Sunday, October 25, 2020
Home Review Gadget Terbaru Review Vivo V20: Pengujian untuk Memikat Hati

Review Vivo V20: Pengujian untuk Memikat Hati

Must Read

Grab Sediakan Produk Proteksi Rawat Inap

Techbiz.id - Grab Financial Group (GFG) meluncurkan Hospital Cash Cover, produk proteksi rawat inap pertama untuk para pengguna,...

LinkAja Digitalisasi Produk Halal UMKM

Techbiz.id - Layanan Syariah LinkAja kembali menunjukkan komitmennya memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menjadi...

Needs Sediakan Vending Machine Masker di Stasiun MRT

Techbiz.id - Start-up on demand Needs Indonesia menyediakan vending machine masker dan kebutuhan kesehatan di stasiun MRT Istora...

Techbiz.id – Setelah selang kurang lebih enam bulan dari seri V terdahulunya, Vivo kembali merilis smartphone seri V terbarunya dengan menawarkan V20 series ke pasar Indonesia.

Buat saya pribadi, kehadiran smartphone V20 ini membawa ekspektasi tersendiri karena sejak kehadiran seri X50 Pro, saya mulai menyukai kembali perangkat yang dibesut vivo.

- Advertisement -

Pasalnya, dari beberapa seri V terakhir vivo menurut saya tidak menghadirkan racikan terbaik untuk perangkat yang dihadirkan.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Vivo V20 Di Indonesia

Bagaimana dengan vivo V20 ini? apakah bisa memikat hati saya?langsung saja melakukan review vivo v20 ini.

Review Vivo V20

Review Desain Vivo V20

Kali ini desain yang ditawarkan Vivo melalui perangkatnya cukup juara menurut saya, walaupun sangat mirip dengan vivo X50 Pro.

Vivo V20 memiliki desain yang terlihat elegan dan cukup mewah lewat warna-warna yang ditampilkannya. vivo menyebutnya Ultra Sleek Design yang terinspirasi oleh kedalaman dan keanggunan alam semesta dengan varian warna Midnight Jazz dan Sunset Melody.

Perangkat yang kita ulas kali ini memiliki warna Midnight Jazz . Secara pribadi saya sangat menyukai warna ini karena menimbulkan kesan elegan. Apalagi material yang digunakan juga bagus.

Smartphone vivo V20 ini sangat nyaman untuk digenggam dengan ketebalan 7.83mm dan berat 171 gram. vivo V20 juga didukung matte finishing coating yang terbuat dari desain 2.5D Glass.

Penempatan tombol fungsionalnya juga sangat simple, semua tombol ada di satu sisi. Tombol yang ada hanya tombol power dan volume rocker.

Di permukaan samrtphone, vivo menempatkan kamera selfie yang berada di tengah atas perangkat dengan konsep water drop. Layarnya berdiagonal 6,44 inci dengan jenis panel AMOLED beresolusi Full HD Plus.

Sementara pada permukaan belakang samrtphone, terdapat modul tiga buah kamera utama. Desain modulnya menyerupai vivo X50 Pro.

Perekaman Gambar

review vivo v20

Di sektor kamera ini kita paparkan terlebih dahulu spesifikasi kamera yang diusung oleh vivo V20 ini

Pada kamera belakang, vivo V20 menghadirkan resolusi 64MP Night Camera dengan tiga kamera utama yaitu, 64MP Main Camera, 8MP Multimode Camera yang dapat digunakan untuk Super Wide-Angle untuk foto lebih luas.

Tersedia juga Super Macro untuk memotret objek dengan jarak dekat sampai dengan 2,5cm dan Depth untuk menghasilkan foto kualitas bokeh, serta 2MP Mono Lens yang dapat digunakan untuk foto monokrom.

Untuk mode pengambilan gambar seerti biasa ada mode malam, portrait, foto dan lainnya. Di mode foto kalian juga bisa memilih opsi lanjutan apakah akan mengambil sudut lebar super, bokeh atau makro super.

Sementara itu kamera depan beresolusi sangat besar yakni 44MP Eye Autofocus yang dikalim terbaik di kelasnya. Kamera ini dilengkapi dengan dua fitur unggulan, yaitu Eye Tracking dan Autofocus.

Modul Eye Tracking secara otomatis mampu mengenali bagian mata dan wajah meskipun pengguna bergerak ke segala arah. Sedangkan Autofocus memungkinkan vivo V20 untuk fokus secara otomatis pada objek dalam jarak dekat dan jauh dengan panjang fokus sekitar 15cm dan tetap menghasilkan gambar yang tajam dan jelas.

Berdasarkan hasil pengujian kameranya, vivo V20 ini menurut saya menunjukkan peningkatan jika dibandingkan seri sebelumnya. Tapi sayang saya tidak bias menunjukkan hasil perbedaannya karena sudah tidak memegang perangkat yang lama.

Hasil perekaman gambar kamera vivo V20 ini memberikan pewarnaan yang natural, sangat mendekati ke warna aslinya. Kualitas bokehnya juga cukup rapih dan detailya sangat lumayan.

