DRAM Dunia

Techbiz.id - Berdasarkan data dari firma analis TrendForce, Kingston menjadi pemasok dan kuasai pasar modul DRAM pihak ketiga nomor satu di dunia....
- Advertisement -

Artikel Terkait