Sabtu, September 18, 2021
Beranda News Trenggalek Terapkan QlueThermal Cegah Covid-19

Trenggalek Terapkan QlueThermal Cegah Covid-19

Must Read

Laptop ROG dan TUF Gaming Terbaru ASUS dilengkapi NVIDIA GeForce RTX 3050 dan RTX 3050Ti

Techbiz.id - Laptop gaming terbaru yang terdiri dari lini ROG dan TUF Gaming terbaru milik ASUS kini ditenagai chip...

ASUS ROG Hadirkan Monitor Gaming Portabel Strix XG16

Techbiz.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) menghadirkan Strix XG16, monitor gaming portabel 15,6 inci FHD (1920x1080) dengan panel IPS 144...

Waduh, Ponsel Resmi Juga Banyak Ngga Dapat Sinyal

Techbiz.id - Pemerintah telah resmi menerapkan kebijakan pengendalian IMEI untuk meredam peredaran ponsel black market (ilegal) dengan menggunakan sistem...

JNE Manfaatkan Kekuatan Cloud Capai Visi dalam Era Ekonomi Baru

Techbiz.id - JNE berhasil mengubah proses dan sistem back-end untuk menciptakan hasil yang berkualitas, khususnya untuk menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih...

Oppo Reno6 Bakal Punya Fitur Bokeh Sinematik

Techbiz.id - Oppo Indonesia kembali mengungkap detil mengenai Oppo Reno6 yang akan segera hadir di Indonesia. Kali ini, giliran...

Xiaomi Mi 12 Bakal Meluncur Akhir 2021?

Techbiz.id - Jadwal peluncuran dari Xiaomi Mi 12 kini telah terungkap. Meski baru sekedar rumor, setidaknya mampu menjawab perkiraan...

Techbiz.id – Kabupaten Trenggalek menjadi kabupaten pertama yang mengimplementasikan QlueThermal untuk membantu mencegah penyebaran covid-19

QlueThermal merupakan solusi terbaru dari Qlue untuk memonitor suhu tubuh, penggunaan masker, dan kerumunan orang secara otomatis.

Solusi QlueThermal digunakan oleh Pemkab Trenggalek sebagai salah satu protokol checkpoint di beberapa tempat di kabupaten tersebut. Sebanyak tiga perangkat QlueThermal ditempatkan di checkpoint Durenan, satu perangkat di checkpoint Tugu, dan satu perangkat di checkpoint Panggul.

Baca juga: Qlue Sediakan Teknologi Keamanan Covid-19 untuk Pertunjukan Seni

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menjelaskan pengimplementasian teknologi Qlue yang membantu pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid-19 di daerah tersebut.

Sebagai kabupaten di provinsi yang memiliki jumlah pasien Covid-19 terbesar kedua di Indonesia, per 15 September, Kabupaten Trenggalek memiliki 221 pasien positif Covid-19, atau berkontribusi sebesar 0,58% dari total angka positif di Provinsi Jawa Timur.

Hal ini menjadikan Kabupaten Trenggalek berada di peringkat ke-7 dari 38 kabupaten kota di Jawa Timur jika dilihat dari jumlah kasus positif Covid-19.

QlueThermal Trenggalek

Lebih lanjut, Mochamad Nur Arifin mengatakan, sejak awal pandemi, Pemerintah Kabupaten Trenggalek melakukan pengalihan jalur. Seluruh perbatasan Kabupaten Trenggalek yang berbatasan dengan kabupaten kota lain ditutup. Hanya ada tiga pintu atau checkpoint untuk masuk ke Kabupaten Trenggalek. 

“Di checkpoint ini, kami membangun bilik APD, di mana petugas tetap bisa melakukan pemeriksaan terhadap pelaku perjalanan dari dalam bilik tanpa khawatir risiko terpercik droplet. Hal ini diharapkan mampu mengurangi pemborosan biaya APD untuk petugas di lapangan,” jelasnya.

Sebelum menggunakan solusi dari Qlue, Pemkab Trenggalek menggunakan thermo gun untuk melakukan pengecekan suhu tubuh. Tapi orang-orang yang berada di garda terdepan untuk melakukan pemeriksaan berpeluang terpapar Covid-19 dari pelaku perjalanan.

“Solusi teknologi karya anak bangsa, QlueThermal, membantu kami dalam melakukan screening orang yang masuk perbatasan Trenggalek,” imbuhnya.

Proses screening pu dapat dilakukan dengan cepat. Dan seluruh data yang masuk melalui QlueThermal juga bisa dilihat secara langsung melalui dashboard terintegrasi.

Sejak digunakan di bulan Juli lalu, seluruh perangkat QlueThermal sudah mendapatkan lebih dari 20 ribu data dengan rata-rata suhu tubuh 36,5 °C.

Jumlah pelanggaran (tidak mengenakan masker) sebanyak lebih dari 2.500 orang, dan lebih dari 400 orang yang memiliki suhu tubuh di atas normal.

Dari jumlah orang yang masuk ke Kabupaten Trenggalek, tentu masih banyak OTG (orang tanpa gejala) yang lolos dari pemeriksaan awal.

Karena adanya risiko transmisi keluarga dari OTG tersebut, Pemkab Trenggalek menggeser checkpoint ke cluster keluarga atau desa. Sehingga QlueThermal ditempatkan di beberapa titik yang lebih strategis seperti pasar dan tempat pariwisata.

“Karena QlueThermal sudah menggunakan teknologi AI, kami jadi lebih mudah untuk melakukan penghitungan orang. Dengan adanya QlueThermal, kami juga bisa memeriksa jumlah orang yang masuk dan penggunaan masker. Teknologi QlueThermal memudahkan kami dalam menegakkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Baca juga: Qlue Bantu Pemerintah Membangun Kota dengan Teknologi

Founder dan CEO Qlue Rama Raditya mengatakan, hingga saat ini, lebih dari 150 perangkat QlueThermal sudah diimplementasikan di pemerintahan, gedung perkantoran yang terdiri dari kantor BUMN dan BUMD, rumah sakit, dan sejumlah kantor milik swasta.

Sejak awal implementasi, QlueThermal sudah mendeteksi lebih dari 100.000 wajah. Di mana 15 ribu di antaranya terdeteksi tidak mengenakan masker, dan lebih dari 6 ribu di antaranya memiliki suhu tubuh di atas ambang batas.

“Dengan teknologi Artificial Intelligence dan IoT, data-data yang didapatkan dari QlueThermal akan divisualisasikan di sebuah dashboard terintegrasi. Sehingga membantu pemerintah dalam mengakselerasi penataan daerahnya di masa pandemi,” tutup Rama.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

Huawei MatePad T8 Kids Edition Kini Hadir di Indonesia

Techbiz.id - Huawei Indonesia secara resmi telah merilis tablet anyarnya, MatePad T8 Kids Edition, secara daring, Jumat (17/9/2021). Edy Supartono,...