Mode malam terutama yang menurut saya menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan seri terdahulunya. Kecerahan dan detail hasil tangkapan gambarnya bagus.

Buat kamera depannya, tidak perlu diragukan lagi. Hasil gambar kamera 44MP sangat bisa diandalkan buat yang suka ber-selfie-ria.

Review Performa Vivo V20

Untuk mendukung performa perangkatnya, vivo V20 dibekali dengan prosesor milik Qualcomm yani Snadragon 720G. Prosesor tersebut dipadukan dengan RAM berkapasitas 8GB dan memori internal yang luas yakni 128GB.

Paduan prosesor dan RAM serta kapasitas penyimpanan internal tersebut memungkinkan smartphone ini melakukan multitugas dengan baik. Apalagi penyimpanan yang luasnya memungkinkan kita untuk menginstal aplikasi dan menyimpan file lumayan banyak.

Selain itu, prosesor yang tersemat di V20 ini merupakan chipset kelas menengah yang dirilis Qualcomm awal tahun ini. Huruf G di belakang serinya menunjukkan kalau chipset ini sudah dioptimasi untuk kebutuhan bermain gim.

Untuk kebutuhan bermain game bagi penggunanya, vivo juga menyertakan fitur Game Center di perangkat V20 ini. Fitur ini akan mengoptimasi perangkat pada saat digunakan bermain game.

Untuk mengukur performanya, saya melakukan beberapa benchmark di smartphone ini, antara lain 3DMark, Geekbench, dan GPU Mark.

3DMark dan GPU Mark ini digunakan untuk mengetahui kinerja grafis sebuah perangkat smartphone. Semakin tinggi angka yang tertera pada benchmarknya, maka akan semakin tinggi pula kemampuan smartphone dalam menjalankan game.

Sementara itu aplikasi Geekbench saya gunakan untuk mengukur kinerja prosesor dari smartphone vivo V20 ini.

Hasil benchmark vivo V20

Batere

review vivo v20

Vivo V20 menawarkan kapasitas baterai 4000mAh untuk mendukung aktivitas harian pengguna, terlebih berkat baterai semacam ini desain perangkat menjadi lebih ramping.

Untuk mempersingkat waktu pengisian daya, V20 sudah membawa Vivo Flash Charge 2.0 sebesar 33W yang diklaim mampu mengisi daya hingga 65-66% hanya dalam 30 menit. 

Fitur dan OS

Vivo V20 membawa sistem operasi yang lebih sederhana, mulai dari tampilan ikon, tema hingga desain, tetapi sudah berbasis Android 11.

Untuk antarmukanya vivo V20 ini menggunakan Funtouch OS 11 berbasis Android 11 yang dilengkapi beberapa fitur menarik.

Perangkat ini disertai fitur keamanan sidik jari yang menggunakan sensor bawah layar. Kemampuan sensor sidik jarinya bekerja cukup responsif yang dapat mengenali jari pengguna dari berbagai sudut.

Yang juga lumayan menarik adalah fitur pengeditan gambar yang disediakan oleh vivo V20. Fitur ini menyediakan berbagai skenario pengediatan gambar yang menarik. Seperti membuat gambar menjadi bergerak atau mengubah langit.

review vivo v20

NFC Multifungsi

Pertama kalinya di V-Series, NFC Multifunctions yang dapat digunakan untuk transfer data, mengecek dan top-up uang elektronik hingga duplikat fungsi kartu akses di smartphone ini.

Kesimpulan

Setelah melakukan pengujian, hasil review menunjukkan perangkat vivo V20 ini memiliki tampilan desain yang mewah. Smartphone ini juga memiliki kemampuan kaemra yang lebih baik dan sukses memikat hati. Terlebih dengan fitur peneditan gambar yang disediakan.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Tips Hemat Kuota Internet Saat Pandemi

Techbiz.id - Masyarakat saat ini harus bijak menggunakan kuota internet agar hemat. Hal ini mengingat konsumsi akses...

LinkAja Digitalisasi Produk Halal UMKM

Techbiz.id - Layanan Syariah LinkAja kembali menunjukkan komitmennya memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menjadi penyelenggara Pelatihan Digitalisasi Pemasaran dan...

Kamera Sony ZV-1 Ada Varian Warna Putih

Techbiz.id - Sony Indonesia menambah varian Kamera Digital ZV-1 yang kini hadir dalam warna putih, dan dilengkapi dengan wind screen yang serasi....

Telkomsel Memperkuat Potensi Santri

Techbiz.id - Telkomsel melanjutkan kolaborasi bersama Santri Milenial Center (SiMaC) untuk memperkuat potensi santri dalam membangun ekonomi kerakyatan berbasis keumatan.

Investree Distribusikan Rp30 Miliar untuk Pembudidaya Ikan

Techbiz.id - Investree menandatangani perjanjian kerja sama dengan eFishery untuk mendistribusikan pembiayaan kepada para pembudidaya ikan di Indonesia. Kerja...
- Advertisement -

Artikel Terkait