Wednesday, November 25, 2020
Home Review Gadget Terbaru Review Oppo Reno4 F: Kenapa Bisa Tipis?

Review Oppo Reno4 F: Kenapa Bisa Tipis?

Must Read

Palo Alto Tawarkan Layanan Perlindungan Data

Techbiz.id - Palo Alto Networks memperkenalkan layanan Enterprise Data Loss Prevention (DLP) yang dihantarkan melalui cloud, sebuah pendekatan...

Nimo TV Gelar Turnamen PUBGM Asia Tenggara

Techbiz.id - Untuk pertama kalinya, Nimo TV gelar turnamen PUBGM yang bertajuk Nimo TV SEA Arena PUBGM...

60% Orang Indonesia Terpapar Hoaks saat di Dunia Maya

Techbiz.id - Dalam survei yang mengukur status literasi digital di 34 provinsi Indonesia ditemukan bahwa, kemampuan masyarakat...

Techbiz.id – Oppo melengkapi jajaran keluarga reno4 dengan menghadirkan seri reno4 F untuk penggunanya di Indonesia.

Seri ini merupakan seri reno4 yang harganya paling terjangkau tetapi menjadi smartphone yang paling stylish. Oppo pun mengaitkan huruf F pada perangkat ini dengan kata fashionable.

- Advertisement -

Unsur Fashion pada smartphone reno4 F ini menurut Oppo terletak pada desain dan pewarnaan yang dihadirkannya.

Baca juga: Oppo Ungkap Makna Huruf F pada Perangkat Reno4 F

Yuk kita review saja reno4 F ini kenapa disebut sebagai perangkat yang fashionable dan tipis.

Review Reno4 F

Review Desain Reno4 F

Pembahasan desain sepertinya akan menjadi fokus utama dari ulasan mengenai perangkat dari Oppo reno4 F ini.

Oppo Reno 4 F membawa Ultra Slim Desain dengan ketebalan yang hanya 7.48mm yang seringan 164g. Desain yang super tipis ini menjadi salah satu ciri khas Reno 4 F diantara keluarga Reno 4 lainnya.

Meski begitu, Oppo tetap menyematkan salah satu ornamen penting, yakni lubang audio jack 3,5mm. Padahal, biasanya dengan desain ramping banyak vendor smartphone menghilangkan itu.

Reno 4 F cukup nyamanan saat digenggam karena perangkat ini memiliki desain di setiap sisinya memiliki sudut 220 derajat. Menjadikannya terasa pas ketika digenggam.

Untuk warna dari erangkat yang saya ulas ini Oppo menamainya cukup sederhana, hanya Putih tanpa embel-embel lainnya.

Meski demikian, warna putih pada perangkat ini mampu menimbulkan pantulan yang membuat perangkat ini terkadang terlihat seperti warna tosca. Pusat pantulannya sendiri berada pada modul kamera belakang.

Bicara soal modul kamera belakang, Oppo reno4 F ini mengusung modul 4 kamera utama berbentuk segi empat.

Desain modul kamera belakang inilah yang menurut saya menjadi rahasia kenapa perangkat ini bisa menjadi sangat tipis.

Modul kamera ini bersusun di atas permukaan bodi belakang reno4 F. Susunan pertama adalah modul segi empat sebagai rumah dari empat kamera. Sementara itu susunan kedua adalah empat kamera itu sendiri.

Meski terlihat modul kamera itu seperti berada di luar smartphone tetapi tidak menghilangkan unsur estetikanya. Justru menurut saya desain tersebut terlihat manis.

Untuk layarnya, reno4 F mengadopsi 16,34cm Super AMOLED Display dengan Dual Punch Hole yang menjadi rumah bagi kamera 16 Megapiksel dan 2 Megapiksel.

Dengan screen-to-body rasio mencapai 90.07%, layar Reno 4 F membawa In-display Fingerprint Unlock 3.0.

Diajak untuk menonton video ataupun bermain game layar Reno4 F ini sangat nyaman di mata.

Sistem keamanan itu mampu membuka layar hanya dalam 0.3 detik saja. Reno 4 F juga sudah mendapat sertifikasi dari TuV Rheinland serta proteksi Corning Gorilla Glass 3+.

Perekaman gambar

Anggota baru lini seri Reno 4 ini juga mengungguli sektor fotografi, terutama dengan kemampuan AI yang dibawanya.

