Rabu, Oktober 23, 2024

Selama PSBB, Manfaatkan Fitur dari GrabProtect

Techbiz.id – GrabProtect hadir untuk memperkenalkan rutinitas dalam berkendara yang baru agar perjalanan lebih aman dengan berbagai fitur yang ditawarkan.

Dimulai dengan memastikan pengguna dalam keadaan sehat dan telah mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan sebelum melakukan perjalanan, memberikan mereka kesempatan untuk membatalkan dan memberikan tanggapan kepada Grab jika mitra pengemudi tidak menggunakan masker.

Selain itu juga menurut Head of East Indonesia Grab Indonesia, Halim Wijaya, Grab meningkatkan praktik menjaga keamanan dan kebersihan seperti membersihkan tangan secara rutin dan menggunakan metode pembayaran non-tunai (cashless payment). 

Baca juga: GrabProtect Hadir Melayani Masyarakat Jayapura

Beberapa langkah dan fitur yang disediakan GrabProtect meliputi:

Deklarasi kesehatan online dan mask selfie

Grab meluncurkan dua fitur in-app terbaru, formulir deklarasi kesehatan dan kebersihan online dan fitur pengecekan masker via selfie mulai akhir bulan Juni lalu.

Mitra pengemudi dan pengantaran juga diminta untuk mengambil selfie dengan menggunakan masker pada fitur mask selfie (pengecekan masker via selfie) setelah melengkapi formulir deklarasi.

Partisi plastik dan peralatan kebersihan

Grab menghadirkan armada GrabCar Protect dan GrabBike Protect yang dilengkapi dengan partisi plastik tebal dengan kualitas baik sebagai pemisah untuk meminimalisir kontak antara penumpang dan mitra pengemudi.

Di Jayapura, Grab menghadirkan puluhan armada GrabCar Protect sebagai tahap awal yang kedepannya akan terus ditambah.

Grab juga akan mendistribusikan peralatan kebersihan yang terdiri dari handsanitizer, desinfektan kendaraan, masker wajah untuk mitra pengemudi GrabCar Protect di Jayapura. Selain itu, Grab juga telah mendirikan posko sanitasi di Jayapura di mana mitra pengemudi dapat membawa kendaraannya untuk desinfeksi.

Pembatalan tanpa denda

Para mitra pengemudi dan mitra pengiriman Grab diwajibkan untuk menggunakan masker setiap kali mereka melakukan perjalanan dengan platformGrab. Kebijakan yang sama akan berlaku untuk penumpang.

Apabila ada salah satu pihak yang tidak menggunakan masker, baik mitra pengemudi dan penumpang dapat membatalkan pemesanan tanpa denda sebelum perjalanan dimulai, dengan memilih “pengemudi/penumpang tidak memakai masker” sebagai alasan pembatalan.

Grab juga telah memperbarui fitur penilaian dan tanggapan serta Pusat Bantuan dalam aplikasi dengan opsi baru untuk pelaporan terkait kesehatan dan kebersihan.

Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk memberikan tanggapan kepada Grab apabila mitra pengemudi terlihat tidak sehat atau tidak menggunakan masker selama perjalanan.

Grab memonitor tanggapan ini dan akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi keamanan dan kesehatan para penggunanya.

“Grab akan selalu berinovasi memberikan layanan terbaik bagi para mitra dan juga pelanggan dalam memanfaatkan teknologi untuk kebaikan.,” ungkap Halim

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...