Jumat, April 19, 2024

Trenggalek Terapkan QlueThermal Cegah Covid-19

Techbiz.id – Kabupaten Trenggalek menjadi kabupaten pertama yang mengimplementasikan QlueThermal untuk membantu mencegah penyebaran covid-19

QlueThermal merupakan solusi terbaru dari Qlue untuk memonitor suhu tubuh, penggunaan masker, dan kerumunan orang secara otomatis.

Solusi QlueThermal digunakan oleh Pemkab Trenggalek sebagai salah satu protokol checkpoint di beberapa tempat di kabupaten tersebut. Sebanyak tiga perangkat QlueThermal ditempatkan di checkpoint Durenan, satu perangkat di checkpoint Tugu, dan satu perangkat di checkpoint Panggul.

Baca juga: Qlue Sediakan Teknologi Keamanan Covid-19 untuk Pertunjukan Seni

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menjelaskan pengimplementasian teknologi Qlue yang membantu pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid-19 di daerah tersebut.

Sebagai kabupaten di provinsi yang memiliki jumlah pasien Covid-19 terbesar kedua di Indonesia, per 15 September, Kabupaten Trenggalek memiliki 221 pasien positif Covid-19, atau berkontribusi sebesar 0,58% dari total angka positif di Provinsi Jawa Timur.

Hal ini menjadikan Kabupaten Trenggalek berada di peringkat ke-7 dari 38 kabupaten kota di Jawa Timur jika dilihat dari jumlah kasus positif Covid-19.

QlueThermal Trenggalek

Lebih lanjut, Mochamad Nur Arifin mengatakan, sejak awal pandemi, Pemerintah Kabupaten Trenggalek melakukan pengalihan jalur. Seluruh perbatasan Kabupaten Trenggalek yang berbatasan dengan kabupaten kota lain ditutup. Hanya ada tiga pintu atau checkpoint untuk masuk ke Kabupaten Trenggalek. 

“Di checkpoint ini, kami membangun bilik APD, di mana petugas tetap bisa melakukan pemeriksaan terhadap pelaku perjalanan dari dalam bilik tanpa khawatir risiko terpercik droplet. Hal ini diharapkan mampu mengurangi pemborosan biaya APD untuk petugas di lapangan,” jelasnya.

Sebelum menggunakan solusi dari Qlue, Pemkab Trenggalek menggunakan thermo gun untuk melakukan pengecekan suhu tubuh. Tapi orang-orang yang berada di garda terdepan untuk melakukan pemeriksaan berpeluang terpapar Covid-19 dari pelaku perjalanan.

“Solusi teknologi karya anak bangsa, QlueThermal, membantu kami dalam melakukan screening orang yang masuk perbatasan Trenggalek,” imbuhnya.

Proses screening pu dapat dilakukan dengan cepat. Dan seluruh data yang masuk melalui QlueThermal juga bisa dilihat secara langsung melalui dashboard terintegrasi.

Sejak digunakan di bulan Juli lalu, seluruh perangkat QlueThermal sudah mendapatkan lebih dari 20 ribu data dengan rata-rata suhu tubuh 36,5 °C.

Jumlah pelanggaran (tidak mengenakan masker) sebanyak lebih dari 2.500 orang, dan lebih dari 400 orang yang memiliki suhu tubuh di atas normal.

Dari jumlah orang yang masuk ke Kabupaten Trenggalek, tentu masih banyak OTG (orang tanpa gejala) yang lolos dari pemeriksaan awal.

Karena adanya risiko transmisi keluarga dari OTG tersebut, Pemkab Trenggalek menggeser checkpoint ke cluster keluarga atau desa. Sehingga QlueThermal ditempatkan di beberapa titik yang lebih strategis seperti pasar dan tempat pariwisata.

“Karena QlueThermal sudah menggunakan teknologi AI, kami jadi lebih mudah untuk melakukan penghitungan orang. Dengan adanya QlueThermal, kami juga bisa memeriksa jumlah orang yang masuk dan penggunaan masker. Teknologi QlueThermal memudahkan kami dalam menegakkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Baca juga: Qlue Bantu Pemerintah Membangun Kota dengan Teknologi

Founder dan CEO Qlue Rama Raditya mengatakan, hingga saat ini, lebih dari 150 perangkat QlueThermal sudah diimplementasikan di pemerintahan, gedung perkantoran yang terdiri dari kantor BUMN dan BUMD, rumah sakit, dan sejumlah kantor milik swasta.

Sejak awal implementasi, QlueThermal sudah mendeteksi lebih dari 100.000 wajah. Di mana 15 ribu di antaranya terdeteksi tidak mengenakan masker, dan lebih dari 6 ribu di antaranya memiliki suhu tubuh di atas ambang batas.

“Dengan teknologi Artificial Intelligence dan IoT, data-data yang didapatkan dari QlueThermal akan divisualisasikan di sebuah dashboard terintegrasi. Sehingga membantu pemerintah dalam mengakselerasi penataan daerahnya di masa pandemi,” tutup Rama.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...