Kemampuan tersebut berupa fitur-fitur fotografi, yang meliputi AI potrait Color, AI Super Night Potrait, AI Night Flare, Dual Lens Bokeh, AI Super Clear Potrait, serta Ultra Steady untuk menyokong mode perekaman video menjadi lebih baik.

Dengan kata lain, meski mejadi seri yang paling terjangkau, Oppo tidak mengurangi fitur fotografi pada perangkat reno4 F ini. Terutama fitur AI Color portrait juga masih tersedia di perangkat ini.

Dengan fitur AI Color Portrait kita bisa menghasilkan gambar dengan latar belakang hitam putih tetapi objek manusia yang dibidik tetap berwarna.

review reno4 f

Konfigurasi Quad Camera berkekuatan 48MP lensa utama, 8MP wide angle kamera, serta 2 lensa mono masing-masing 2MP turut melengkapi kemampuan fotografi menjadi lebih maksimal.

Kamera Oppo Reno4 F ini mampu menghasilkan gambar yang cukup tajam dengan kecerahan yang mencukupi walaupun menggunakan mde otomatis. Jadi buat yang tidak begitu menguasai tenik fotografi Oppo Reno4 F bisa diandalkan.

Di bagian depan Reno4 F mengusung dual camera selfie, yang masing-masing berkapasitas sebesar 8MP dan 2MP.

Dengan adanya depth camera pada kamera depan Reno4 F, kita bisa meghasilkan foto selfie bokeh yang tajam.

Performa

Untuk sektor dapur pacunya, mengandalkan prosesor Helio P95 dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Perangkat ini menjalankan sistem Android 10 berlapis ColorOS 7.2 milik Oppo yang kaya akan fitur keren.

Kombinasi prosesor dan RAM pada perangkat ini membuat Reno4 F dapat digunakan bermain game seperti mobile Legends pada settingan grafis tinggi dan multi tasking yang cepat.

Terlebih Oppo juga menyediakan fitur Game Space yang mampu memaksimalkan perangkat saat digunakan untuk bermain game.

Untuk megukur performa perangkat ini saya menggunakan aplikasi benchmark seperti GPU Mark, Geekbench dan 3D Mark.

Hasil Benchmark Reno4 F

Performa Reno4 F ini juga didukung adanya batere berkapasitas 4000mAh yang dilengkapi dengan pengisian daya 18W. Dalam pengujian yang dilakukan, perangkat ini bisa terisi dari 9% hingga 100% hanya dalam waktu berkisar 1,5 jam saja.

Untuk penggunaan normal, Oppo Reno4 F ini dapat menemani saya beraktivitas selama kurang lebih 6 jam. Saya menggunakannya untuk bermain game, sosial media dan menonton video.

Kesimpulan

Meski menjadi seri Reno4 yang paling terjangkau, berdasarkan hasil review, Reno4 F ini memiliki fitur dan spesifikasi yang tidak murahan.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Telkomsel Terus Perkuat Ekosistem Digital lewat The NextDev

Techbiz.id - Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut...

Tidak Ideal, Operator Tetap Ikut Lelang Frekuensi 2,3Ghz

Techbiz.id - Lelang frekuensi 2300Mhz yang dilakukan Pemerintah dinilai kurang ideal karena hanya menyediakan lebar pita sebesar 10Mhz saja bagi tiap operator...

Blibli Lakukan Literasi Digital untuk Guru

Techbiz.id - Dalam rangka merayakan Hari Guru Nasional, Blibli melakukan gerakan literasi digital bagi para guru lewat kegiatan yang bertajuk #BagiBagiIlmu. 

Rambah Indonesia, NIU Tawarkan Motor Listrik dengan IoT

Techbiz.id - NIU Kini merambah pasar Indonesia dengn menghadirkan sepeda motor listrik terbaru yang nyaman dan ramah lingkungan untuk berpergian.

Philips Hadirkan 4 Perangkat Audio Nirkabel Terbaru

Techbiz.id - Philips kembali meluncurkan serangkaian produk perangkat audio headphone dan earphone nirkabel yang menunjang aktivitas gaya hidup modern, yaitu seri TAT2205, TAT1215, TAPH802...
- Advertisement -

Artikel Terkait